Ini 3 Tipe Instrumen Investasi yang Sesuai dengan Kepribadianmu!

0
1120
Instrumen Investasi

Ada berbagai jenis instrumen investasi yang bisa dipilih untuk mendatangkan keuntungan. Masing-masing memiliki tingkat risiko yang berbeda. Berdasarkan prinsip investasi, tingkat risiko berbanding lurus dengan potensi return yang diharapkan. High risk, high return, yang berarti jika risiko yang ditanggung semakin tinggi, keuntungan yang diharapkan pun semakin besar.

Tidak sedikit investor pemula yang bingung menentukan instrumen investasi yang sesuai dengannya. Sebenarnya, keputusan itu dapat dipertimbangkan dari cara menyikapi perbedaan tingkat risiko investasi yang akan ditanggung. Nah, investor dapat dibagi dalam 3 kelompok berdasarkan kepribadiannya sebagai berikut:

  • Tipe Konservatif

Seseorang yang cenderung menghindari risiko dapat dimasukkan dalam kelompok investor konservatif. Ciri investor tipe ini adalah lebih senang bermain di wilayah aman dengan memilih instrumen investasi yang berisiko rendah. Investor konservatif takut apabila modal awal atau pokok investasinya berkurang. 

Di sisi lain, investor tidak masalah jika mendapatkan imbal hasil yang tidak terlalu besar, asalkan bergerak stabil. Karena itu, demi memaksimalkan hasil, pada umumnya investor melakukan investasi dalam jangka panjang. 

Lalu, apa saja instrumen investasi yang cocok untuk investor dengan kepribadian seperti ini? Ada beberapa pilihan, di antaranya tabungan, deposito, dan reksadana pasar uang. Ketiganya memiliki risiko investasi yang cenderung rendah dibandingkan berbagai jenis investasi lain.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba alternatif investasi lain seperti reksadana pendapatan tetap dan obligasi pemerintah. Menariknya, meskipun kedua instrumen investasi ini memiliki risiko yang relatif rendah, imbal hasilnya lebih tinggi. 

  • Tipe Moderat

Kelompok kedua adalah investor yang siap menerima fluktuasi jangka pendek serta berharap mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi daripada tingkat inflasi atau deposito. Jenis investor ini dimasukkan dalam kelompok investor tipe moderat. 

Investor biasanya sudah paham bahwa investasi reksadana bersifat fluktuatif alias dapat bergerak naik atau turun. Uniknya, mereka tetap tidak ingin kehilangan uang saat berinvestasi.

Jika kamu merasa memiliki sikap yang sama dengan ciri investor moderat tersebut, jenis instrumen investasi yang cocok adalah reksadana campuran. Jenis instrumen investasi reksadana ini memiliki risiko yang rendah dibandingkan reksadana saham. Meskipun demikian, potensi keuntungannya tidak kalah dengan reksadana jenis lain.

  • Tipe Agresif

Apakah kamu siap untuk kaya atau miskin karena berinvestasi? Investor yang memiliki prinsip seperti ini adalah risk taker dan termasuk dalam kelompok agresif. Pada umumnya, investor agresif siap kehilangan sebagian atau seluruh dana investasinya asalkan memiliki kesempatan untuk mendapatkan imbal hasil lebih besar.

Investor agresif sebenarnya bebas menentukan instrumen investasi yang akan dipilih, baik reksadana saham, trading saham, forex, atau komoditas. Meskipun demikian, kamu perlu bijak menentukan platform tepercaya sebagai mitra saat berinvestasi. 

Baca juga: Tipe-Tipe Investor Beserta Preferensinya!

Mengenal Kepribadian Diri

Berdasarkan penjelasan tersebut, kunci utama untuk mendapatkan keuntungan optimal dari investasi adalah mengenal kepribadian diri sendiri. Pahami karakter dan sikap diri ketika menghadapi suatu keputusan yang diiringi risiko yang tinggi. Sadari juga tujuan diri sendiri saat berinvestasi, apakah ingin mendapatkan keuntungan banyak atau sedikit asal stabil.

Hal lain yang tidak dapat dipisahkan dari risiko dan imbal hasil investasi adalah jangka waktu investasi. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu pendek apabila siap untuk bersikap agresif. Meskipun pilihan investasi tampak menakutkan karena risiko yang menyertainya, jangan lupa bahwa potensinya juga sangat menggiurkan.

Untuk mengenal diri sendiri, berkacalah dari pengalaman yang pernah didapatkan. Beberapa pilihan dalam kehidupan juga kerap menawarkan potensi keuntungan besar dengan risiko tinggi. Bagi yang siap menangkap kesempatan tersebut, kamu termasuk dalam kelompok agresif. Jika cenderung ingin lebih aman, pilih instrumen investasi bagi tipe konservatif.

Jadi, kepribadian investor ternyata dapat membantu menentukan instrumen investasi yang akan dipilih. Semakin baik mengenal diri sendiri, keputusan yang diambl pun akan semakin tepat. Nah, tunggu apa lagi, yuk mulai berinvestasi dari sekarang! 

Mendanai UKM Indonesia dan Dapatkan Juga Bunga Hingga 21% per Tahun!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Dengan bunga hingga 21% per tahun, kamu dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]