Pahami 4 Hal Ini Dalam Portofolio Investasi!

10
21518
Portofolio Investasi

Dalam memulai suatu investasi, beberapa dari kalian mungkin sering mendengar portofolio investasi. Portofolio ini adalah aspek yang cukup penting dalam investasi, karena portofolio ini menentukan bunga yang kamu inginkan agar investasi lebih optimal. Dalam portofolio investasi terdapat tiga faktor utama yaitu modal, tujuan dan risiko.

Portofolio dapat dikatakan sebagai suatu kumpulan aset investasi yang bisa berupa saham, emas, deposito, obligasi, properti, dan instrumen lainnya. Selain itu ada lagi yang disebut manajemen portofolio, yaitu cara mengelola kumpulan aset untuk mencapai tujuan investasi. Tujuan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan risiko seminim mungkin. Karena itu, agar risiko investasi dapat ditekan kamu juga bisa menggunakan diversifikasi investasi dari salah satu teori portofolio.

Pembentukan Portofolio Investasi

Untuk melakukan diversifikasi investasi ke dalam bentuk portofolio, tidak dapat langsung menanamkan investasi ke beberapa instrumen investasi yang berbeda. Tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar instrumen investasi yang dijadikan portofolio investasi dapat menghasilkan bunga yang maksimal. Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  • Modal (Capital)

Besar kecilnya modal yang kamu miliki tentu akan berpengaruh terhadap portofolio investasi yang diambil. Semakin kecil modal maka tentunya akan semakin kecil juga kesempatan untuk melakukan mendiversifikasikan investasimu. Selain itu, terdapat batasan dalam pembuatan portofolio sesuai dengan dana yang dimiliki.

  • Tujuan (Objective)

Tujuan melakukan investasi, tujuan memiliki properti, tujuan mempunyai saham dan tujuan membeli obligasi. Dengan berbagai macam tujuan yang berbeda tentu akan menghasilkan portofolio yang berbeda pula. Seperti jika kalian ingin mendapatkan yield investasi tentu akan berbeda secara struktur portofolionya dengan yang bertujuan untuk mendapatkan capital gain.

  • Waktu

Dengan waktu, kamu dapat menentukan berapa lama kamu akan mendapatkan keuntungan dari investasi yang akan kamu lakukan. Apakah pilihan waktu investasi jangka pendek atau pun jangka panjang.

  • Profil Risiko

Secara umum, setidaknya terdapat 3 jenis karakter investor dalam melakukan investasi yaitu moderat, konservatif dan agresif. Ketiga jenis ini memiliki kaitannya dengan profil risiko.

Untuk investor moderat ini merupakan investor yang memiliki toleransi terhadap risiko yang lebih tinggi asalkan keuntungan yang didapat sepadan dan sesuai dengan risikonya. Untuk konservatif biasanya akan berinvestasi dalam instrumen investasi yang pengembaliannya memiliki jangka panjang. Sementara untuk tipe agresif biasanya mereka lebih menyukai tantangan dan menyukai spekulasi mengenai investasi yang memiliki risiko yang tinggi.

Jika kamu sudah memahami 3 jenis karakter investor, maka portofolio yang dibuat akan berorientasi pada kepentingan investor dan sesuai yang kamu inginkan.

Evaluasi Kinerja Portofolio Investasi

Mengevaluasi kinerja portofolio perlu dilakukan untuk melihat apakah portofolio yang kita miliki sudah berjalan sesuai dengan rencana, apakah sudah maksimal atau apakah sudah memberikan keuntungan yang diharapkan?

Setidaknya dengan melakukan evaluasi pada portofolio investasi milikmu kamu akan mendapatkan 3 hal ini:

  1. Untuk menganalisa apakah portofolio milikmu telah berjalan sesuai harapan kamu atau tidak
  2. Untuk dapat mengetahui instrumen investasi mana dalam portofolio milikmu yang memiliki kinerja baik atau tidak
  3. Merevisi investasi dalam portofolio yang berjalan tidak sesuai harapan

Pengetahuan mengenai portofolio investasi ini merupakan hal wajib yang dimiliki para investor atau calon investor baru mengingat banyaknya jenis investasi yang ada. Diharapkan dengan memahami portofolio investasi para investor di indonesia bisa memaksimalkan investasinya dengan berbagai alternatif jenis instrumen investasi.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

10 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here