Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Earnings Call!

0
371
Earnings Call Adalah

Bagi investor earnings call adalah sumber informasi berharga yang dapat jadi bahan pertimbangan investasi. Apa yang dimaksud dengan earnings call dan apa keuntungan yang diperoleh investor jika menghadiri pertemuan ini? Mari simak penjelasan berikut.

Apa itu Earnings Call?

Earnings call berupa konferensi yang diselenggarakan tim manajemen suatu perusahaan publik untuk memaparkan serta mendiskusikan laporan keuangan yang disertai sesi tanya jawab.

Pertemuan ini bisa memberikan investor banyak informasi penting terkait operasional perusahaan. Dari laporan keuangan saja misalnya, investor bisa melihat dan menilai sejauh mana kesempatan, risiko, serta prospek masa depan jika mereka ingin berinvestasi di perusahaan tersebut.

Selain dihadiri oleh investor dan pihak manajemen perusahaan, kegiatan ini biasanya juga mengundang analis. Bahkan, jika memang tertarik, masyarakat umum pun bisa menghadirinya. 

Perusahaan publik diwajibkan merilis laporan keuangan mereka per tiga bulan. Selain itu, mereka juga perlu mengajukan laporan tersebut ke Securities and Exchange Commission (SEC) dalam bentuk formulir 10-Q (tiga kuartal pertama tahun fiskal) dan 10-K sebagai laporan tahunan.

Apa Saja yang Terjadi Saat Earnings Call?

Biasanya earnings call terdiri atas tiga bagian acara. Dimulai dengan penyebutan disclaimer dari Investor Relation Officer (IRO) mengenai safe harbor statement. Peserta diingatkan bahwa semua aktivitas tersebut sedang direkam. Pernyataan yang dibuat pada hari berlangsungnya acara ini bisa saja tidak sesuai dengan keadaan di masa depan.

IRO lalu mengalihkan pertemuan itu pada Chief Executive Officer (CEO). Pimpinan perusahaan ini akan memaparkan ringkasan hasil laporan. Kemudian berlanjut pada pembahasan berita dan tren terkini, insiatif perusahaan, maupun topik lain yang berpengaruh pada kinerja perusahaan.

Dalam pertemuan juga kerap menampilkan proyeksi kuartal selanjutnya maupun perkiraan pendapatan tahunan. Lebih lanjut Chief Financial Officer (CFO) akan mengangkat isu dan memaparkan beberapa isu finansial terkait yang membahas situasi keuangan perusahaan terkini.

Pada bagian akhir IRO membuka sesi tanya jawab. Biasanya, analis ekuitas akan memanfaatkan sesi ini untuk menggali lebih dalam seputar kinerja keuangan perusahaan. Sesi tanya jawab tersebut bisa dijawab CEO, bisa pula oleh eksekutif lain yang menaungi bidang terkait.

Satu hal penting yang perlu diketahui, earnings call selalu terbuka untuk masyarakat umum. Di mana kamu bisa memperoleh informasi ini? Biasanya situs resmi perusahaan akan mengumumkan hal ini pada bagian relasi investor, termasuk tanggal, waktu, dan informasi kontak dari tim manajemen perusahaan.

Investor Wajib Perhatikan Ini!

Sebagai investor, mengikuti pertemuan ini akan memberikan keuntungan. Investor punya sumber informasi berharga dari tangan pertama terkait kondisi perusahaan sehingga mereka bisa menimbang-nimbang apakah jadi berinvestasi atau tidak. 

Maka, investor wajib memperhatikan beberapa hal berikut saat mengikuti earnings call. 

  • Perubahan harga saham

Salah satu dampak earnings call adalah perubahan harga saham perusahaan. Hal ini lumrah terjadi lantaran perusahaan belum mengumumkan resmi berapa pendapatan mereka. Maka, analis coba menyusun ekspektasi berdasarkan laporan penghasilan yang telah diterima sebelumnya. 

Di sisi lain komentar, klarifikasi, maupun penjelasan manajemen terkait laporan keuangan maupun pertemuan tersebut juga berpengaruh pada harga saham perusahaan. Menyimak dan mendengarkan semua rangkaian pertemuan akan membantu investor lebih memahami kondisi perusahaan sebelum memutuskan lanjut investasi atau tidak.

Baca juga: 5 Cara Investasi Saham Untuk Pemula

  • Amati sesi tanya jawab

Berbeda dengan dua sesi awal, sesi tanya jawab tidak melibatkan skrip atau teks apa pun yang dipersiapkan tim manajemen perusahaan. Investor bisa melihat sendiri bagaimana sikap dan pemikiran top management saat menjawab berbagai pertanyaan terkait kinerja perusahaan.

Misalnya, intonasi mereka saat menjawab pertanyaan, apakah pimpinan langsung menjawab atau mendelegasikan seseorang untuk menjawabnya, hingga ketajaman jawaban yang diberikan.

  • Baca dahulu transkrip pertemuan terdahulu

Supaya investor bisa memperoleh bayangan tentang apa saja yang akan dibahas saat pertemuan ini, membaca laporan earnings call mereka terdahulu bisa membantu. Dari situ investor dapat membandingkan perusahaan pada rentang waktu berbeda. 

Dengan begitu akan terlihat bagaimana kemajuan yang telah dibuat manajemen. Plus, investor juga bisa menilai apakah hasil laporan keuangan kuartal ini sesuai dengan proyeksi kuartal sebelumnya. 

Dari sudut pandang investor earnings call adalah cara tepat untuk membangun pemahaman lebih baik mengenai prospek keuangan dan operasional bisnis perusahaan saat ini. Lebih lanjut, investor juga bisa memperoleh wawasan kesehatan ekonomi serta cara perusahaan memandang dan menangani isu terkini yang berpengaruh besar terhadap kesehatan finansial perusahaan.

Sebagai Investor Memilih Instrumen Pengembangan Dana yang Cocok Sesuai dengan Preferensi Adalah Hal yang Wajib Agar Hasilnya Tetap Optimal!

Karena itu apapun strategi, metode atau cara kamu memahami pengembangan dana yang kamu miliki pastikan untuk terus belajar mengenai instrumen tersebut sehingga dapat meminimalisir risiko yang ada sekaligus mengoptimalkan keuntungan yang didapat.  P2P Lending Akseleran dapat menjadi tempat untuk kamu yang ingin memulai pengembangan dana, karena Akseleran merupakan platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]