Lebih Jauh Mengenal Reksadana Campuran

1
348
Reksadana Campuran

Reksadana Campuran – Untuk mereka yang baru ingin memulai sebuah investasi tentunya membutuhkan perbandingan ataupun informasi terkait produk-produk investasi yang ada. Nah, untuk para pemula tentunya ingin mencari suatu produk investasi yang aman serta tidak terlalu sulit. Maka, reksadana adalah salah satu pilihannya.

Wajar, jika reksadana menjadi salah satu opsi untuk mereka yang terbilang baru dalam dunia investasi. Reksadana ini memang diibaratkan sebagai suatu wadah yang di dalamnya berisi uang dari pemodal, yang kemudian akan dikelola atau diinvestasikan oleh seorang manajer investasi ke beberapa portofolio investasi yang ada. 

Lebih Jauh Mengenal Reksadana

Apabila kamu melakukan investasi reksadana, seperti yang sudah dikatakan di atas manajer investasi akan memasukkan ke dalam beberapa portofolio investasi. Portofolio investasi yang dimaksudkan ini bisa berupa pasar uang, obligasi dan saham. 

Pada reksadana sendiri terbagi menjadi 4 masing-masing yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham dan yang terakhir reksadana campuran. Dari keempat jenis reksadana itu beberapa sudah pernah kita bahas, terkecuali reksadana campuran karenanya kita akan membahasnya dengan lengkap di sini.

Reksadana Campuran

Reksadana campuran ini memiliki beberapa komposisi portofolio investasi sebagai berikut yaitu saham, obligasi dan pasar uang. Dimana masing-masing tidak boleh lebih dari 79%, mengapa tidak boleh? Karena apabila reksadana ini mencapai lebih dari 79%, maka akan berubah menjadi reksadana saham ataupun menjadi reksadana pendapatan tetap. 

Sama seperti instrumen investasi lainnya, reksadana campuran memiliki risiko di dalamnya, di bawah ini beberapa risiko yang ada di dalam reksadana campuran.

  • Nilai Pasar yang Berubah

Reksadana campuran ini memiliki komposisi saham di dalamnya, karena itu harga atau Nilai Aktiva Bersih dari reksadana campuran ini tentunya akan mengikuti pasar saham. Apabila harga saham sedang naik, maka nilai dari reksadana campuran ini juga akan ikut naik. Sebaliknya, apabila pasar saham nilainya sedang menurun, maka tentu akan terdampak juga.

Karena itu, pastikan kamu yang ingin mencoba reksadana campuran ini memahami risiko yang satu ini ya.

  • Kinerja Manajer Investasi

Ingat bahwa di dalam investasi reksadana ini memiliki peran yang penting dari seorang manajer investasi. Karenanya, pastikan saat memilih manajer investasi tersebut agar lebih seksama dan tentunya manajer investasi yang bisa memberikan keuntungan yang paling optimal. Kinerja dari seorang manajer investasi ini adalah hal yang paling berpengaruh terhadap jalannya proses investasi yang kamu lakukan.

Baca juga: Cara Memilih Manajer Investasi Reksadana

  • Tidak Ada Jaminan dari Pemerintah

Reksadana ini berbeda dengan surat utang negara yang imbal hasil atau keuntungannya dijamin oleh pemerintah. Apabila ada kerugian, maka yang akan menanggung risiko tersebut adalah pihak pemerintah. Pada reksadana campuran tidak seperti itu.

Reksadana ini memiliki risiko nilai pasar dan juga risiko dari manajer investasi. Sehingga apabila ada kerugian tentunya kita juga yang akan menerima dan merasakannya.

Namun tentunya reksadana campuran ini juga memiliki beberapa keuntungan seperti memiliki imbal hasil atau return yang relatif lebih baik dibandingkan reksadana pendapatan tetap, lalu investasi ini sudah terdiversifikasi dan tentunya reksadana ini juga prosesnya terbilang tidak sulit.

Karena itu bagi kamu yang masih pemula dalam dunia investasi, reksadana campuran ini bisa menjadi salah satu pilihanmu untuk memulai pengembangan dana untuk masa depan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.