Apa Itu Aset Tidak Berwujud dan Bagaimana Karakteristiknya?

0
2881
aset tidak berwujud

Sebuah perusahaan pasti memiliki aktiva atau yang biasa juga disebut sebagai aset. Aset ini mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberadaan suatu perusahaan. Semua yang dimiliki perusahaan adalah aset dari perusahaan itu sendiri. Beberapa aset yang dimaksud seperti gedung, peralatan, perlengkapan, mesin, kendaraan bahkan karyawan dari perusahaan itu sendiri adalah aset perusahaan. Semua aset ini memiliki fungsi dan nilainya masing-masing.

Aset sendiri merupakan sumber daya yang dimiliki suatu perusahaan dan dapat diukur dengan satuan tertentu. Karena di dalam perusahaan, aset memiliki pengaruh dalam menciptakan profit untuk keberlangsungan perusahaan. Dapat dikatakan juga dengan aset, perusahaan dapat mengukur nilai perusahaan tersebut dan membandingkan dengan perusahaan lainnya.

Namun, kali ini kita akan membahas aset secara lebih spesifik yaitu aset tidak berwujud, selengkapnya di bawah ini:

Apa Itu Aset Tidak Berwujud?

Aset tidak berwujud atau intangible asset merupakan salah satu aset yang sangat penting dan memiliki pengaruh bagi perusahaan, terutama untuk perusahaan besar. Apabila dilihat dari namanya aset ini tidak memiliki wujud, bukan berarti aset ini tidak penting dan tidak memiliki pengaruh terhadap perusahaan. 

Adanya aset ini membuat suatu perusahaan memiliki nilai jika ingin dialihkan. Jika nilai aset yang dimiliki memiliki nilai yang relatif tinggi, maka pada nilai perusahaan tentu akan semakin meningkat. Lalu, apa itu aset tidak berwujud dan apa saja jenis aset berwujud yang dapat meningkatkan nilai perusahaan? Selengkapnya di bawah ini!

Aktiva tidak berwujud atau aset tidak berwujud ini menurut PSAK No. 19 IAI, 2002:19.5 (Revisi 2000) yaitu:

  • Dapat diidentifikasi, nilainya dapat diketahui dan jenisnya dapat dikategorikan
  • Tidak ada wujud fisik untuk aset tidak berwujud
  • Dimiliki agar dapat digunakan untuk tujuan atau kebutuhan administratif lain
  • Sumber daya yang dikeluarkan memiliki tujuan untuk mendapatkan sumber daya yang tidak berwujud

Pengertian dari aset tidak berwujud adalah suatu aset yang tidak terlihat wujudnya tetapi tetap memiliki nilai bagi perusahaan serta umur ekonomisnya lebih dari satu tahun. Keberadaan dari aset tersebut juga memiliki pengaruh dalam dunia bisnis terutama dengan jangka waktu yang panjang.

Karakteristik Aset Tidak Berwujud

Apa saja sih karakteristik dari aset tidak berwujud ini? Berikut beberapa karakteristik umum dari aset ini:

  • Tidak Berwujud Secara Nyata

Tentu sesuai dengan namanya aset ini memang tidak memiliki wujud serta eksistensi yang dapat dilihat secara langsung tetapi walaupun tidak memiliki wujud atau eksistensinya, aset ini memiliki peran yang cukup penting untuk jalannya sebuah perusahaan. Perusahaan bisa mulai berkembang serta memperluas pasar apabila aset tidak berwujud memiliki nilai yang tinggi.

  • Tidak Dapat Dikategorikan Sebagai Instrumen Keuangan

Aset yang tidak berwujud ini dapat diukur dengan nilai serta sifat jangka panjang. Pendapatan yang diterima aset jenis ini diterima di masa mendatang. Nilai dari aset ini juga didapatkan dari klaim, lalu kas akan diterima perusahaan dari subjek yang melakukan klaim aset di perusahaan tersebut.

Baca juga: Ini 3 Tipe Instrumen Investasi yang Sesuai dengan Kepribadianmu!

  • Aktiva yang Bersifat Jangka Panjang

Masa manfaat dari aset ini adalah lebih dari satu tahun. Tetapi, apabila perusahaan tidak mengukur atau mengestimasikan nilainya, tetapi aset tersebut tetap dianggap memiliki masa manfaat hingga 10 tahun. Penentuan masa manfaat dari aktiva ini juga didasarkan pada hak kontraktual atau hak lainnya sesuai dengan hukum yang berlaku.

Untuk dapat disebut sebagai aset tidak berwujud, maka aset tersebut harus terlebih dahulu memenuhi kriteria tersebut. Tetapi, apabila suatu aset tidak dapat memenuhi kriteria tersebut, maka pengeluaran yang dikeluarkan untuk mendapatkan aset tersebut akan dianggap sebagai beban perusahaan. Lalu, akan dicatat sebagai beban saat terjadinya arus kas keluar untuk mendapatkan aset tersebut.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100 Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]