Inklusi Keuangan: Akses Menuju Kemakmuran yang Lebih Luas

0
867
Bulan_Inklusi_Keuangan_BIK_2023

Bulan Oktober merupakan bulan yang diperingati setiap tahunnya sebagai Bulan Inklusi Keuangan. Pada bulan ini semua institusi jasa keuangan memperingati ini dan menawarkan berbagai program menarik untuk masyarakat. Mari kita lihat apa artinya inklusi keuangan dan kenapa inklusi keuangan ini penting bagi Indonesia.

Inklusi keuangan merujuk pada upaya untuk memberikan akses dan pelayanan keuangan yang inklusif kepada semua lapisan masyarakat, terlepas dari latar belakang sosial, ekonomi, atau geografis.

Konsep ini merupakan bagian integral dari pembangunan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan. Di seluruh dunia, inklusi keuangan menjadi fokus utama dalam upaya mengurangi ketidaksetaraan, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Beberapa hal yang menjadi alasan pentingnya mewujudkan Inklusi Keuangan

1. Akses Terhadap Layanan Keuangan

Inklusi keuangan penting karena memberikan akses yang lebih luas terhadap layanan keuangan seperti tabungan, kredit, dan asuransi. Bagi sebagian besar masyarakat, memiliki akses ke layanan ini adalah langkah awal yang krusial untuk memperbaiki kualitas hidup. Tanpa akses ke rekening bank atau layanan keuangan lainnya, orang sering kali terpaksa bergantung pada peminjaman uang dengan tingkat bunga yang tinggi, yang dapat menyebabkan tanggungan utang yang berkelanjutan.

2. Peningkatan Kesejahteraan

Inklusi keuangan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan akses ke rekening bank, individu dapat mengelola pengeluaran mereka lebih efisien dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu. Mereka juga dapat menabung untuk masa depan, mengatasi krisis keuangan, dan berinvestasi dalam pendidikan atau usaha mereka sendiri. Inklusi keuangan memberikan kekuatan kepada individu untuk mengambil kendali atas situasi keuangan mereka.

3. Pengurangan Kemiskinan

Inklusi keuangan dapat berperan dalam mengurangi tingkat kemiskinan. Dengan akses ke kredit yang terjangkau, wirausahawan kecil dapat memulai atau mengembangkan bisnis mereka. Ini menciptakan peluang pekerjaan dan membantu mengurangi angka pengangguran. Selain itu, melalui tabungan dan asuransi, keluarga dapat mengurangi risiko finansial akibat penyakit, bencana alam, atau kejadian tak terduga lainnya.

4. Pertumbuhan Ekonomi

Inklusi keuangan juga berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Ketika sebagian besar masyarakat memiliki akses ke sistem keuangan, ini dapat mendorong penghimpunan modal yang lebih besar dalam perekonomian. Hal ini dapat mendorong investasi, peningkatan produksi, dan menciptakan lapangan kerja baru. Ini juga dapat meningkatkan pendapatan nasional, yang pada gilirannya dapat digunakan untuk membiayai program-program sosial dan infrastruktur yang diperlukan.

Peran Teknologi dalam Inklusi Keuangan

Teknologi, terutama dalam bentuk perbankan daring dan pembayaran digital, telah memainkan peran penting dalam meningkatkan inklusi keuangan. Melalui aplikasi perbankan seluler, masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki akses ke layanan keuangan dapat dengan mudah membuka rekening bank dan mengelola uang mereka. Teknologi juga memungkinkan layanan keuangan yang lebih terjangkau dan efisien.

Akseleran sebagai platform Peer-to-Peer (P2P) Lending juga memiliki visi untuk mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia menjadi kenyataan, dengan membuka akses pinjaman yang lebih fleksibel kepada UKM Indonesia dan memberi pilihan pengembangan dana kepada masyarakat.

Gunakan Kode Promo BIK2023 untuk calon pendana (lender) baru untuk mendapatkan dana awal Rp. 100 Ribu yang bisa digunakan untuk mengembangkan dana di Akseleran.

Syarat & Ketentuan Umum Kode Promo:

  1. Kode promo hanya dapat digunakan calon pendana baru yang belum memiliki akun Lender Akseleran
  2. Kode promo hanya dapat digunakan selama periode promo yaitu 1 – 31 Oktober 2023
  3. Terbatas untuk 100 lender baru pertama yang menggunakan kode promo ini
  4. Saldo promo sebesar Rp. 100 Ribu akan otomatis masuk ke akun Lender setelah mendaftar menggunakan kode promo
  5. Saldo promo akan hangus 7 hari kalender sejak tanggal registrasi, jika tidak digunakan untuk mendanai
  6. Saldo promo tidak berlaku bagi karyawan Akseleran

Inklusi keuangan adalah langkah penting dalam menciptakan masyarakat yang lebih adil dan makmur. Akses yang lebih luas terhadap layanan keuangan dapat meningkatkan kesejahteraan individu, mengurangi kemiskinan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Dengan terus mengembangkan teknologi keuangan, kita dapat bergerak menuju masa depan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.