Kenalan Lebih Jauh dengan Apa Itu Reksadana Saham

0
567
reksadana saham

Reksadana Saham – Untuk melakukan investasi perlu mengenal terlebih dahulu apa itu investasi dan bagaimana cara kerja dari investasi tersebut. Tanpa mengenalnya mungkin orang enggan memulai investasi yang dipilih. Biasanya, menabung secara konvensional adalah salah satu cara terbaik yang dipilih para pemula untuk menyimpan dana yang telah diperolehnya. 

Dalam dunia investasi terdapat dua jenis investasi yang berkembang yaitu riil dan non riil. Instrumen investasi yang berkembang di Indonesia sendiri banyak macamnya dari Obligasi, Deposito, Reksadana, dan Saham. Mungkin banyak dari kamu yang belum mencoba instrumen investasi yang disebutkan di atas atau bahkan belum mengetahuinya.

Diantara beberapa instrumen investasi yang disebutkan di atas, salah satu yang mungkin banyak orang belum tahu adanya jenis instrumen dalam Reksadana yaitu Reksadana Saham. Namun sebelum membahas apa itu Reksadana Saham kita akan membahasnya terlebih dahulu mengenai Reksadana.

Apa Itu Reksadana?

Reksadana diartikan sebagai wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari para pemberi dana yang nantinya akan diinvestasikan ke dalam portofolio efek oleh seorang manajer investasi. Dalam praktiknya, seorang Manajer Investasi akan bekerja dan didukung oleh tenaga profesional lainnya dalam mengelola dananya.

Sebagai contoh, kamu tidak lagi memerlukan lagi puluhan juta untuk melakukan investasi pada Reksadana. Kamu hanya perlu menaruh sejumlah dana untuk melakukan investasi Reksadana dan memilih jenis dari Reksadana, semua proses pengelolaannya akan dibantu oleh seorang Manajer Investasi.

Menentukan Tujuan Pengembangan Dana

Banyaknya jenis investasi tentu membuat kamu perlu berpikir lebih untuk memastikan tujuan dari investasi yang akan kamu lakukan, lalu menyesuaikan dengan jenis Reksadana yang sesuai.

Jangan lupa untuk menentukan berapa nominal investasi pendanaan dan berapa lama investasi yang dipilih apakah jangka pendek atau jangka panjang. Setelah semuanya sudah dipersiapkan, maka proses selanjutnya tinggal memilih jenis Reksadana yang benar-benar cocok dan sesuai dengan preferensi investasimu. Nah, kali ini kita akan membahas investasi pada Reksadana saham.

Baca juga: Ini 4 Jenis Reksadana Beserta Jangka Waktu dan Risikonya!

Reksadana Saham

Sebelum membahas cara kerja dari investasi pada Reksadana Saham, terlebih dahulu kamu harus mengerti apa itu Reksadana Saham. Jenis Reksadana yang satu ini adalah jenis investasi yang menempatkan investasi ke pembelian saham yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia. Hasil keuntungan yang diperoleh didapat dari kenaikkan harga saham yang dibeli di bursa saham. 

Melakukan investasi pada Reksadana Saham juga akan membuat kamu mendapatkan manfaat seperti:

  • Keuntungan dapat mencapai 15% per tahun
  • Diversifikasi investasi melalui portofolio yang disebar ke berbagai saham
  • Dikelola oleh seorang Manajer Investasi (MI) professional dalam pengelolaan portofolio saham

Namun, dibalik keuntungan dalam melakukan proses investasi pada Reksadana Saham tentu ada juga kekurangannya yang perlu diperhatikan untuk kamu yang ingin memilih Reksadana sebagai instrumen investasimu.

  • Kerugian investasi karena saham nilainya cukup fluktuatif
  • Butuh waktu yang relatif lama dalam proses pencairan
  • Biaya investasi yang cukup tinggi untuk membayar fee Manajer Investasi dan juga untuk membayar penyimpanan (kustodian)

Sudah mulai mengerti bukan apa itu Reksadana atau Reksadana Saham? Dengan perkembangan teknologi sekarang tentu semakin mempermudah para calon pengembang dana untuk mencari mana instrumen pengembangan dana yang cocok dengan preferensinya. Oleh karena itu, sebelum memulai investasi awalmu pastikan mengetahui dulu segala informasi terkait instrumen investasi pilihanmu.

Apapun jenis investasinya, pastikan melakukannya secara konsisten agar mendapatkan hasil yang optimal dalam pengembangan dana yang kamu lakukan.

Coba Juga Pendanaan P2P Lending di Akseleran

Untuk kamu yang baru ingin mengembangkan dana bisa mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran, dengan nominal awal Rp100 ribu saja. Bahkan, khusus untuk kamu pengguna baru dapat menggunakan kode promo BLOG100 untuk mendapatkan dana awal senilai Rp100 ribu yang bisa langsung dikembangkan, sehingga kamu bisa mencoba tanpa harus menggunakan uangmu sendiri.

BLOG100 Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here