Kenalan dengan Lo Kheng Hong, Warren Buffett-nya Indonesia!

0
150
Lo Kheng Hong

Anda mungkin cukup familier dengan Warren Buffett yang dikenal sebagai investor sukses sekaligus salah satu orang terkaya di dunia. Namun, sudah kenalkah Anda dengan Lo Kheng Hong? Mendalami sektor investasi saham yang serupa dengan Warren Buffett, investor asal Indonesia ini sama-sama menikmati keuntungan berinvestasi yang menakjubkan. Bahkan, karena keterampilannya dalam investasi saham dan penanaman modal, Lo Kheng Hong juga mendapat julukan sebagai Warren Buffett-nya Indonesia.

Biografi Singkat Lo Kheng Hong, Warren Buffet dari Indonesia

Lahir di Jakarta pada tanggal 20 Februari 1959, Lo Kheng Hong tumbuh dan dibesarkan oleh keluarga yang sederhana. Ayah dan ibunya berasal dari daerah terpencil di wilayah Pontianak. Keduanya merantau ke Jakarta untuk mengadu nasib hingga diterima bekerja sebagai karyawan di sebuah toko.

Setelah tamat SMA, Lo Kheng Hong tidak memiliki cukup biaya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ia kemudian memutuskan mencari pekerjaan agar dapat mengumpulkan uang untuk berkuliah.

Dunia saham dan investasi mulai dikenal Lo Kheng Hong pada tahun 1989 ketika ia genap berusia 30 tahun. Investasi pertamanya dilakukan dengan membeli saham PT. Gajah Surya Multi Finance. Sayangnya, saham perusahaan tersebut turun drastis tak lama setelah listing yang menyebabkan dirinya mengalami kerugian.

Meski pengalaman investasi pertamanya tidak mendulang keuntungan, Lo Kheng Hong tidak serta merta menyerah. Sebaliknya, ia tetap menyisihkan sebagian penghasilannya untuk investasi, bahkan setelah menerima gaji yang lebih besar dari jabatannya sebagai staf pemasaran bank.

Baca juga: Kenalan Sama Warren Buffett, Sosok Inspiratif di Dunia Investasi!

Warren Buffett menjadi tokoh inspiratif yang senantiasa memotivasi Lo Kheng Hong untuk terus berinvestasi. Hingga saat ini, ia telah membaca puluhan buku karya Warren Buffett sambil tak henti mendalami prinsip-prinsip investasi saham yang diungkapkan oleh sang miliarder dunia.

Tips Mengelola Keuangan dari Lo Kheng Hong

Menjalani masa kecil dan remaja dalam kesederhanaan membuat Lo Kheng Hong terampil dalam mengelola keuangan hingga ia menjadi miliarder seperti sekarang. Salah satu tips jitu pengelolaan finansial yang selalu ia terapkan adalah tidak menghabiskan seluruh penghasilan untuk konsumsi saat ini. Dari dulu, sang investor selalu menyisihkan sebagian gajinya untuk membeli saham atau diinvestasikan. 

Secara berkala, Lo Kheng Hong mengalokasikan 15% dari penghasilannya untuk disimpan di rekening bank sebagai dana darurat. Selain itu, terlepas dari asetnya yang sudah mencapai triliunan rupiah, investor ulung ini tak lepas menerapkan prinsip hidup hemat. 

Prinsip Berinvestasi Saham ala Lo Kheng Hong

Berinvestasi di bursa saham merupakan salah satu rahasia Lo Kheng Hong untuk mendapatkan keuntungan menakjubkan. Berikut adalah beberapa prinsip investasi saham yang selalu ia terapkan.

  • Siapkan modal

Lo Kheng Hong berprinsip bahwa kekuatan utama seorang investor berada pada modal yang dimilikinya. Oleh karena itu, ia selalu memberi saran bagi investor pemula untuk menyiapkan modal khusus saat ingin berinvestasi, tanpa menggunakan uang hasil pinjaman maupun uang yang dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari.

  • Investasi di perusahaan publik

Prinsip ini sejalan dengan prinsip Warren Buffett yang selalu menyarankan investor untuk membeli saham industri atau perusahaan yang telah banyak dikenal. Lo Kheng Hong pun kerap memberi anjuran bagi investor pemula untuk memulai berinvestasi di perusahaan publik yang telah memiliki nama besar.

  • Pilih perusahaan dengan riwayat tata kelola yang tanpa cela

Selain mempertimbangkan popularitas, investor juga harus jeli dalam mengamati tata kelola perusahaan yang akan dibeli sahamnya. Good corporate governance atau riwayat tata kelola yang tanpa cela berpeluang lebih besar dalam memberikan keuntungan. Perusahaan tersebut juga memiliki prospek yang baik dalam keberlanjutan aktivitas penanaman modal.

  • Selalu terapkan orientasi jangka panjang saat berinvestasi

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh investor pemula adalah mendapatkan keuntungan instan dari investasi sesaat, padahal investasi menurut Lo Kheng Hong adalah proses pengamanan finansial yang berorientasi jangka panjang. Investor kenamaan ini selalu mengingatkan bahwa investasi pada dasarnya merupakan proses menunda kenikmatan. Dengan begitu, investor yang ingin mendapatkan keuntungan lebih besar harus selalu menerapkan orientasi jangka panjang begitu memulai investasi.

Dikenal luas sebagai salah satu investor ternama di Indonesia, Lo Kheng Hong dapat dijadikan sebagai tokoh cerminan bagi Anda yang berniat terjun dalam dunia investasi saham atau pasar modal. Kisah hidup serta prinsipnya dalam berinvestasi dan mengelola keuangan juga bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama jika Anda ingin mendapatkan hasil yang menguntungkan dengan berinvestasi.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].co.id.