Akseleran Profitable di Empat Bulan Pertama tahun 2024

0
414
Akseleran_Article_Featured_Image_1366x768_akseleran_profit_2024
image from Shutterstock

Pada saat industri startup teknologi mulai muncul, pertumbuhan bisnis yang cepat adalah tujuan utamanya, atau sering juga disebut pendekatan Growth at All Cost. Tentunya pertumbuhan yang cepat ini membutuhkan “bahan bakar” yang tidak sedikit, alias pengeluaran yang besar, terutama dari sisi manpower dan juga marketing spending.

Namun semua itu berubah ketika terlihat banyak startup yang tidak sustainable dan terlalu cepat kehabisan dana operasionalnya. Puncaknya adalah saat sebuah startup bernama WeWork, yang sempat menjadi startup dengan valuasi tertinggi di dunia, mengalami penurunan valuasi yang drastis karena tidak mampu membukukan keuntungan (profit).

Sekarang semua startup memiliki orientasi yang berbeda yaitu, bagaimana bisa tetap tumbuh tetapi tetap bisa membukukan profit. Pendekatan ini disebut dengan Sustainable Growth atau pertumbuhan yang berkelanjutan.

Profitable Karena Berorientasi pada Sustainable Growth

Akseleran juga sudah berorientasi pada Sustainable Growth sejak beberapa tahun yang lalu, dan pada tahun 2024 ini pendekatan tersebut membuahkan hasil. Akseleran berhasil membukukan untung / laba (profit) setiap bulannya pada empat bulan pertama di tahun 2024.

Group CEO sekaligus Co-founder Akseleran, Ivan Tambunan, mengatakan “Tahun ini, dari Januari hingga April terus untung setiap bulan”. Hal ini dikarenakan keberhasilan Akseleran dalam menurunkan operational expense (OPEX) hingga 40% dibandingkan dengan tahun lalu, sambil terus meningkatkan revenue.

Dengan tingkat kredit macet atau Non-Performing Loan (NPL) yang rendah, Akseleran juga mampu menurunkan cost of fund sehingga dapat tetap kompetitif di pasar. Ivan mengatakan “Selain itu, kami juga menahan cost of fund sehingga margin kami bisa tetap baik. Kami juga menjaga Non Performing Loan (NPL) supaya cost of fund tetap rendah”.

Per tanggal 22 Mei 2024, TKB90 Akseleran menunjukkan angka 99.76%, yang berarti tingkat NPL hanya sekitar 0.24% dari total nilai pinjaman yang masih outstanding. Ini jauh lebih baik dibandingkan dengan tingkat NPL rata-rata industri yang berada di angka 2.94% per Maret 2024, berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Akseleran akan terus menjaga konsistensi profitability perusahaan ke depannya dengan terus mencetak laba setiap bulannya sambil tetap meningkatkan penyaluran pendanaan dengan tingkat NPL yang rendah.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Akseleran memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin membantu mengembangkan bisnis kecil dan menengah di Indonesia. Dapatkan keuntungan dari suku bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan serta perlindungan proteksi asuransi 99% terhadap pinjaman. Gunakan kode promo BLOG50 saat mendaftar dan mulailah pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Selain itu, kamu juga bisa melihat info Akseleran sebagai grup usaha di halaman Grup Akseleran.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG50 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran