Maknai Hari Pendidikan Nasional Bersama Akseleran!

0
1862
Hari Pendidikan Nasional

Pendidikan merupakan tonggak penting untuk memajukan suatu negara, apabila negara memiliki sumber daya manusia yang baik dari segi pendidikan maka mereka dapat membuat suatu negara lebih maju. Di Indonesia setiap tanggal 2 Mei diperingati hari pendidikan nasional. Hari pendidikan nasional sendiri diperingati untuk mengenang jasa dari pahlawan Indonesia yang membantu berkembangnya pendidikan di Indonesia dahulu yaitu Ki Hadjar Dewantara.

Namun, seiring perkembangan zaman justru hari pendidikan nasional ini kurang mendapat perhatian khusus dan banyak yang tidak memaknai hari tersebut. Untuk mengingat kembali sejarah hari pendidikan nasional sekaligus jasa-jasa dari Ki Hadjar Dewantara, maka kita akan bahas mengenai sejarah dari hari pendidikan nasional.

Awal Mula Hari Pendidikan Nasional!

2 Mei 1889 Ki Hadjar Dewantara lahir di Yogyakarta. Beliau adalah seorang pahlawan yang membantu tumbuhnya perkembangan pendidikan di Indonesia sampai hari ini, beliau juga dianugerahi gelar bapak pendidikan nasional di tahun 1959. Tapi mengapa Ki Hadjar Dewantara sampai dapat dikatakan sebagai orang yang berjasa untuk pendidikan di Indonesia? Yuk! Kita bahas perjalanan hidup beliau sampai akhirnya dinobatkan sebagai Bapak Pendidikan Indonesia.

Awalnya beliau mendirikan sebuah perguruan Taman Siswa dimana taman tersebut memberikan kesempatan untuk penduduk pribumi agar tetap mendapatkan pendidikan yang sama dengan mereka yang memiliki kasta yang lebih tinggi. Karena, pada zaman tersebut pendidikan adalah hal yang sangat sulit didapatkan dan hanya beberapa dari mereka yang beruntung dan terpandang dapat mengenyam pendidikan. Taman Siswa tersebut didirikan pada tanggal 3 Juli 1922, sejak saat itu juga konsep pendidikan nasional di Indonesia mulai terbentuk.

Saat kabinet pertama Republik Indonesia, beliau menjadi Menteri Pendidikan dan beliau juga mendapat anugerah gelar Doktor kehormatan Doctor Honoris Causa, dari Universitas Gadjah Mada di tahun 1957. “Tut Wuri Handayani” merupakan salah satu karya darinya yang memiliki arti “di belakang memberikan dorongan” makna dari kalimat ini adalah mendukung pendidikan serta menjadi landasan dalam rangka memajukan pendidikan di tanah air.

Makna Dari Hari Pendidikan Nasional!

Pada tanggal 2 Mei biasanya sekolah-sekolah atau institusi pendidikan di Indonesia mengadakan upacara untuk mengenang para pahlawan yang sudah berjuang untuk kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Dengan adanya hal tersebut diharapkan mereka dapat lebih memaknai arti dari perjuangan pahlawan terdahulu dan lebih menghargai pendidikan dengan menimba ilmu sebaik-baiknya.

Memaknai Hari Pendidikan Nasional tidak hanya dilakukan di sekolah oleh para guru, tetapi di rumah pun orang tua dapat membantu perkembangannya. Salah satu contoh paling mudahnya adalah para orang tua dapat memberikan contoh dan perilaku serta norma-norma dalam pendidikan dasarnya. Karenanya, dengan memiliki pengetahuan mengenai sejarah dari pendidikan nasional generasi milenial sekarang juga dapat lebih menghargai serta mengingat perjuangan dalam memajukan pendidikan di Indonesia dahulu.

Tetapi pendidikan nasional di Indonesia ini masih memiliki banyak celah yang perlu dibenahi, salah satunya pendidikan yang terkait dengan finansial. Apabila kita ingin terus mengembangkan pendidikan nasional di berbagai aspek, nah aspek yang satu ini perlu dibenahi secara bertahap.

BLOG100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here