6 Tahapan Mudah Untuk Pengelolaan Keuangan!

14
35333
Pengelolaan Keuangan

Semua orang tentu memiliki keinginan untuk sukses dalam pengelolaan keuangan pribadinya, tetapi permasalahannya tidak semua dari mereka yang tahu bagaimana cara mengelola keuangan pribadi yang baik dan benar. Tujuan mengelola keuangan pribadi juga agar dapat meminimalisir adanya masalah ekonomi di masa depan. Karena itu, dengan mengelola keuangan secara baik, maka kita juga akan dengan mudah mencapai kesuksesan di masa depan.

Ingat! Mengelola uang tidak bisa dilakukan sembarangan, tentu memerlukan beberapa tahapan agar dapat mencapai tujuannya. Karena itu ini beberapa tahapan dalam pengelolaan keuangan:

Tahapan Pengelolaan Keuangan Untuk Mendapatkan Keuangan Yang Sukses di Masa Depan!

  • Pencatatan Aset/Harta Yang Dimiliki

Untuk kamu yang memiliki aset/harta kamu perlu mencatat aset-aset tersebut baik itu aset yang bersifat produktif maupun aset konsumtif. Aset ini terbagi menjadi 2 yaitu aset produktif dan aset konsumtif.

  1. Aset produktif adalah suatu aset yang dapat memberikan keuntungan pada saat aset tersebut dijual kembali, karena nilainya relatif meningkat. Contoh aset produktif: tabungan dan rumah.
  2. Aset konsumtif adalah aset yang tidak memberikan keuntungan, artinya ketika dijual kembali nilainya relatif akan turun. Contoh aset konsumtif: gadget dan perlengkapan rumah tangga.
  • Mencatat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

Pastikan untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran kamu. Karena ini penting, selain kamu memiliki rekapan arus kas keuangan kamu, kamu juga dapat menganalisa keuangan yang telah kamu keluarkan. Contoh, di hari ini kamu sudah mengeluarkan uang untuk naik ojek online dan di hari yang sama juga kamu mendapatkan gaji bulanan. Dengan pencatatan rutin, kamu dapat menganalisa komponen pengeluaran sekaligus pemasukan terbesarmu dan tentunya cari celah untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu, ditambah melihat adanya peluang pemasukan tambahan.

Pengelolaan Keuangan

  • Memperhatikan Pengeluaran Rutin

Ini juga merupakan tahapan yang penting untuk kamu perhatikan dalam pengelolaan keuangan, apabila kamu sudah melakukan pencatatan dari pemasukan dan pengeluaran tentu kamu juga perlu memperhatikan hal ini terutama memperhatikan pengeluaran rutinnya. Tahapan ini diperlukan agar kita bisa merencanakan kembali dan melakukan pemetaan terhadap pengeluaran, apakah pengeluaran kita itu sifatnya rutin bulanan atau tahunan.

  • Menyusun Budgeting

Berbicara mengenai mengelola keuangan tidak akan lepas dari menyusun budgetingnya, karena itu perhatikan terlebih dahulu hal-hal dibawah ini dalam menyusun budgeting

  1. Membedakan mana kebutuhan mana keinginan
  2. Pilih mana yang menjadi prioritas kebutuhan
  • Merencanakan Program Untuk Masa Depan

Untuk dapat mengelola keuangan agar lebih baik, rencanakan keperluan jangka panjangmu juga dengan lebih baik. Saat merencanakan program untuk masa depan ini kamu perlu memperkirakan target periode dan dana yang dibutuhkan. Setelah itu tentukan target dana yang perlu disisihkan setiap bulannya.

  • Menabung Secara Periodik Untuk Masa Depan

Persiapkan dana untuk masa depan. Kamu bisa mempersiapkan masa depan kamu dengan menabung ataupun berinvestasi, kamu juga bisa mempersiapkan berapa dana yang dapat disisihkan. Jika kamu memilih untuk menabung, maka kamu tidak akan mendapatkan bunga dari tabungan yang kamu lakukan. Apabila kamu memilih investasi, maka kamu bisa mendapatkan bunga atas investasi yang kamu lakukan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 12% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].

14 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here