Keuntungan Menggunakan e-Meterai, Terutama untuk Invoice Bisnis

0
404
Akseleran_Article_Featured_Image_1366x768_keuntungan_ematerai

sumber gambar featured image: JotForm

Tidak hanya memberikan kemudahan dalam membubuhkan meterai pada dokumen elektronik, penggunaan e-Meterai juga memberikan keuntungan tersendiri, termasuk untuk invoice bisnis. Apalagi, untuk nilai transaksi di atas Rp 5 juta diwajibkan pakai e-Meterai, lho.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Undang Undang Nomor 10 Tahun 2020 tentang Bea Materai. Sebelumnya, pemerintah memberlakukan materai pada dua jenis, yaitu materai 3 ribu dan 6 ribu, tetapi dengan adanya kebijakan terbaru, maka kedua jenis materai tersebut dinyatakan tidak berlaku dan digantikan oleh materai 10 ribu.

Namun, tidak perlu khawatir, kini sudah ada aplikasi invoice yang bekerja sama dengan salah satu distributor e-Meterai, lho. Jadi, kamu bisa langsung dengan mudah membeli dan membubuhkannya dalam invoice yang sudah kamu buat hanya dalam satu sistem.

Berikut beragam keuntungan dari penggunaan e-Meterai, termasuk untuk invoice. Penasaran apa saja? Simak langsung di bawah!

4 Keuntungan Menggunakan e-Meterai

1. Meminimalisir Pemalsuan

Jangan khawatir soal pemalsuan dokumen atau invoice, terlebih meterai elektronik dipastikan memiliki unsur pengaman yang tersemat di dalam, yaitu signature X.509 SHA 512. Selain itu, setiap meterai elektronik juga punya desain yang berbeda-beda dan dibuatkan barcode unik masing-masing.

Terlebih juga, e-Meterai juga bisa dibaca menggunakan aplikasi dan punya fitur validasi berupa pembuktian secara forensik untuk menjaga meterai dari tindakan kecurangan. Jadi, meminimalisir terjadinya pemalsuan meterai yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Berikut ini ciri-ciri e-Meterai asli:

2. Lebih Hemat Biaya

Penggunaan e-Meterai tidak hanya memberikan efisiensi saja, tetapi juga kamu berpeluang untuk lebih hemat dalam mengeluarkan biaya. Secara digital, artinya kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk kebutuhan mencetak, mengirim, dan menyimpan invoice fisik.

Hasil penghematan ini bisa kamu alokasikan kembali ke kebutuhan yang paling membutuhkan di sektor lainnya. Atau mungkin, bisa digunakan untuk investasi dalam inisiatif-inisiatif pengembangan bisnis lebih lanjut, seperti peningkatan teknologi atau pelatihan karyawan.

Selain itu, dengan tidak perlunya mengantarkan invoice secara fisik, kamu juga bisa mengurangi kemungkinan kehilangan atau kerusakan dokumen yang mungkin terjadi selama proses pengiriman. Jika dokumen hilang, tentunya akan ada lagi biaya yang harus kamu keluarkan.

3. Operasional Bisnis Jadi Lebih Efisien

Dengan adanya sistem digital, proses penerapan atau pembubuhan meterai pada invoice bisa dengan cepat dan otomatis. Ini tidak hanya menghemat waktu, melainkan bisa juga mengurangi kesalahan manusia (human error) yang bisa saja muncul jika dilakukan dalam proses manual.

Bayangkan saja jika kamu masih melakukan pembubuhan meterai secara manual, berapa lama waktu yang akan terbuang hanya untuk membeli meterai fisik atau sekadar menempelkan meterai ke invoice dengan cara satu per satu? Rumit sekali kan?

Nah, dengan kamu mengadopsi e-Meterai, bukan hanya mempercepat proses administrasi, melainkan juga membuka jalan menuju transformasi ke era bisnis tanpa kertas. Ini artinya, kamu juga dapat ikut serta dalam kontribusi menjaga lingkungan.

4. Ramah Lingkungan Karena Tidak Memerlukan Kertas dan Tinta

Penggunaan e-Meterai tidak memerlukan lagi kertas dan tinta yang biasanya digunakan untuk mencetak invoice. Hal ini membuat meterai elektronik lebih ramah lingkungan karena tidak perlu lagi memerlukan bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan dalam proses produksinya.

Dilansir dari World Wide Fund for Nature (WWF) via W4C, sebesar 30-40% dari semua kayu industri global digunakan untuk memenuhi permintaan produk berbasis kertas, seperti kertas katalog kantor, buku, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu membantu mengurangi penggunaan dan ikut serta melestarikan pepohonan.

Baca juga: Ini Komponen Surat Perjanjian Jual Beli yang Penting

Nah, demikianlah keuntungan menggunakan e-Meterai, terutama dalam konteks pengelolaan invoice bisnis. Dengan memahami potensi yang ditawarkan, kamu bisa mengambil langkah strategis untuk meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan sumber daya, dan menjadi lebih adaptif.

Penggunaan meterai elektronik juga, bukan hanya sekedar adaptasi terhadap kemajuan teknologi, melainkan menjadi bentuk investasi cerdas yang bisa membantu bisnis kamu bertransformasi menuju masa depan digital. So, sudahkah bisnis kamu memakai meterai digital?

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Akseleran