5 Hal Untuk Persiapan Ramadhan Kamu Tahun Ini!

0
2092
Persiapan Ramadhan

Persiapan Ramadhan – Bulan ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan juga bulan penuh ampunan. Di Indonesia sendiri datangnya ramadhan selalu ditunggu khususnya oleh umat muslim, mengingat di bulan ini mereka berlomba-lomba untuk memperbanyak ibadah dan melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat saat berpuasa. Ramadhan juga menjadi waktu terbaik untuk berkumpul bersama keluarga.

Karena sesaat lagi memasuki bulan ramadhan, jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai hal di bulan ramadhan agar kita siap menjalani bulan tersebut dengan lebih baik. Hal yang dapat kamu persiapkan juga beragam mulai dari mempersiapkan niat, fisik dan tentunya kondisi keuangan yang kita miliki. Tapi selain hal-hal tersebut, 7 hal ini juga perlu dipersiapkan sedini mungkin, yaitu:

  • Perkuat Niat

Hal yang perlu kamu persiapkan yang utama adalah niat. Karena di bulan ramadhan kita perlu menahan segala hal seperti lapar, haus, emosi dan sebagainya, apabila kita tidak memiliki niat yang kuat, maka akan sulit dalam menahan itu semua.

  • Perbaiki Fisik & Psikis

Untuk menjaga tubuh kamu agar tetap sehat dan fit selama kurang lebih 13 jam, kamu perlu memperbaiki fisik & psikis kamu. Semua itu bisa kamu perbaiki dengan cara memakan makanan yang bernutrisi baik serta melakukan hal-hal yang menyenangkan pikiran, karena dengan begitu kamu tetap dapat menjalani puasa dengan lebih baik dan tetap fit sepanjang waktu berpuasa.

  • Anggarkan Dana

Saat bulan ramadhan tentu akan banyak pengeluaran baik itu untuk kebutuhan ramadhan atau untuk kebutuhan setelahnya, kebutuhannya juga bisa seperti zakat dan sedekah, makanan untuk berbuka dan sahur, acara berbuka bersama, dana untuk mudik dan sebagainya. Karena itu semua hal ini perlu kamu persiapkan secara matang.

untuk kegiatan seperti mudik atau pulang kampung, kegiatan seperti ini tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit, karena anggaran mudik biasanya dibagi menjadi dua bagian yaitu biaya mudik dan biaya saat menghabiskan waktu mudik di kampung halaman.

  • Menabung atau Berinvestasi

Perlu diingat bahwa setiap datangnya bulan ramadhan harga kebutuhan pokok di pasaran mengalami kenaikan yang cukup drastis, inilah mengapa kita perlu mempersiapkannya sejak awal. Oleh karena itu, kamu dapat mempersiapkannya dengan menabung atau berinvestasi. Kamu dapat memulainya dengan nominal kecil secara bertahap.

  • Hitung Dana Dengan Tepat

Setelah menabung atau melakukan investasi sebagai persiapan untuk kebutuhan bulan ramadhan, langkah selanjutnya adalah menghitung berbagai pengeluaran dengan baik. Buatlah list apa saja yang kamu perlukan seperti makanan, minuman, perlengkapan ibadah ataupun kebutuhan lainnya di bulan ramadhan.

Lakukan hal tersebut setidaknya satu minggu sekali. Dari hasil yang kamu lakukan satu minggu sekali, cek kembali total kebutuhan mingguan tersebut. Selanjutnya, pilihlah mana barang yang perlu dan tidak perlu agar anggaran dana yang sudah kamu persiapkan lebih efektif. Apabila ada sisa dana dari total yang sudah kamu hitung maka bisa kamu alokasikan kembali dananya ke dalam anggaran dana untuk kebutuhan lebaran.

Mulai Persiapan Ramadhan Kamu Dengan Lebih Baik Bersama Akseleran!

Persiapkan lima langkah di atas untuk melancarkan hari-hari kamu dalam persiapan ramadhan tahun ini. Dengan melakukan niatan diatas kamu akan menikmati momen idul fitri dengan lebih baik.

Jika kamu ingin menabung, Akseleran sebagai platform P2P Lending yang mudah, aman dan menguntungkan dapat membantu kamu sekaligus membantu para UKM yang membutuhkan dana. Di Akseleran kamu dapat membantu para UKM dengan melakukan pendanaan untuk pengembangan usaha mereka, selain itu kamu juga akan mendapatkan bunga hingga 21% per tahun dari pendanaan yang kamu lakukan.

BLOG100Akseleran AppsYuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here