5 Cara Memulai Investasi Saham Untuk Pemula

0
148

Investasi saham memang semakin populer. Apalagi, saham merupakan salah satu investasi yang mudah dan bisa memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Sebagai investor pemula, kita harus mengetahui bagaimana cara bermain saham yang aman. Hal ini tidak lepas dari tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya di masa depan.

Meskipun disebut sebagai salah satu investasi yang mudah, tetapi investasi saham juga tinggi risiko. Para pemain saham bisa saja mengalami kerugian yang berbentuk capital loss, atau justru mendapatkan keuntungan hingga 20% lebih dalam jangka waktu yang tidak lama.

Lalu, bagaimana cara memulai investasi saham yang tepat untuk pemula? Simak pembahasannya berikut ini.

  • Memilih Sekuritas yang Tepat

Untuk memulai investasi saham, kita perlu memiliki rekening efek atau rekening dana nasabah terlebih dahulu. Rekening ini dapat dibuka di perusahaan-perusahaan sekuritas.

Setelah rekening berhasil dibuat, kita harus menyetorkan sejumlah uang ke rekening efek tersebut. Uang yang ada di dalam rekening nantinya bersifat selayaknya uang elektronik. Pembelian saham secara online dapat dilakukan dengan menggunakan uang tersebut.

Sebaiknya kita tidak asal memilih broker atau sekuritas. Perusahaan sekuritas ini jumlahnya banyak dan masing-masingnya memiliki tarif transaksi yang berbeda-beda.

Biaya transaksi yang disebutkan di atas merupakan biaya pembelian dan penjualan saham. Biaya ini yang kemudian menjadi sumber penghasilan dari perusahaan sekuritas yang ada.

Semakin kecil biaya transaksi, kita sebagai nasabah juga semakin diuntungkan. Namun, tidak berarti perusahaan sekuritas yang menerapkan tarif mahal itu selalu buruk. Bisa jadi, pelayanannya lebih bagus dan aplikasinya lebih memuaskan.

Setelah mantap memilih perusahaan sekuritas yang kira-kira tepat, segera siapkan dokumen untuk membuka rekening efek.

  • Mengatur Pembelian dengan Benar

Sebagai investor pemula, sudah sepantasnya perasaan takut rugi mulai dihilangkan sedikit demi sedikit. Ragu-ragu di awal memang wajar, tetapi jangan sampai perasaan ragu tersebut terus mengganggu dan membuat investasi kita hanya jalan di tempat saja, tidak ada kemajuan.

Jika masih ragu di awal, kita bisa mencoba investasi saham dengan biaya Rp5.000 saja. Di dalam transaksi saham dikenal dengan adanya satuan lot, satu lot sendiri berisi 100 lembar saham. Harga satu lembarnya ada yang hanya Rp50, jadi 1 lot bisa berharga Rp5.000 saja. 

Namun, dengan bujet kecil seperti di atas, apakah kita akan mendapatkan keuntungan besar di masa depan? Tentu saja belum. Untuk mencapai keuntungan yang maksimal, pasti ada saja risiko yang harus diambil. Sebaiknya, pilih nominal yang pas sehingga pada saat kita menerima keuntungan sebanyak 1% saja, kita sudah bisa terpuaskan. Akan tetapi, jangan habiskan juga seluruh uang yang ada.

Sebaiknya, gunakan 10% dari total uang kas di rekening yang sudah dikurangi dengan dana darurat. Setiap bulannya, isi rekening efek sebanyak 10% dari penghasilan bulanan untuk membeli saham. 

  • Pahami Indeks Saham

Di dalam dunia investasi saham, dikenal juga dengan adanya indeks saham. Indeks merupakan ukuran statistik perubahan gerak harga dari beberapa saham yang kemudian dipilih berdasarkan faktor-faktor tertentu.

Bagi pemula, silakan untuk mencoba investasi saham-saham yang terkumpul di dalam indeks LQ45 dan IDX30. Saham-saham di indeks tersebut memiliki nilai likuiditas yang tinggi. Namanya pemula, tidak apa-apa bila ingin main cantik dan aman dengan risiko yang kecil.

  • Jangan Kapok Bila Rugi

Sama seperti bisnis pada umumnya, bermain saham juga ada untung ruginya. Bila mengalami kerugian, sebaiknya jangan panik. Tetap tenang dan sabar, sebab saham yang dibeli masih ada kemungkinan untuk naik kembali.

Jika melihat ada saham dengan harga rendah, disarankan untuk langsung membelinya. Cara ini biasa dikenal dengan nama average down. Siasat ini merupakan strategi investasi dengan cara yang bertahap ketika harga-harga saham di pasaran mengalami penurunan. 

Dengan teknik ini, nilai investasi kita tidak akan anjlok, justru akan mengikuti kondisi pasar. Ketika pasar sudah kembali pulih, keuntungan yang didapatkan bisa saja lebih besar. 

  • Investasi Saham Jangka Panjang

Investasi saham jangka panjang sama dengan investasi. Usahakan untuk membeli saham setiap bulan sesuai dengan bujet yang tersedia. Jangan terlalu peduli dengan harga yang sedang naik atau turun, yang pasti kapitalnya besar. Kunci dalam berinvestasi jangka panjang ini adalah bersabar.

Kira-kira begitulah beberapa cara untuk investasi saham bagi pemula. Apakah kalian tertarik? Silakan mencoba dan semoga tetap untung terus di masa depan.

Bantu UKM di Indonesia dengan Melakukan Pendanaan di Akseleran!

Bagi Anda yang ingin membantu UKM di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran merupakan salah satu alternatif investasi dengan imbal hasil hingga 21% per tahun. Memulai mengembangkan dana di aplikasi P2P Lending Akseleran bisa dimulai dengan dari Rp100 ribu saja.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Akseleran juga memberikan dana awal sebesar Rp100 ribu bagi mereka yang ingin mencoba mengembangkan dana di Akseleran. Cukup gunakan kode voucher BLOG100 saat mendaftar, pengguna baru aplikasi Akseleran bisa langsung coba menyalurkan dana ke UKM. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected] Segera unduh aplikasi Akseleran sekarang di  Google Play atau Apple App Store.