Jalankan Bisnis Ini Di Masa Pemilu, Dijamin Cuan Terus!

1
458
Bisnis Cuan Masa Pemilu
Bisnis Cuan Masa Pemilu

Pada Februari 2024, Masyarakat Indonesia akan merayakan puncak dari pesta demokrasi, dalam Pemilu (Pemilihan Umum) serentak. Momen pemilu bukan hanya momen yang membahagiakan bagi masyarakat dan para calon wakilnya, namun juga membawa keuntungan bagi berbagai sektor bisnis.

Momen Pemilu bisa menjadi peluang cuan tersendiri bagi sejumlah bisnis. Yang bisa meraup banyak keuntungan dari periode pesta demokrasi ini antara lain sektor bisnis yang memasok produk jasa dan barang untuk melakukan kampanye di seluruh Indonesia.

Berikut ini sederet bisnis yang bisa meraup banyak keuntungan di masa kampanye menjelang pemilu serentak:

  1. Percetakan Digital

Poster, flyer, spanduk, dan baliho masih menjadi media kampanye yang efektif dengan harga terjangkau. Potensi bisnis ini sangat besar mengingat jumlah calon dan partai politik yang berpartisipasi dalam pemilu, serta luasnya wilayah Indonesia.

Dengan permintaan media cetak yang tersebar di seluruh negeri dan digunakan dalam berbagai kegiatan kampanye, peluang ini sangat layak untuk dipertimbangkan.

  1. Konveksi dan Sablon

Serupa dengan media cetak, kaos partai menjadi alat kampanye yang populer digunakan dalam acara-acara partai politik dan juga dibagikan kepada pendukung dan simpatisan.

Setiap calon dan partai politik, baik di tingkat lokal maupun nasional, membutuhkan layanan konveksi kaos dan sablon untuk kampanye mereka. Bisnis ini memiliki peluang keuntungan yang tinggi karena sangat berdampak pada popularitas peserta Pemilu 2024.

  1. Jasa Desain Grafis

Para calon presiden, wakil presiden, dan legislatif pasti membutuhkan visual yang menarik untuk poster, billboard, baliho, kaos, sampai konten di media sosial. Bisa disimpulkan bahwa kebutuhan desain/visual menjadi kunci utama yang dibutuhkan untuk meningkatkan elektabilitas dan visibilitas peserta pemilu.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang desain grafis, peluang ini bisa menjadi ide bisnis yang dapat dicoba di periode Pemilu.

  1. Jasa Fotografi

Di era media sosial seperti sekarang, setiap momen berharga harus diabadikan, termasuk hal-hal yang terjadi di kala kampanye Pemilu. Kebutuhan akan jasa fotografi, mulai dari dokumentasi kampanye, foto potrait untuk calon, hingga dokumentasi selama hari pemilihan akan meningkat pesat.

Potensi pasar yang besar datang dari banyaknya calon dan partai politik yang memerlukan dokumentasi visual berkualitas untuk menjangkau pemilih.

Fotografer (Source: Freepik)
  1. Social Media Manager

Pada tahun ini, Calon Presiden, calon legislatif, dan partai politik semakin gencar memanfaatkan media sosial untuk kampanye. Tentunya permintaan akan jasa ini meningkat.

Namun, tidak semua konten di media sosial bisa berhasil meraih audiens yang masif atau ‘viral’. Maka itu social media manager bertugas dalam merencanakan strategi dan pesan yang tepat untuk meningkatkan popularitas calon yang diusung melalui media sosial.

  1. Content Creator (Buzzer)

Peluang ini bisa diambil oleh siapa saja yang memiliki keterampilan dalam membuat konten menarik dan memiliki basis pengikut yang loyal.

Content creator berperan penting dalam membantu social media manager mencapai target, dengan membuat materi konten yang menarik dan informatif.

Media sosial menjadi platform kampanye yang banyak dipakai pada Pemilu 2024 (Source: Freepik)
  1. Event Organizer

Di tengah kemeriahan Pemilu 2024, bisnis Event Organizer (EO) memiliki peluang luar biasa. Peran EO sangat penting dalam mengatur berbagai acara kampanye politik, dari pertemuan kecil hingga konvensi besar. Mengorganisir acara dengan efisien dan efektif dapat meningkatkan visibilitas kandidat dan partai, dan mempengaruhi hasil pemilihan.

Bisnis EO cenderung minim modal, karena yang lebih dibutuhkan adalah tim yang solid, koordinasi, dan kemampuan dalam perencanaan acara.

  1. Penyewaan Tenda dan Sound System

Kampanye Pilpres & Pileg seringnya membutuhkan panggung dan sound system untuk keperluan orasi ataupun hiburan. Cara ini efektif memikat hati calon pemilih dan simpatisan. Karenanya dibutuhkan tenda dan peralatan audio yang berkualitas dalam kecil hingga besar.

Bisnis yang satu ini memang membutuhkan modal yang besar. Namun, selayaknya prinsip bisnis pada umumnya: Modal yang besar, jika mampu dipasarkan dengan maksimal, keuntungannya akan kembali berkali lipat.

Acara kampanye sangat bergantung pada sound system dan venue yang memadai (source: pexels)
  1. Catering

Dimana ada acara kampanye, pasti ada juga konsumsi untuk para peserta. Walaupun bisnis makanan tidak hanya bergantung pada momen pemilu, namun periode ini merupakan saat yang tepat untuk meraup keuntungan lebih besar.

Potensi keuntungan dari bisnis ini cukup besar, terutama jika Anda mampu melayani sejumlah besar orang dalam satu waktu.

  1. Toko Sembako

Partai politik dan calon sering membagikan paket sembako sebagai bagian dari kampanye. Maka itu, kebutuhan akan sembako meningkat signifikan pada periode ini.

Mencari supplier dengan harga grosir dapat membantu mengoptimalkan keuntungan. Dengan strategi yang tepat, bisnis ini memiliki potensi pada saat masa pemilu.

Kebutuhan dengan skala besar pada masa pemilu menciptakan peluang bagi pengusaha. Sederet bisnis makin menjamur dan berpotensi meraih keuntungan besar jika dijalankan dengan rencana yang matang.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!
Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG50 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran.

Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

Selain itu, kamu juga bisa melihat info Akseleran sebagai grup usaha di halaman Grup Akseleran.

1 COMMENT

Comments are closed.