Akseleran Menatap 2024 Berbekal Fondasi Kuat di 2023

0
597
Akseleran_Article_Featured_Image_1366x768_newyear2024

Akseleran berhasil mencapai sejumlah pencapaian kunci di tahun 2023 yang mencerminkan ketangguhan operasional dan komitmen kami terhadap pertumbuhan berkelanjutan.

Penyaluran Pinjaman yang Stabil

Pada tahun 2023, Akseleran berhasil mempertahankan kinerja yang stabil dalam penyaluran pendanaan dengan total mencapai hampir Rp. 2,9 Triliun. Meskipun terdapat sedikit penurunan dari tahun sebelumnya (sekitar Rp. 2,96 Triliun), hal ini dikarenakan kondisi makro ekonomi yang cukup berpengaruh.

Adapun faktor makro ekonomi yang dimaksud di antaranya adalah kenaikan suku bunga BI, yang kami lihat sebagai salah satu penyebab penurunan permintaan pendanaan P2P lending produktif. Hal ini juga sejalan dengan penurunan penyaluran pendanaan di industri P2P lending produktif. Berdasarkan statistik OJK, penyaluran pendanaan P2P lending produktif di Indonesia pada periode Januari 2023 sampai dengan September 2023 mengalami penurunan sekitar 17,3% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022.

Tingkat NPL yang Rendah

Akseleran terus mempertahankan reputasi yang baik dengan mempertahankan rasio Non-Performing Loans (NPL) yang rendah, yaitu sebesar 0,61% terhadap total outstanding per tanggal 31 Desember 2023. Tingkat NPL ini secara signifikan lebih rendah dibandingkan NPL rata-rata industri yang mencapai lebih dari 2%. Strategi manajemen risiko yang cermat dan pendekatan yang hati-hati terhadap penyaluran pendanaan telah memastikan stabilitas portofolio Akseleran dan membangun kepercayaan pengguna. Penggunaan asuransi yang menjamin 99% dari pokok pendanaan tertunggak juga turut memberikan rasa nyaman dan peace of mind kepada para pemberi dana (Lender).

Mendekati Profitabilitas Positif

Pada tahun 2023, Akseleran mencapai kinerja keuangan yang baik, mendekati tingkat profitabilitas yang positif. Langkah-langkah strategis dalam pengelolaan keuangan dan komitmen terhadap efisiensi operasional telah membentuk fondasi keuangan perusahaan yang lebih solid. Momentum ini akan menjadi fondasi bagi kami untuk mencapai tingkat profitabilitas yang positif secara konsisten di tahun 2024.

Dengan total penyaluran pendanaan lebih dari Rp. 9,3 Triliun sejak kami mulai beroperasi di Oktober 2017, Akseleran terbukti sebagai mitra terpercaya dalam memenuhi kebutuhan pendanaan UMKM di Indonesia, sekaligus memberikan manfaat ekonomi yang menarik bagi para pemberi dana (Lender).

Menatap Tahun 2024 Dengan Optimis

Pencapaian yang baik di tahun 2023 memberikan fondasi yang kuat untuk mencapai target Akseleran di tahun 2024. Kami menargetkan penyaluran pendanaan sekitar Rp. 3,8 Triliun (naik sekitar 30%) sambil tetap menjaga tingkat NPL di bawah 1% terhadap total outstanding. Ivan Nikolas Tambunan, Group CEO dari Grup Akseleran, menyatakan, “Kami sangat bangga dengan pencapaian yang telah diraih oleh Grup Akseleran pada tahun 2023. Pencapaian ini tidak hanya mencerminkan dedikasi tim kami, tetapi juga dukungan yang luar biasa dari pengguna dan mitra kami. Kami optimis bahwa langkah-langkah ini akan memberikan dasar yang kuat untuk pertumbuhan dan kesuksesan lebih lanjut di tahun-tahun mendatang.”

Grup Akseleran mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan berkelanjutan mereka dan berkomitmen untuk terus memberikan solusi keuangan yang inovatif, aman, dan terpercaya.

Ayo bersama-sama kita #MajuLebihCepat di tahun 2024!