Pembaruan Kebijakan Privasi WhatsApp Berkaitan dengan Fitur Bisnis

0
768

Pekan lalu WhatsApp mengumumkan pembaruan kebijakan privasi terbaru. Menurut pernyataan resmi pihak WhatsApp, pembaruan kebijakan ini tidak mempengaruhi privasi pesan-pesan yang kamu kirim. 

Apa saja yang perlu kamu ketahui tentang perubahan kebijakan ini?

– Perubahan berkaitan dengan fitur-fitur bisnis yang bersifat opsional di WhatsApp.

– Bertujuan memberikan transparansi terkait cara WhatsApp mengumpulkan dan menggunakan data.

– WhatsApp tidak menyimpan catatan dengan siapa saja kamu berkirim pesan atau melakukan panggilan. Chat pribadi terenkripsi secara end to end sehingga WhatsApp tidak dapat melihat isi percakapan. 

– WhatsApp maupun Facebook tidak dapat melihat lokasi yang kamu bagikan.

– WhatsApp tidak membagikan daftar kontak kamu dengan Facebook untuk tujuan periklanan.

– Grup WhatsApp tetap bersifat privat.

– Kamu dapat mengunduh datamu.

– Kamu dapat mengatur pesan menjadi pesan sementara.

Perubahan pada Fitur Bisnis

Perubahan kebijakan WhatsApp berhubungan dengan fitur-fitur bisnis yang bersifat opsional merupakan bagian dari rencana WhatsApp untuk menjadikan komunikasi bisnis aman, lebih baik dan lebih mudah bagi semua pihak. Rencana itu meliputi:

– Memfasilitasi Layanan Pelanggan

Whatsapp mempermudah pengguna untuk chat dengan bisnis yang mungkin menggunakan produk bisnis Facebook. WhatsApp memberi opsi kepada bisnis untuk menggunakan layanan hosting aman dari Facebook untuk mengelola chat WhatsApp dengan pelanggan, menjawab pertanyaan dan mengirim informasi seperti tanda terima pembelian. 

– Menemukan Bisnis

Di Facebook atau Instagram, pengguna sering menemukan bisnis dari iklan yang menampilkan tombol yang dapat diklik untuk mengirim pesan ke bisnis dengan menggunakan WhatsApp. Seperti iklan lainnya di Facebook, jika kamu meng-klik iklan ini, maka interaksimu dengan iklan tersebut mungkin digunakan untuk mempersonalisasi iklan yang kamu lihat di Facebook. 

– Pengalaman berbelanja 

Sebagian bisnis yang memiliki toko di Facebook atau Instagram juga dapat memiliki toko di profil bisnis WhatsApp mereka. Ini memungkinkan kamu untuk melihat produk yang ditawarkan bisnis tersebut di Facebook dan Instagram serta berbelanja secara langsung dari toko tersebut di WhatsApp. Jika kamu memilih untuk berinteraksi dengan Facebook Shops, WhatsApp akan memberitahukan dari dalam WhatsApp bagaimana data kamu dibagikan dengan Facebook.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.