Apa itu Canva? Temukan Fitur Menarik dan Contohnya

0
440
apa itu canva

Dengan kemajuan teknologi saat ini, pertanyaan mengenai “Apa itu Canva?” mungkin sudah sangat jarang terdengar, terutama bagi penggemar desain.

Meskipun demikian, masih cukup banyak orang yang belum terlalu paham mengenai berbagai fitur hingga kegunaan Canva untuk kebutuhan berbagai jenis desain.

Tidak masalah jika Anda belum terlalu kenal dengan salah satu website yang telah memenangkan berbagai penghargaan dunia ini, karena di dalam artikel ini semua pertanyaan untuk para pemula sudah tersaji lengkap!

Apa itu Canva?

Sederhananya, pengertian Canva adalah suatu platform dalam bentuk website ataupun aplikasi yang bisa Anda pakai untuk mendesain berbagai konten visual untuk keperluan bisnis, pribadi, dan sebagainya.

Jika ditelisik lebih jauh, berbagai fitur Canva dan fungsinya memang sangat ramah untuk pemula. Oleh karena itu, pertanyaan mengenai apa itu Canva menjadi kata kunci yang banyak dipakai pemula.

Tidak perlu kemampuan desain profesional untuk menggunakan layanan platform ini, karena banyaknya template yang tersedia. User Interface-nya juga relatif lebih ramah pengguna, sehingga tidak butuh waktu lama untuk menguasainya.

Sejak peluncurannya pada tahun 2013, setiap bulannya lebih dari seratus juta pengguna aktif telah menggunakan layanannya. Yang lebih menakjubkan, setidaknya sudah lebih dari 13 miliar desain berhasil tercipta dari layanan tersebut.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika platform ini mendapatkan banyak penghargaan dunia. Beberapa penghargaan terkini antara lain [1] :

  • 2022 Winner pada Accessibility Award (kategori Smartling)
  • 2022 Most Innovative Companies oleh Fast Company
  • 2022 Disruptor List 50 oleh CNBC Disruptor 50
  • 2020 Winner pada Good Design Award  (Canva Video)

Fitur-Fitur Canva

apa itu canva

Berbagai fitur yang tersedia pada platform ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas dalam kebutuhan desain demi berbagai tujuan, sehingga tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan lainnya.

Pernyataan tersebut terbukti dari efektivitas penggunaan Canva sebagai penunjang media pembelajaran maupun mempermudah pengguna untuk membuat berbagai desain grafis agar menghasilkan konten yang kreatif. [2] [3]

Nah, beberapa fitur yang penunjang yang dapat Anda manfaatkan melalui Canva di antaranya adalah:

1.   Ada 750 Ribu Lebih Template

Salah satu hal yang dibanggakan Canva adalah jumlah template-nya yang lebih dari 750 ribu dan masih terus bertambah setiap harinya pada berbagai kategori.

Hal yang paling menyenangkan adalah semua template tersebut dapat diedit sesuai dengan kebutuhan, sehingga hasil desainnya lebih unik.

2.   Tersedia Lebih Dari 900 Ilustrasi dan Ikon

Untuk mempercantik dan menambah kesan profesional pada desain Anda, tersedia lebih dari 900 ilustrasi dan ikon, baik itu berbentuk 3D ataupun animasi.

3.   Kustomisasi Teks

Selain memanfaatkan platform ini untuk melakukan desain dan editing, Anda juga bisa menggunakannya untuk merancang dokumen ataupun file berbentuk teks. Pada menu Text yang ada di sebelah kiri laman penyuntingan, terdapat banyak pilihan font, ukuran, warna, serta efek menarik.

4.   PDF Editor

File PDF yang Anda miliki dapat di-import ke dalam halaman kerja dan diedit sesuai kebutuhan, karena setiap elemen di dalam file tersebut akan berubah menjadi editable.

Jika sudah selesai, pengguna pun bisa mengunduhnya kembali menjadi file PDF ataupun format lain, seperti SVG dan PPT.

5.   Canva Live

Seperti penjelasan sebelumnya, Canva bisa menjadi salah satu media pembelajaran bagi siswa.

Hal tersebut memungkinkan karena adanya fitur Canva Live, sehingga bisa melakukan presentasi langsung di platform ini, tanpa perlu menggunakan penyedia conference lainnya.

Interaksi dengan audiens juga akan lebih menyenangkan karena mereka bisa menggunakan menu pertanyaan, komentar, ataupun sekadar reaksi ketika presentasi berlangsung.

