Tips Buat Invoice Online yang Menarik untuk Bisnis UMKM

0
211
Cara-membuat-Invoice-online-1
Foto dari GoLuca.com

Di era digital yang semakin maju, berbagai inovasi telah mengubah cara bisnis dilakukan, termasuk dalam membuat invoice. Kamu mungkin bertanya-tanya, “Bagaimana cara membuat invoice online yang menarik untuk bisnis UMKM agar pembayaran dari customer bisa lebih cepat?” karena biasanya membuatnya secara manual.

Pada dasarnya, invoice adalah alat untuk menagih pembayaran dari customer yang mencantumkan jumlah dan tanggal jatuh tempo yang harus mereka bayar. Membuat invoice online yang menarik bisa memberikan banyak keuntungan bagi bisnismu, lho.

Dengan membuat invoice online yang menarik, secara tidak langsung juga kamu bisa menginspirasi dan memberikan kesan positif karena bisnismu akan tampak lebih profesional. Hal ini juga bisa mempercepat proses pembayaran dari customer.

Nah, berikut ini tips buat invoice online menarik untuk bisnis UMKM agar dibayar cepat oleh customer . Simak selengkapnya di bawah, ya!

Pilih Platform Invoice yang Tepat

Kamu harus memilih platform invoice online yang sesuai dengan kebutuhan sebagai pemilik bisnis UMKM. Pastikan platform yang kamu pilih mudah digunakan, memiliki fitur lengkap, dan sebagainya.

Memilih platform invoice sangat penting, jadi usahakan coba pilih platform dengan tingkat keamanan yang tinggi. Sebagai pebisnis UMKM, pilih juga yang bisa terhubung dengan manajemen stok dan terintegrasi dengan sistem akuntansi sederhana.

Selain itu, pastikan platform invoice menyediakan berbagai template yang menarik dan memberikan kesan profesional. Jadi, kamu bisa memilih template yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnismu!

Baca juga: Cara Mudah Mengajukan Pinjaman Menggunakan Invoice Financing

Memiliki Desain Invoice yang Profesional

Pilih juga platform invoice yang menawarkan desain profesional, sehingga kamu bisa membuat invoice dengan logo perusahaan, memilih warna yang sesuai dengan merek bisnis, dan mengatur tata letak yang rapi dan mudah dibaca.

Perhatikan juga apakah desain yang tersedia mencakup informasi penting seperti nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan situs web. Pastikan semua informasi tersebut mudah ditemukan dan terlihat jelas pada invoice onlinemu, ya.

Pilih Platform yang Memiliki Berbagai Metode Pembayaran

Ada juga lho platform invoice yang sudah terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran. Dengan begitu, kamu bisa memudahkan customer dalam melakukan pembayaran sesuai dengan preferensinya sendiri, seperti transfer bank, QRIS, kartu kredit, Virtual Account, dan lainnya.

Misalnya, jika customer ingin membayar dengan kartu kredit, kamu tidak perlu khawatir. Dengan menggunakan platform yang terintegrasi dengan pembayaran kartu kredit, uang akan langsung masuk ke rekening kamu langsung dengan aman.

Ini bisa menjadi solusi yang menguntungkan bagi kamu dan customer. Kamu bisa menerima pembayaran tepat waktu, sementara customer kamu bisa mengelola aliran kas bisnis mereka dengan menggunakan kartu kredit untuk mengatur pembayaran dengan tempo yang lebih lama, biasanya sekitar 30 hingga 45 hari tergantung pada jenis kartu kredit yang digunakan.

Gunakan E-Meterai Sebagai Tanda Sah Transaksi

Menurut survei Nasional Penggunaan e-Meterai yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan RI pada tahun 2022, sebanyak 78% responden dari berbagai sektor bisnis setuju bahwa penggunaan e-Meterai dapat mempermudah dan mempercepat proses bisnis.

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa penggunaan e-Meterai memiliki dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Terlebih, jika kamu melakukan transaksi di atas Rp 5 juta diwajibkan menggunakan e-Meterai, lho.

Penggunaan e-Meterai di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 tentang Bea Materai dan Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2021 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berasal dari Bea Meterai.

Sertakan Informasi atau Catatan Secara Detail

Sebagai pebisnis UMKM, penting bagi kamu untuk mencantumkan detail seperti nama produk, jumlah, harga per unit, dan subtotal untuk setiap item yang dipesan oleh customer. Oleh karena itu, pilihlah platform invoice yang memungkinkan kamu untuk menyertakan informasi atau catatan secara detail.

Misalnya, jika ada biaya tambahan seperti biaya pengiriman atau pajak, kamu bisa menyertakan informasi tersebut sehingga total tagihan sudah terhitung otomatis. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir tentang kesalahan dalam perhitungan pembayaran.

Baca juga: Cara Mengajukan dan Keuntungan Pinjaman Karyawan

Itu dia beberapa tips untuk membuat invoice online yang menarik bagi kamu sebagai pebisnis UMKM agar pembayaran dari customer bisa dilakukan dengan cepat. Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan akan meningkatkan reputasi bisnismu.

Tidak hanya itu, dengan invoice online yang menarik, diharapkan dapat memperkuat hubungan kamu dengan customer, menjaga customer yang sudah ada, dan tentunya menarik minat yang baru. Jadi, kapan kamu akan membuat invoice online yang menarik?

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Akseleran