Pengertian dan Fungsi KSEI bagi Investor Indonesia

0
388
KSEI Adalah
KSEI Adalah

24Selama pandemi berlangsung, aktivitas trading maupun investasi saham tercatat mengalami kenaikan pesat. Banyak investor terutama dari kalangan milenial mulai terjun di bursa. Jika kamu tertarik untuk ikut berinvestasi saham, ada banyak istilah yang perlu kamu ketahui. KSEI adalah salah satunya.

KSEI adalah singkatan dari Kustodian Sentral Efek Indonesia. KSEI atau PT KSEI sendiri merupakan sebuah lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian Pasar Modal di Indonesia. Seperti yang tertuang dalam Undang-undang No. 8 tahun 1995 mengenai Pasar Modal, tugas dari KSEI adalah menyediakan jasa kustodian dan penitipan efek sesuai dengan aturan yang berlaku secara efisien.

PT KSEI berdiri pertama kali pada tanggal 23 Desember tahun 1997 sebagai salah satu bagian dari Self Regulatory Organization dalam tatanan pasar modal di tanah air. Tugas dari organisasi ini adalah bertanggungjawab dalam penerapan aturan di dunia pasar modal. Setahun setelah beroperasi barulah KSEI mendapat tugas baru sebagai LPP atau Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian pasar Modal.

Bersama-sama dengan Bursa Efek Indonesia dan Lembaga Kliring dan Penjaminan, KSEI menjadi organisasi pasar modal yang mandiri di Indonesia. Pada 2012, KSEI membuat aturan khusus untuk pemilik sekuritas dengan menyediakan SID (Single Investor Identification). SID akan memudahkan proses identifikasi setiap investor dan menjadi landasan untuk pengembangan pasar modal lain. Salah satunya adalah fasilitas AKSes atau Acuan Kepemilikan Sekuritas.

Apa Itu Akses KSEI?

AKSes KSEI merupakan layanan berupa akses informasi bagi para investor untuk memantau posisi maupun mutasi efek yang dimilikinya dalam sub rekening efek di KSEI. Semua investor berhak memperoleh sarana akses informasi lewat jaringan internet ini. Fasilitas tersebut didapatkan lewat Pemegang Rekening KSEI (dalam hal ini adalah perusahaan efek) di tempat investor terdaftar menjadi nasabah. Tidak ada biaya yang dikenakan baik kepada investor maupun Pemegang Rekening KSEI.

Bagaimana Cara Kerja KSEI?

Untuk memahami bagaimana cara kerja KSEI, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami alur pengelolaan saham. Simak selengkapnya dalam pembahasan berikut!

  • Membuka rekening efek. Ketika kamu mendaftarkan diri ke broker atau pialang, broker akan membukakan rekening efek supaya kamu dapat mulai berinvestasi
  • Membuka sub rekening dan RDN. Untuk melakukan transaksi saham pertamamu, kamu memerlukan RDN atau Rekening Dana Nasabah. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan sub rekening dan SID di KSEI. Masing-masing nasabah memiliki SID dan SDN yang tidak dapat digunakan oleh orang lain
  • Kepemilikan dana dan saham. Hal-hal yang berkaitan dengan kepemilikan dana serta transaksi dimutasikan lewat RDN pribadi investor. Sementara kepemilikan saham dan efek lainnya tersimpan dalam sub rekening. Sub rekening ini adalah milik pribadi investor dan tidak ada kaitannya lagi dengan broker. Seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti broker bangkrut atau berhenti beroperasi, saham yang sudah kamu beli tidak akan hilang.

Di sini bisa terlihat jelas bagaimana fungsi KSEI. Adanya KSEI akan membuat saham dan efek lainnya yang sudah kamu beli tersimpan aman ketika kamu ingin menjualnya suatu saat nanti.

Baca juga: 5 Cara Investasi Saham Untuk Pemula

Manfaat KSEI bagi Investor

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa setiap investor dapat menikmati layanan AKSes KSEI. Apa saja manfaat AKSes KSEI untuk kamu sebagai nasabah?

  • Kamu bisa memeriksa secara real-time data kepemilikan efek dalam sub rekening KSEI milik kamu sekaligus mutasinya dalam jangka waktu 30 hari terakhir
  • Kalau kamu membeli saham lewat banyak broker, KSEI akan memudahkan kamu melakukan konsolidasi laporan seluruh portofolio yang kamu punya
  • Memberikan rasa aman bagi para investor ketika akan membuka sub rekening efek untuk investasi saham
  • Memberikan transparansi. Karena semua informasi di pasar modal bisa diakses, ini akan memberikan transparansi yang diinginkan oleh para investor.

KSEI adalah salah satu komponen dalam investasi saham yang harus kamu pahami. Selain itu, tentu masih banyak hal-hal lain yang perlu dipelajari sebelum kamu benar-benar terjun dalam investasi saham. Pastikan kamu memahami profil risikomu sebelum memilih produk investasi, ya!

Selain Saham, Kamu Juga Bisa Mencoba Instrumen Pengembangan Dana Lainnya Seperti P2P Lending!

Bagi kamu yang ingin memulai atau mencoba melakukan pengembangan dana, P2P Lending dari Akseleran bisa jadi tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]