Cara Jitu Mengoptimalkan Pengeluaran Bulanan!

0
124
Pengeluaran Bulanan

Mengatur pendapatan bulanan bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak dari mereka yang memiliki pendapatan bulanan, namun kesulitan dalam mengelola pendapatannya itu. Bahkan pengeluaran bulanan itu lebih besar dibandingkan pendapatan yang ia terima. Lebih parahnya seringkali mereka kehabisan uang sebelum memasuki akhir bulan. Nah, hal ini terjadi karena pengelolaan keuangan yang kurang optimal. 

Untuk menghindari hal itu, penting untuk kamu dapat mengelola pendapatan dan menghitung pengeluaran bulanan dengan lebih jeli. Dengan itu kamu dapat mengetahui ke mana saja pengeluaran yang kamu habiskan setiap bulannya. Nah, jadi bagaimana cara jitu mengelola gaji bulanan kamu dengan lebih baik sih?

  • Buat Anggaran

Buat daftar pengeluaran bulanan menjadi dua. Dua bagian ini masing-masing untuk kebutuhan yaitu kebutuhan primer seperti makan, biaya transportasi, tagihan-tagihan dan lainnya. Lalu, untuk kebutuhan seperti belanja, biaya jalan-jalan, hingga anggaran untuk kumpul bersama teman-temanmu. 

Anggaran ini perlu kamu buat lebih spesifik agar pengeluaran yang keluar terlihat lebih jelas arahnya.

  • Bayar Tagihan

Saat menerima pendapatan bulanan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membayar semua tagihan yang kamu miliki. Hal ini perlu diterapkan agar tidak membuat keuangan kamu terganggu. Dengan membayarkan tagihan yang ada, tentu kamu dapat lebih tenang dalam mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

  • Sisihkan Untuk Tabungan

Sebelum menggunakan untuk keperluan harian, mingguan atau bulanan kamu. Pendapatan yang kamu terima dapat kamu gunakan terlebih dahulu untuk menabung. Hal ini akan sangat membantu kamu mengoptimalkan pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu. 

Jika setiap bulannya kamu menyisihkan untuk menabung, maka apabila suatu saat ada keadaan darurat yang membutuhkan dana tidak sedikit. Kamu dapat menggunakan dana yang ada di tabungan ini untuk digunakan sebagai dana darurat kamu.

Baca juga: 5 Manfaat Menabung Untuk Masa Depan

  • Buat Laporan Keuangan Harian

Setiap kali kamu selesai melakukan transaksi, usahakan kamu merapikan struk ataupun nota dari transaksi tersebut. Hal ini dimaksudkan agar pengeluaran bulanan kamu dapat tercatat. Dengan pencatatan ini, kamu dapat melihat sekaligus menganalisa pengeluaran harian yang kamu lakukan. Setelah itu, kamu dapat mengoptimalkan transaksi yang telah kamu lakukan sebelum, mana yang perlu dibeli dan mana yang tidak.

  • Miliki Dua atau Lebih Rekening Bank

Coba buat dua rekening bank yang berbeda untuk memisahkan kebutuhan yang akan kamu gunakan. Dari kedua rekening pisahkan antara kebutuhan sehari-hari seperti pendapatan bulanan yang kamu terima, pembayaran tagihan yang dimiliki, belanja bulanan dan lainnya. Dengan satu rekening lainnya yang dapat digunakan untuk menabung.

Lalu, kamu bisa menyisihkan 20%-30% dari pendapatan kamu untuk ditabung. Ini dapat kamu lakukan setiap bulannya untuk mengoptimalkan pendapatan bulanan yang kamu terima.

  • Investasi

Saat kamu mengetahui bahwa pendapatan kamu selalu kurang bahkan pengeluaran bulanan kamu melebihi pendapatan bulanan, maka hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah mengoptimalkan pendapatan tersebut.

Cara mengoptimalkannya adalah melakukan investasi. Dengan melakukan investasi kamu dapat lebih memprioritaskan pendapatan kamu untuk masa depan. Selain itu juga, kamu dapat menerima imbal hasil dari investasi yang kamu lakukan. Investasi yang dapat kamu lakukan juga bentuknya beragam bisa Asuransi, Reksa Dana, maupun investasi P2P Lending yang sedang dalam perkembangan yang cukup baik.

Investasi juga berbeda dengan menabung, karena investasi sifatnya tidak pasif artinya dana yang kamu investasikan akan bertambah lain halnya dengan menabung yang tidak membuat dana kamu bertambah.

Optimalkan Keuanganmu dengan Melakukan Pendanaan di Akseleran!

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil 18%-21% per tahun di Akseleran. Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode BLOG100. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman kok karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

Selamat Berinvestasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here