6 Kartu Kredit Bisnis Terbaik, Andalan Para Pebisnis Cerdik!

0
191
kartu-kredit-bisnis-1
Photo by Bankrate

Pendiri  Virgin Group, Richard Branson, pernah mengatakan bahwa peluang bisnis itu seperti bus, selalu ada yang datang. Sama halnya melihat dinamika bisnis saat ini, keputusan keuangan yang bijak, termasuk dalam memilih kartu kredit yang tepat untuk bisnis, bisa menjadi penentu sukses atau gagalnya bisnis, lho.

Menurut survei Visa tahun 2022, 69% dari 2.000 pengguna kartu kredit korporat di Amerika percaya bahwa kartu kredit dapat meningkatkan produktivitas perusahaan mereka.

Namun, memilih kartu kredit yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis di tengah banyaknya pilihan bisa menjadi tantangan, terutama jika ini adalah kali pertama kamu memilih kartu kredit untuk bisnis.

Oleh karena itu, berikut adalah 6 kartu kredit bisnis terbaik yang bisa kamu pertimbangkan untuk dimiliki dan memanfaatkan semua keuntungannya. Simak selengkapnya di bawah!

1. PAPERCARD

Photo by Paper.id

Rekomendasi pertama untuk kartu kredit bisnis adalah PAPERCARD, yang diterbitkan pada 15 Juli 2023 oleh Bank BRI bekerja sama dengan PT Pakar Digital Global (Paper.id) dan didukung oleh jaringan Visa. Kartu ini adalah inovasi baru yang menawarkan segudang keuntungan, lho.

Kenapa PAPERCARD begitu menarik? Kartu ini menawarkan berbagai manfaat eksklusif yang tidak hanya mempermudah transaksi dan operasional bisnis, tetapi juga bisa digunakan untuk keperluan pribadi.

Perbedaan Keunggulan PAPERCARD dengan Kartu Kredit Bisnis dan Korporat (Photo by Paper.id)

PAPERCARD hadir dalam dua varian: SPACECARD dan UNIVERSECARD. SPACECARD cocok untuk kebutuhan dasar bisnis seperti mengatur cash flow dan memantau transaksi secara real-time. Kamu akan mendapatkan cashback 0,1% di Paper.id setiap kelipatan transaksi Rp100.000 dan bebas iuran tahunan selamanya.

Sementara itu, UNIVERSECARD menawarkan semua keunggulan SPACECARD ditambah manfaat ekstra seperti konversi transaksi ke GarudaMiles (12 GarudaMiles setiap transaksi kelipatan Rp100.000 atau Rp8.333 per mile) dan akses gratis ke Airport Lounge.

Selain itu, dengan PAPERCARD jenis apa pun, kamu bisa mendapatkan tambahan tempo pembayaran hingga 55 hari. Ini berarti kamu bisa membayar tagihan bisnis tepat waktu, menjaga cash flow tetap lancar, dan memperkuat hubungan dengan mitra bisnis.

PAPERCARD cocok untuk berbagai skala bisnis, mulai dari mikro, kecil, menengah, hingga besar. Baik pebisnis pemula maupun pemilik perusahaan besar bisa merasakan manfaatnya. Menarik sekali, bukan? Yuk, klik tombol di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Baca juga: Keuntungan Bayar Invoice Pakai Kartu Kredit

2. BCA Smartcash

Selanjutnya, ada kartu kredit BCA Smartcash yang menawarkan kredit tanpa agunan dengan limit hingga Rp 100 juta, cocok untuk menambah modal atau memenuhi kebutuhan bisnis lainnya.

Pembayaran tagihan BCA Smartcash bisa dilakukan dengan minimal pembayaran sebesar 5% dari total tagihan atau minimal hanya Rp 50 ribu. Ini tentunya memudahkan kamu yang mungkin memiliki keterbatasan cash flow tetapi tetap ingin memiliki kartu kredit untuk bisnis.

Namun, perlu diingat bahwa BCA Smartcash memiliki persyaratan yang cukup ketat, seperti omset bisnis minimal Rp 30 juta per bulan dan bisnis yang sudah beroperasi setidaknya 2 tahun.

