Macam Macam Aset Finansial Yang Perlu Kamu Ketahui!

1
5884
Macam Macam Aset

Aset biasa dikenal sebagai suatu dengan nilai yang mewakili sumber daya ekonomi atau kepemilikan yang bisa dikonversi menjadi sesuatu yang bernilai seperti halnya uang tunai. Macam macam aset yang ada di Indonesia juga cukup beragam seperti aset lancar, aset tidak lancar dan aset lainnya. Karena itu kita akan membahas lebih jauh mengenai apa itu aset, apa saja jenis aset tersebut dan lainnya.Sebelum membahas lebih jauh mengenai macam macam aset, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa aset itu sendiri.

Aset merupakan kekayaan sumber daya yang dimiliki oleh entitas dalam bisnis yang terukur secara jelas. Aset juga bisa dikatakan sebagai harta kekayaan suatu perusahaan yang dapat digunakan untuk mendanai segala operasional perusahaan agar perusahaan tersebut dapat meraih laba atau keuntungan.

Macam Macam Aset Yang Berkembang di Indonesia!

Aset juga dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu:

  • Aset Lancar

Aset lancar ini merupakan aset yang paling mudah dicairkan. Artinya, aset ini paling mudah dan cepat untuk dikonversi menjadi uang tunai. Pada aset lancar ini biasanya memiliki manfaat yang lebih singkat dibandingkan jenis aset lainnya, karenanya, jangka waktu perputaran aset lancar biasanya hanya selama 1 tahun. Karena perputaran yang cepat inilah manfaat dari aset tersebut cepat habis.

Contoh dari aset lancar: kas, persediaan, perlengkapan, piutang usaha, beban dibayar di muka dan penghasilan yang masih akan diterima.

  • Aset Tidak Lancar

Aset tidak lancar ini sebenarnya cukup luas, aset tidak lancar juga adalah aset yang memiliki manfaat lebih dari satu tahun dan tentu lebih lama dibandingkan aset lancar. Aset tidak lancar terbagi menjadi 3 yaitu:

  • Aset Tetap

Aset tetap atau aset yang berwujud merupakan aset yang terlihat wujud maupun bentuknya secara fisik. Aset tetap ini digunakan oleh sebuah perusahaan untuk kegiatan produksi baik itu barang maupun jasa. Aset tetap ini bisa dijual oleh perusahaan apabila masa atau umur aset itu sendiri sudah habis atau rusak.

Contoh aset tetap: tanah, bangunan, mesin, kendaraan dan lainnya.

  • Aset Tidak Berwujud

Ada aset yang berwujud ada pula aset tidak berwujud. Pada aset yang satu ini terdapat 3 golongan yang dimasukkan ke dalam kategori aset tidak lancar. Aset ini tidak memiliki bentuk fisik tetapi memiliki nilai dan manfaat terhadap perusahaan.

Contoh aset tidak berwujud: hak paten, hak guna bangunan, hak sewa, hak cipta dan lainnya.

  • Investasi Jangka Panjang

Salah satu tujuan berinvestasi adalah untuk mendapatkan suatu pendapatan yang tetap dalam setiap periode.  Karena itu investasi jangka panjang adalah salah satu tujuan bagi sebagian orang. Investasi jangka panjang ini digunakan oleh para perusahaan baik itu di masa sekarang maupun masa sebelumnya.

Contoh aset investasi jangka panjang: misalkan perusahaan A melakukan investasi di perusahaan B. maka nantinya perusahaan A ini harus mencatat aset yang berupa investasi tersebut dalam neraca.

Baca juga: Persiapkan Investasi Jangka Panjang Dengan 5 Investasi Ini!

Itulah macam macam aset yang berkembang di Indonesia. Setelah tahu mengenai aset aset tersebut, kamu perlu mulai mengelola aset dengan lebih baik. Ingat! Aset merupakan sumber yang bisa dimaksimalkan dan memberi manfaat pada hari tua kamu. Untuk manajemen, nilai aset dapat menjadi nilai ukur baiknya pengelolaan keuangan perusahaan. Dengan penggunaan aset pada perusahaan tentu ini dapat menjadi daya ukur sebuah perusahaan apakah lebih baik atau tidak, sehingga disini manajemen perusahaan tersebut dapat membuat keputusan untuk mempertahankan atau meningkatkan asetnya.

Tingkatkan Asetmu di Akseleran Sekarang!

Untuk kamu yang ingin mengembangkan aset milikmu, kamu bisa memiliki Aset bersama Akseleran. Karena Akseleran dapat membantu kamu melakukan pendanaan kepada para UKM yang membutuhkan dana pinjaman, kamu sebagai pendana bisa membantu memberikan dana mulai dari Rp 100 ribu saja. Pendanaan tersebut dapat menjadi aset milikmu karena akan memberikan bunga hingga 21% per tahun.

BLOG100

Akseleran Apps

Tidak perlu lagi khawatir aset kamu aman atau tidak, karena di Akseleran lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here