Acuan Membeli Saham: Daftar Indeks Saham Terpopuler di Indonesia

1
2020
Daftar Indeks Saham Indonesia

Beragam instrumen investasi seperti emas, properti, reksadana, dan investasi saham bertujuan mendapatkan keuntungan. Disbanding instrument lainnya, banyak yang menganggap investasi saham menawarkan profit yang lebih menguntungkan. Namun, pastikan untuk mengetahui segala hal terkait saham sebelum memutuskan berinvestasi di pasar modal, salah satunya adalah daftar indeks saham Indonesia terpopuler.

Pasalnya jika profit yang diperoleh dari investasi saham dianggap lebih menguntungkan, demikian juga dengan risiko yang akan dihadapi. Nah, jika memahami seluk beluk dunia pasar modal dengan baik, Anda dapat mengatur strategi untuk mengindari risikonya sehingga kemungkinan untuk meraup cuan pun makin terbuka lebar.

Daftar Indeks Saham Indonesia Terpopuler Tahun 2021

Anda ingin menanamkan investasi di pasar modal sebagai investor saham? Pastikan sebelum terjun, Anda memahami pengertian dan jenis saham, serta cara menganalisis saham setidaknya analisis fundamental maupun  teknikal.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui istilah yang ada dalam dunia pasar modal seperti IHSG, saham blue chip, serta mengenali sektor dan subsektor dalam investasi saham. Pahami juga tentang indeks saham yang menjadi indikator pergerakan saham.  

Berdasar informasi resmi dari Bursa Efek Indonesia (BEI), terdapat sekitar 538 perusahaan sekuritas yang terdaftar di BEI. Nah, para investor pasar saham di Indonesia akan mengacu pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) saat membeli saham. Selain itu, terdapat beberapa indeks saham terpopuler yang sering dimanfaatkan oleh para investor.

Berikut ini daftar indeks saham Indonesia terpopuler yang penting diketahui sebagai calon investor. Indeks ini mengukur kinerja berbagai perusahaan yang memiliki fundamental dan kriteria kapitalisasi pasar yang bagus. 

  • IHSG atau ICI

IHSG singkatan dari Indeks Harga Saham Gabungan atau ICI  (Indonesia Composite Index). Para investor memanfaatkan IHSG sebagai rujukan portofolio serta melihat pergerakan harga saham  di skala nasional maupun internasional.

IHSG ini merupakan daftar yang mengukur performa semua saham  yang diperjualbelikan dan tercatat di Bursa Efek Indonesia. 

  • Indeks LQ45

Indeks yang diluncurkan pada bulan Februari  1997 ini mengukur performa harga dari 45 saham terpopuler yang tinggi likuiditasnya serta besar nilai pasarnya. Review pemilihan saham syariah dilakukan dua kali dalam setahun.

Baca juga: 5 Cara Investasi Saham Untuk Pemula

  • IDX 30

Indeks yang diambil dari indeks LQ45 ini mengukur performa harga dari 30 saham yang tinggi likuiditas dan nilai pasarnya. 

  • Jakarta Islamic Index (JII)

Indeks yang diperkenalkan pada tanggal 3 Juli 2000 ini mengukur performa dari 30 saham syariah terlikuid di BEI, dengan kinerja keuangan yang bagus serta nilai pasar yang besar. Pengkajian saham syariah dilakukan setiap dua kali dalam setahun.

  • Indeks Sektoral

Indeks yang pertama kali hadir pada tanggal 2 Januari 1996 ini mengukur  performa saham dari masing-masing sektor industri hasil klasifikasi JASICA (Jakarta Stock Industrial Classification).  Terdapat 10 sektor yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI) antara lain sektor pertambangan, pertanian, perdagangan hingga keuangan, dan  infrastruktur.

  • Indeks Kompas100

Indeks ini mengukur performa harga dari 100 saham berlikuiditas tinggi dengan nilai pasar besar. Indeks Kompas100 diatur dengan melakukan kolaborasi bersama Kompas Gramedia Group. Saham dalam indeks Kompas100 yang diperkenalkan pertama kali pada tanggal 13 Juli 2007 ini bisa mewakili 70-80% keseluruhan nilai kapitalisasi saham di BEI.

  • Indeks Bisnis-27

Indeks ini mengukur performa harga dari 27 saham pilihan dari Komite Indeks Surat Kabar Bisnis Indonesia dan diatur berkolaborasi dengan PT Jurnalindo Aksara Grafika. Oleh karena investasi dan iklim bisnis yang terus berubah secara dinamis, daftar indeks saham dibuat setiap enam bulan sekali. 

Nah, itulah penjelasan tentang daftar indeks saham Indonesia terpopuler yang bisa menjadi acuan pembelian saham bagi Anda investor pemula. Jadi mengapa tidak mencoba berinvestasi saham yang bisa mendatangkan cuan? 

Bergabunglah bersama setidaknya 3.5 juta investor saham yang terdaftar di BEI bulan November 2020 lalu. Jika berniat terjun ke pasar modal sebagai investor pastikan Anda memahami daftar indeks saham indonesia ini dengan baik. Semoga bermanfaat.

Pilih Instrumen Investasi yang Sesuai dengan Preferensimu! 

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.