3. Mandiri Distribution Card

Jika bisnismu bergerak di bidang ritel, Mandiri Distribution Card bisa menjadi pilihan kartu kredit yang tepat. Kartu ini dilengkapi dengan fitur Visa Distribution, yang memudahkan kamu menjalin hubungan dengan agen-agen distribusi di seluruh Amerika, Asia, dan beberapa negara lainnya.

Keunggulan lain dari Mandiri Distribution Card adalah suku bunga bulanan yang sangat rendah, hanya 0,99%. Selain itu, kartu ini dapat digunakan untuk berbagai transaksi di seluruh dunia, di tempat-tempat yang menerima Visa atau Mastercard.

Namun, ada satu kekurangan: limit kartu ini relatif rendah, hanya sekitar Rp 40 juta. Ini bisa menjadi kendala jika kamu memerlukan akses dana yang lebih besar untuk kebutuhan bisnis.

4. Danamon Corporate American Express

Berikutnya, ada kartu kredit Danamon Corporate American Express yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan bisnismu. Salah satu fitur paling menarik dari kartu ini adalah Central Billing Account, yang mempermudah pengelolaan cash flow bisnis.

Kartu ini juga menawarkan diskon hingga 50% di berbagai merchant pilihan dan gratis iuran hingga 3 tahun pertama. Manfaat ini bisa kamu gunakan untuk menghemat pengeluaran dan meningkatkan arus kas bisnis.

Namun, perlu diperhatikan bahwa opsi cicilan 0% dengan jangka waktu hanya 6 bulan bisa terasa terlalu singkat. Beberapa kartu kredit lain menawarkan cicilan 0% selama 12 bulan, jadi ini bisa menjadi pertimbangan jika kamu memerlukan cicilan yang lebih panjang.

5. OCBC NISP Platinum Business Card

Pilihan berikutnya adalah OCBC NISP Platinum Business Card yang menawarkan fasilitas kredit tanpa agunan dengan limit hingga Rp 1 miliar, serta program cashback dan diskon di berbagai merchant pilihan, baik lokal maupun internasional.

Kartu kredit ini juga memberikan akses ke Airport Lounge, layanan concierge, dan bantuan darurat 24/7. Selain itu, kartu ini dapat digunakan di ATM, cabang, dan merchant OCBC NISP.

Namun, kartu kredit ini kurang cocok untuk bisnis yang masih berskala mikro hingga menengah. Untuk mendapatkan kartu ini, bisnismu harus memiliki omset minimal Rp 500 juta per bulan dan sudah beroperasi minimal dua tahun.

6. Bukopin Business Diamond

Terakhir, ada kartu kredit Bukopin Business Diamond menawarkan berbagai keuntungan menarik yang membuatnya layak dipertimbangkan. Salah satunya adalah cicilan 0% di tahun pertama untuk belanja di merchant pilihan.

Selain itu, dengan cicilan bulanan sebesar 2,90%, Bukopin Business Diamond tetap kompetitif di pasaran. Bunga ini bisa membantu menghemat pengeluaran untuk transaksi yang tidak bisa dicicil 0% di merchant non-Bukopin.

Namun, perlu diingat bahwa Bukopin Business Diamond memiliki penerimaan yang terbatas dan tidak diakui secara global karena tidak didukung oleh jaringan besar seperti Visa dan Mastercard.

Baca juga: Memahami Cara Kerja Kartu Kredit dan Pengelolaannya dengan Baik

Itulah 6 kartu kredit bisnis terbaik yang bisa kamu pertimbangkan untuk memaksimalkan keuntungan bisnis kamu. Pada akhirnya, memilih kartu kredit bisnis harus dilakukan dengan hati-hati; pilihlah yang menawarkan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

Selain itu, pastikan untuk memahami semua detailnya sebelum memutuskan, termasuk batas kredit, biaya-biaya terkait, dan bonus atau insentif yang ditawarkan oleh masing-masing kartu. Jadi, kartu kredit mana yang akan kamu pilih untuk bisnismu?

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Akseleran