Keuntungan Bayar Invoice Pakai Kartu Kredit, Penting untuk Pebisnis!

1
794
Akseleran_Article_Featured_Image_1366x768_kartu_kredit_paperid

sumber gambar: N26

Pernah tidak berpikir selain untuk kebutuhan konsumtif, ternyata kartu kredit juga bisa digunakan untuk kegiatan produktif sehingga menghasilkan net profit? Ya, salah satunya untuk melakukan pembayaran invoice ke supplier atau mitra bisnis.

Di tengah era digital ini, penggunaan kartu kredit sebagai alat pembayaran bukan hanya sekadar untuk transaksi belanja pribadi saja, melainkan untuk mengoptimalkan cash flow bisnis dan meraih efisiensi keuangan yang maksimal.

Lebih dari cuma sebuah pilihan, bayar invoice pakai kartu kredit kini menjadi suatu keharusan untuk menjaga kelangsungan bisnis. Penasaran apa saja keuntungannya? Simak selengkapnya di sini.

1. Dapat Tambahan Tempo Pembayaran

Kamu masih sering mengalami keterlambatan dalam melakukan pembayaran kepada supplier karena tempo pembayaran cenderung pendek? Sudahi itu, dengan kartu kredit kamu berpeluang mendapatkan tambahan tempo pembayaran yang sangat berharga, lho.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki invoice yang harus dibayarkan dalam waktu 30 hari, menggunakan kartu kredit bisa memberikan kamu tambahan waktu, biasanya bervariasi antara 45 hingga 60 hari tergantung kartu kredit yang kamu gunakan. Sehingga total tempo yang dimiliki yakni 30 hari dari supplier + 60 hari dari kartu kredit jadi total 90 hari, dengan asumsi memiliki kartu kredit dengan tempo di 60 hari.

Dengan tambahan tempo pembayaran ini, memberikan kamu ruang bernafas lebih untuk mengelola cash flow bisnis jadi lebih baik, seperti mengalokasikan dana terlebih dahulu ke pembayaran yang lebih mendesak atau penting lainnya.

2. Pengelolaan Keuangan Jadi Lebih Efisien

Perbandingan Pembayaran Pakai Kartu Kredit vs Debit (Sumber: BigPay)

Membayar invoice dengan kartu kredit memungkinkan kamu bisa mengelola transaksi keuangan bisnis hanya melalui satu saluran. Dengan begitu, kamu bisa membuat pencatatan keuangan dan pelaporan menjadi lebih mudah dan efisien.

Kamu bisa melacak pengeluaran bisnis dengan lebih rinci melalui pernyataan kartu kredit bulanan, sehingga bisa membantumu membuat keputusan keuangan yang lebih bijaksana kedepannya.

Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah melakukan proses rekonsiliasi transaksi. Dengan memiliki data yang terkumpul dengan rapi, kamu dapat memverifikasi setiap transaksi dengan lebih mudah, menghindari kesalahan pencatatan, dan mengoptimalkan efisiensi waktu.

3. Memperoleh Benefit Tambahan Berupa Point & Miles

Sebagian besar kartu kredit biasanya menawarkan program penghargaan berupa point & miles yang bisa kamu kumpulkan setiap kali menggunakan kartu untuk pembayaran. Point & miles ini bisa ditukarkan dengan diskon, hadiah, atau bahkan perjalanan bisnis secara gratis.

Dengan membayar invoice menggunakan kartu kredit, kamu bisa mengumpulkan poin lebih banyak. Jika bisnismu sering kali melakukan perjalanan jauh, tentunya ini sangat bermanfaat karena bisa menghemat biaya yang ada.

4. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Kok bisa? Begini, pembayaran invoice menggunakan kartu kredit bisa membantu meningkatkan reputasi bisnis, karena kamu bisa membayar invoice lebih cepat. Dengan begitu, kamu akan dianggap kredibel atau profesional di mata supplier atau mitra bisnis lainnya.

Nah, dengan kredibilitas yang tinggi, kamu juga bisa membangun hubungan yang baik dengan supplier dan memungkinkan akan mendapatkan manfaat lainnya seperti term of payment yang lebih baik kedepannya.

Baca juga: Beberapa Langkah Cara Membuat Kartu Kredit

Demikianlah keuntungan bayar invoice pakai kartu kredit yang wajib kamu ketahui sebagai pebisnis. Membayar invoice dengan kartu kredit menjadi pilihan yang cerdas untuk meningkatkan efisiensi keuangan bisnis kamu.

Dengan segala macam keuntungan yang ditawarkan, kamu bisa mengoptimalkan operasi keuangan bisnis kamu dan fokus pada pertumbuhan bisnis. Jadi, yuk jangan ragu lagi untuk memilih opsi pembayaran pakai kartu kredit dan segera manfaatkan keuntungannya!

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Akseleran

1 COMMENT

Comments are closed.