5 Cara Mengatur Pengeluaran dengan Lebih Baik

0
685
Cara Mengatur Pengeluaran

Cara Mengatur Pengeluaran – Untuk kamu yang memiliki pendapatan bulanan, tentu akan merasakan sangat senang saat mendapatkan gaji di akhir bulan. Namun, sering kali saat mendapatkan gaji tersebut pastinya langsung ingin membelanjakan dan menghabiskan untuk kebutuhan-kebutuhan yang sudah direncanakan sebelumnya. Tanpa disadari pengeluaran bulanan inilah yang kadang malah membuat keuangan kita menjadi tidak stabil dan akhirnya malah membuat kesusahan di akhir bulan.

Karenanya kamu harus tahu cara mengatur pengeluaran bulanan kamu dengan lebih bijak, di sini:

Ini 5 Cara Mengatur Pengeluaran dengan Lebih Baik

Saat berbicara mengenai cara mengatur pengeluaran bulanan dengan baik, pasti kamu juga langsung berpikir untuk menabung. Padahal menabung bukanlah hal yang utama untuk mengatur pengeluaran bulanan. Semuanya harus berjalan beriringan dan harus dilakukan secara bertahap. Ini tips-tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatur pengeluaran bulanan dengan lebih baik.

  • Buat Anggaran Bulanan

Saat ingin mengatur pengeluaran bulanan tentunya akan sulit tanpa mengatur anggaran bulanan di setiap awal bulan. Mulai dengan membuat daftar pengeluaran menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer makan, ongkos kerja, tagihan, dan lain sebagainya. Sedangkan bagian lainnya untuk kebutuhan-kebutuhan tersier seperti untuk belanja, travelling, hingga untuk jalan bersama teman atau rekan kerjamu.

  • Jangan Tunda Bayar Tagihan

Saat mendapatkan pendapatan bulanan seperti gaji bulanan hal yang dapat kamu lakukan dan utamakan adalah membayar segala tagihan yang kamu miliki. Baik itu tagihan listrik, air, telepon atau cicilan-cicilan yang dimiliki. Hal ini penting agar tidak mengganggu kebutuhan kebutuhan pada bulan tersebut. Dengan membayarkan segalanya di awal bulan tentu akan membuat kamu lebih tenang dan dapat mengelola pengeluaran lainnya.

  • Buat Laporan Keuangan

Pastikan memiliki laporan keuangan bulanan pribadi. Seperti setiap kamu belanja, makan atau mengeluarkan biaya kamu dapat melakukan pencatatan. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengetahui kemana pengeluaran kamu dihabiskan. Selain itu, dengan membuat laporan keuangan juga dapat membuat kamu menganalisa dapat mengimplementasikannya di bulan depan terhadap pengeluaran tersebut apakah memang perlu atau tidak.

Baca juga: Cara Jitu Mengoptimalkan Pengeluaran Bulanan!

  • Bijak dalam Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit memang membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang kamu gunakan saat kamu tidak memiliki dana. Hal inilah yang justru secara tidak langsung dapat lebih membebankan pengeluaranmu untuk membayarkan tagihannya. Namun, bukan berarti penggunaan kartu kredit adalah salah. Jika menggunakan kartu kredit dengan lebih bijak seperti dapat memanfaatkan penawaran promo dari kartu kredit untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan atau dapat digunakan untuk membayar tagihan. 

  • Mempunyai 2 Rekening yang Berbeda

Membuat dua rekening bank yang berbeda. Hal ini dibutuhkan untuk mengatur kebutuhan sehari-hari seperti untuk menerima gaji bulanan, membayar tagihan dan kebutuhan seperti belanja. Rekening lainnya digunakan untuk menyisihkan sekiranya 10%-20% untuk menabung. Sisihkan dana tersebut setiap bulan agar pengeluaran bulanan dapat lebih optimal.

  • Melakukan Investasi

Ini adalah salah satu cara mengatur pengeluaran yang paling ampuh. Setelah menyisihkan dana untuk menabung. Apabila masih memiliki kelebihan dana, pastikan kamu melakukan investasi pada instrumen investasi yang mudah, aman dan tentunya menguntungkan. Jika dibandingkan dengan menabung, melakukan investasi tentu akan dapat lebih baik dalam mendapatkan keuntungan lebih. Saat melakukan investasi, dana yang disimpan bisa dalam berbagai bentuk tergantung dari instrumen yang kamu pilih. Namun, setiap jenis investasi yang dipilih ini tentunya memiliki keuntungan lebih dibandingkan hanya dengan menabung.

Namun, yang perlu diperhatikan saat akan memulai investasi adalah keamanan dari instrumen yang dipilih. Jadi jika ingin memulai investasi pastikan memilih instrumen yang aman.

Lakukan Pengembangan Dana Secara Rutin di Akseleran Agar Dapat Mengoptimalkan Pengeluaran Bulanan!

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]