Hipotesis Pasar Efisien: Sebuah Teori untuk Memahami Perilaku Pasar Modal

1
2043
Hipotesis Pasar Efisien

Bagi seorang investor, kemampuan mempelajari kondisi pasar adalah hal yang mutlak agar bisa melakukan investasi dengan baik. Dalam dunia pasar modal, ada salah satu konsep yang banyak digunakan adalah hipotesis pasar efisien atau efficient market hypothesis. Apa hipotesis ini sebenarnya?

Dicetuskan pertama kali oleh seorang Eugene Fama, seorang pakar keuangan tahun 1960-an, teori ini dianggap sebagai salah satu pengetahuan penting yang harus diketahui para penggiat pasar modal. Teori pasar efisien merupakan sebuah hipotesis yang menunjukkan bahwa harga sebuah aset menggambarkan seluruh informasi yang ada di dalamnya.

Contohnya saja aset berupa saham. Meski harganya naik turun, sebenarnya saham selalu diperjualbelikan sesuai nilainya (fair value). Lewat konsep ini kita bisa mengetahui bahwa seseorang tidak akan bisa secara terus menerus mendapatkan keuntungan di atas rata-rata return pasaran (beat the market).

Kamu bisa saja beruntung memiliki saham yang harganya melambung dalam jangka pendek. Tapi jika dilihat dalam jangka panjang, keuntungan yang akan kamu dapatkan tidak akan bisa melebihi keuntungan rata-rata pasar.

Bentuk-bentuk Hipotesis Pasar Efisien

Secara umum, ada 3 bentuk hipotesis pasar efisien yakni lemah, semi kuat dan kuat. Berikut penjelasan selengkapnya!

  • Hipotesis Pasar Efisien Lemah. Teori ini mengimplikasikan bahwa tidak ada informasi apapun yang bisa menunjukkan bagaimana pergerakan pasar dan harga saham. Analisis fundamental dalam investasi saham memang bisa memberikan informasi bagi investor agar bisa mendapatkan keuntungan di atas rata-rata pasar dalam jangka pendek. Tapi tidak ada pola tertentu untuk ini. Selain itu, analisis fundamental juga tidak memberikan keuntungan jangka panjang. Begitu juga dengan analisis teknikal. Artinya, tidak ada apapun yang bisa memprediksi harga saham karena pergerakannya random
  • Hipotesis Pasar Efisien Semi Kuat. Teori ini menyiratkan bahwa nilai saham adalah gambaran dari seluruh informasi relevan yang dapat diketahui oleh publik. Informasi ini termasuk laporan keuangan, suku bunga dan hal-hal lain yang berhubungan dengan perusahaan. Dari hipotesis ini dapat disimpulkan bahwa harga saham bisa diprediksi oleh publik dengan melihat informasi-informasi yang ada. Penggunaan analisis fundamental dan teknikal bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Lewat penggunaan analisis fundamental, kamu bisa mengetahui nilai saham dan membeli saham yang undervalue. Langkah inilah yang digunakan oleh investor kenamaan dunia, Warren Buffet untuk memilih saham mana yang layak beli
  • Hipotesis Pasar Efisien Kuat. Teori ini menyatakan bahwa semua informasi baik yang dapat diakses secara umum maupun yang sifatnya rahasia bisa merefleksikan harga saham. Artinya, semua informasi relevan yang beredar di kalangan umum atau informasi yang berasal dari orang dalam/insider information (seperti manajemen dan dewan direksi) bisa menjadi cara bagi investor untuk menentukan langkah investasinya. 

Perlu diketahui bahwa pasar modal Indonesia melalui Bursa Efek Indonesia, tidak membenarkan adanya aktivitas jual beli saham dengan menggunakan informasi orang dalam. Hal ini dianggap ilegal karena tidak adil bagi para trader/investor lain. 

Baca juga: P2P Lending Akseleran Turut Membawa Transkon Jaya IPO

Bagaimana Publik Menyikapi Hipotesis Pasar Efisien?

Hipotesis pasar efisien hanya berlaku ketika investor bertindak rasional dalam setiap aktivitas investasi atau trading yang dilakukannya. Tapi kenyataan yang terjadi di pasar, banyak tindakan yang tidak rasional yang dilakukan oleh para investor. Ini dapat menimbulkan anomali. Akibatnya, timbul banyak kritik pada teori efisiensi pasar ini. Salah satunya adalah pendekatan behavioral finance yang menunjukkan bahwa ada pengaruh psikologi yang harus dipertimbangkan dalam melihat perilaku pasar.

Di tengah kritikan dari berbagai pendekatan lain, hipotesis pasar efisien masih menjadi pegangan bagi banyak orang. Bagaimana dengan kamu?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.