6.   Memori Penyimpanan Sebesar 5 GB

Pengguna yang sudah memiliki akun, secara otomatis akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebanyak 5 GB secara gratis.

Meskipun hanya memiliki akun biasa, Anda tetap bisa menyimpan banyak projekeditan. Jika terasa kurang, maka sebaiknya langsung mengunduh file setelah pengeditan selesai agar kapasitas penyimpanannya tetap terjaga.

7.   Canva Teams

Apabila hendak mengerjakan tugas kelompok, maka fitur Canva Teams akan sangat membantu agar komunikasi dengan setiap anggota berjalan maksimal. Anda cukup mengundang anggota kelompok dan memberikan izin di dalam halaman editor.

8.   Pengeditan Foto

Pengguna juga bisa memanfaatkan platform ini untuk mengedit foto. Beberapa menu yang tersedia pada fitur ini adalah filter, grid, serta menambahkan efek frame seperti pigura foto.

Cara Menggunakan Canva Bagi Pemula

apa itu canva

Setelah paham mengenai apa itu Canva, maka Cara menggunakan Canva di Android, iOS, maupun melalui website yang dapat Anda ikuti antara lain:

1.   Mendaftarkan Akun

Jika belum pernah menggunakan platform ini, maka silakan melakukan pendaftaran atau Sign Up terlebih dahulu menggunakan email atau Facebook dengan cara:

  • Bukalah website Canva (canva.com) ataupun melalui aplikasi dan klik menu Sign Up di pojok kanan atas
  • Setelah itu pilihlah metode pendaftaran, baik menggunakan Facebook, email, ataupun Gmail
  • Isi data diri dan buat kata kunci, lalu klik Get Started
  • Lakukan verifikasi menggunakan kode yang telah dikirimkan ke email Anda
  • Jika sudah, maka Anda akan diarahkan ke halaman utama website atau aplikasi dan bisa langsung eksplorasi berbagai fitur yang tersedia

2.   Menggunakan Canva Sesuai Kebutuhan

Terdapat dua cara umum untuk menggunakan layanan ini, yaitu memanfaatkan template atau membuat desain sendiri menggunakan kanvas kosong.

Jika ingin memakai template, silakan pilih menu Template di sebelah kiri halaman utama. Sedangkan untuk desain sendiri, bisa langsung memilih menu Create a Design yang ada di pojok kanan atas.

Selain itu juga sudah ada template layout untuk berbagai kebutuhan, seperti poster, sertifikat, CV, dan sebagainya.

3.   Mulai Membuat Desain

Di menu pengeditan tersedia beberapa fitur, seperti elemen, upload, text, draw, serta audio. Silakan pilih saja sesuai kebutuhan.

4.   Unduh Desain

Apabila sudah selesai, Anda bisa mengunduh desain tersebut dengan cara:

  • klik Share di pojok kanan atas dan pilih Download
  •  Setelah itu tentukan jenis file, kemudian klik Download

Contoh Desain Menggunakan Canva

apa itu canva

Beberapa contoh desain grafis Canva yang bisa Anda jadikan referensi ketika mendesain sendiri adalah:

1.   Poster

apa itu canva

2.   Sertifikat

apa itu canva

3.   Undangan

apa itu canva

4.   CV

apa itu canva

5.   Postingan Media Sosial

apa itu canva

6.   Banner

apa itu canva

Kesimpulan

Canva merupakan sebuah platform pengeditan yang memudahkan penggunanya untuk membuat berbagai desain, seperti poster, banner, postingan media sosial, undangan dan sebagainya.

Terdapat banyak pilihan fitur yang mempermudah pengguna untuk membuat desain menarik dan lebih otentik. Beberapa di antaranya template, ilustrasi, kustomisasi teks, layout, Canva Live, hingga mempermudah kolaborasi tim.

Setelah mengetahui pertanyaan mengenai “apa itu Canva?” hingga cara menggunakannya telah terjawab, sudah siapkah untuk mulai menciptakan desain kreatif dan untuk Anda sendiri?

Dukung Pertumbuhan UMKM dan Bangkitkan Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan di Akseleran!

Akseleran memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin membantu mengembangkan bisnis kecil dan menengah di Indonesia. Dapatkan keuntungan dari suku bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan serta perlindungan proteksi asuransi 99% terhadap pinjaman. Gunakan kode promo BLOG50 saat mendaftar dan mulailah pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Selain itu, kamu juga bisa melihat info Akseleran sebagai grup usaha di halaman Grup Akseleran.

New-BLOG50-banner