ESOP: Opsi Saham yang Menguntungkan Bagi Karyawan

0
4559
ESOP Adalah

ESOP Adalah – Mungkin bagi sebagian orang terutama karyawan belum banyak yang memiliki opsi dari ESOP atau Employee Stock Ownership Plan karena memang tidak semua perusahaan memberikan opsi ini padahal opsi ini sangat baik dan akan sangat berguna bagi kedua belah pihak. ESOP ini memberikan banyak macam insentif pajak bagi perusahaan sponsor, para pemegang saham dan tentunya peserta.

Selain itu, perusahaan juga sering menggunakan ESOP sebagai strategi corporate finance untuk membuat agar kepentingan para pegawai mereka serta para pemegang saham menjadi satu arah.

Memahami Apa Itu Employee Stock Ownership Plans (ESOP) 

ESOP umumnya dibentuk untuk membantu perencanaan penerusan dalam sebuah perusahaan perseroan terbatas. Prosesnya yaitu memberikan para pegawai kesempatan untuk membeli saham perusahaan tersebut. Lalu dibentuklah sebagai dana aman yang bisa didanai oleh banyak perusahaan.

Proses pendanaan bisa dilakukan dengan memasukkan saham baru, dimana uang tunai membeli saham atau meminjam uang melalui entitas untuk membeli saham. ESOP juga digunakan oleh banyak perusahaan baik perusahaan yang sudah besar maupun perusahaan yang terbilang baru.

Saham ESOP adalah bagian dari remunerasi pegawai, karenanya perusahaan dapat memanfaatkan ESOP. hal ini dilakukan agar para peserta ESOP dapat fokus kepada kinerja perusahaan serta kenaikan harga saham. Selanjutnya para pegawai ini kemudian diberikan tanggung jawab agar perusahaan dapat berkembang bersama secara baik.

Dengan tanggung jawab yang diberikan ini tentu akan mendorong para pegawai untuk memberikan yang terbaik untuk perusahaannya agar terus berkembang sehingga ESOP yang dimilikinya juga akan berkembang.

Biaya di Muka Serta Pembagian

Perusahaan bisa memegang saham yang tersedia dengan alasan keamanan serta pertumbuhan hingga para pegawainya pensiun atau mengundurkan diri. Namun, biasanya perusahaan mengatur pembagian dari perencanaan hingga vesting-proporsi saham yang diterima untuk pengabdian setiap tahunnya.

Setelah sahamnya vesting secara full, kemudian perusahaan akan kembali “membeli” saham vesting dari para pegawainya yang pensiun atau resign. Dana dari pembelian tersebut diterima pegawai dalam bentuk lump sum atau pembayaran secara berkala tergantung ESOP. setelahnya perusahaan akan membeli saham dan membayar pegawai, perusahaan akan membagikan sahamnya. 

Beberapa perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh pegawai diantaranya adalah Publix Super Markets (200.000 pegawai), Amsted Industries (18.000 pegawai), W.L. Gore and Associates (Pembuat jaket Gore-Tex, 10.720 pegawai), dan Davey Tree Expert (10.500 pegawai). Perusahaan yang memiliki ESOP serta rencana kepemilikan pegawai biasanya selalu masuk ke dalam daftar 100 Best Companies to Work for in America Fortune.

Baca juga: 5 Cara Investasi Saham Untuk Pemula

ESOP dan Bentuk Kepemilikan Pegawai Lainnya

Rencana kepemilikan saham memberikan paket yang bertindak sebagai tunjangan tambahan. Hal ini dilakukan untuk mencegah permusuhan dan menjaga budaya perusahaan yang ingin dipelihara oleh manajemen.

Bentuk lain kepemilikan pegawai dalam wujud ESOP termasuk program pembelian langsung, opsi saham, saham terbatas, saham bayangan dan hak apresiasi saham. Rencana pembelian langsung juga memungkinkan pegawai untuk membeli saham perusahaan tempat kerja mereka dengan dana pribadi yang dimiliki. Beberapa negara memberikan rencana khusus termasuk pajak yang memungkinkan pegawai saat membeli saham perusahaan dengan potongan harga.

  • Saham Terbatas

Saham terbatas dapat memberikan hak kepada pegawai untuk menerima saham sebagai hadiah atau barang belian setelah memenuhi batasan tertentu. Batasan-batasan tersebut dapat berupa bekerja dalam jangka waktu tertentu atau mencapai sasaran kinerja tertentu.

  • Opsi Saham

Opsi saham dapat memberikan kesempatan pada pegawai untuk bisa membeli saham dengan harga serta waktu tertentu.

  • Saham Bayangan

Sedangkan saham bayangan ini memberikan bonus uang tunai kepada kinerja pegawai yang baik. Bonus-bonus seperti ini dapat disetarakan dengan nilai sejumlah saham dengan adanya ESOP.

  • Hak Apresiasi Saham

Terakhir hak apresiasi saham dimana memberikan hak kepada pegawai untuk meningkatkan nilai sejumlah saham yang sudah ditentukan. Biasanya perusahaan ini membayar saham dalam bentuk uang tunai.

Sekarang sudah memahami kan apa itu ESOP adalah dan fungsi serta manfaat bagi siapa saja? Tentu dengan adanya ESOP ini akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Dari keuntungan tersebut lah kamu dapat menyisihkan kembali untuk dikembangkan melalui alternatif investasi dari Akseleran.

Mulai Kembangkan Dana Sekaligus Memberikan Kontribusi Kepada Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan di Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].