Reksadana Saham – Cara Investasi Saham Mudah

11
3042
reksadana saham

Dalam dunia investasi terdapat berbagai jenis investasi yang sedang berkembang. Beberapa instrumen investasi yang berkembang di Indonesia antara lain Obligasi, Deposito, Reksadana, dan Saham. Nah, yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah instrumen investasi reksadana, khususnya reksadana saham.

Secara umum, ada perbedaan antara investasi reksadana dan investasi saham. Nah, reksadana sendiri memiliki berbagai jenis tergantung dari tipe portfolionya. Reksadana saham adalah salah satu jenis reksadana. Reksadana saham dan investasi saham memiliki inti yang sama, hanya caranya saja yang berbeda. Biar kamu tidak bingung, sebelum membahas apa itu Reksadana Saham, kita akan membahasnya terlebih dahulu mengenai Reksadana secara umum.

Apa Itu Reksadana?

Reksadana dapat diartikan sebagai wadah investasi yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari beberapa pemberi dana (investor) yang nantinya akan diinvestasikan ke dalam berbagai portofolio dan dikelola oleh manajer investasi. Dalam praktiknya, Manajer Investasi akan bekerja dan didukung oleh tenaga profesional lainnya dalam mengelola dana yang dikumpulkan tersebut.

Keuntungannya, kamu tidak lagi perlu menaruh modal investasi dalam jumlah besar untuk memulai investasi pada Reksadana, bahkan kamu bisa memulai investasi reksadana mulai dari Rp100 ribu saja. Karena dana yang kamu taruh di reksadana akan dikumpulkan bersama dana dari investor-investor lain.

Reksadana pun memiliki berbagai jenis, biasanya tergantung dari tipe portfolio yang dikelola oleh manajer investasinya. Jika mayoritas portfolionya adalah surat utang atau obligasi, maka reksadana tersebut bisa dibilang reksadana obligasi. Sedangkan jika mayoritas portfolionya adalah saham yang dijual di bursa, maka reksadana tersebut disebut reksadana saham.

Baca juga: Ini 4 Jenis Reksadana Beserta Jangka Waktu dan Risikonya!

Apa itu Reksadana Saham?

Seperti yang disebutkan di atas, reksadana saham adalah jenis reksadana yang menempatkan mayoritas portfolionya dalam bentuk pembelian saham yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia. Hasil keuntungan yang diperoleh didapat dari kenaikan harga saham yang dibeli di bursa saham. 

Kelebihan Reksadana Saham

Melakukan investasi pada Reksadana Saham juga akan membuat kamu mendapatkan manfaat seperti:

  • Keuntungan dapat mencapai 15% per tahun
  • Salah satu cara diversifikasi investasi melalui portofolio yang disebar ke berbagai saham
  • Dikelola oleh seorang Manajer Investasi (MI) professional dalam pengelolaan portofolio saham.
  • Bentuk alternatif jika kamu ingin memulai investasi saham, namun belum memiliki waktu dan pengetahuan yang cukup untuk menganalisis tiap saham perusahaan.

Kekurangan Reksadana Saham

Namun, dibalik keuntungan dalam melakukan proses investasi pada Reksadana Saham tentu ada juga kekurangannya yang perlu diperhatikan untuk kamu yang ingin memilih Reksadana saham sebagai instrumen investasimu.

  • Instrumen saham cenderung fluktuatif dan lebih berisiko dibandingkan instrumen seperti obligasi atau pasar uang.
  • Biasanya bukan untuk investasi jangka pendek, karena keuntungan dari investasi saham biasanya lebih optimal setelah beberapa tahun.
  • Biaya investasi untuk membayar fee Manajer Investasi (expense ratio) dan juga untuk membayar penyimpanan (kustodian).

Membeli Saham Sendiri atau Reksadana Saham?

Dalam berinvestasi saham, kamu bisa melakukan pembelian saham sendiri atau kamu bisa melalui reksadana saham. Kedua cara tersebut memiliki inti yang sama: berinvestasi dalam bursa saham.

Namun ada beberapa investor lebih memilih untuk berinvestasi saham melalui reksadana saham. Hal ini dikarenakan reksadana saham dikelola oleh manajer investasi profesional yang membantu kamu dalam memilih saham-saham yang tepat, sehingga kamu tidak perlu melakukan due diligence tiap saham yang akan kamu beli satu per satu.

Pasalnya, jika kamu ingin berinvestasi saham dengan membeli saham sendiri, kamu harus tahu performa perusahaan yang sahamnya akan kamu beli supaya investasi kamu lebih optimal. Melakukan hal ini tentunya membutuhkan waktu dan pengetahuan yang cukup tentang industri perusahaan yang sahamnya akan kamu beli.

Nah, menurut kamu lebih baik beli saham sendiri atau reksadana saham?

Cara Memulai Reksadana Saham yang Mudah Bagi Pemula?

  • Memilih platform transaksi reksadana. Ada yang berupa website atau aplikasi mobile
  • Mendaftar terlebih dahulu menjadi investor di platform reksadana tersebut
  • Pilih reksadana saham. Kamu bisa menentukan pilihanmu setelah membaca Fund Fact Sheet
  • Beli reksadana saham yang telah kamu pilih. Pembelian bisa melalui transaksi langsung atau dengan deposit dana terlebih dahulu, tergantung dari platformnya.

Ingat! Reksadana merupakan suatu wadah investasi yang dapat diisi dengan berbagai aset keuangan mulai dari deposito atau pasar uang, saham serta obligasi. Jika kamu ingin membeli reksadana saham, pastikan portfolio yang dikelola terdiri dari instrumen saham.

Secara umum, reksadana yang bersifat terbuka dan dapat dibeli kapan saja serta dijual kapan saja.

Coba Juga Pendanaan P2P Lending di Akseleran

Di era digital ini, ada cara lain untuk mengembangkan dana, salah satunya dengan memberikan dana pinjaman. Lho? Memberikan pinjaman kok bisa mengembangkan dana? Melalui platform Peer to peer Lending (P2P Lending), kamu bisa memberikan dana kepada UKM yang membutuhkan pinjaman dan menikmati bunga pinjamannya tersebut. Sehingga dana yang kamu pinjamkan akan kamu terima kembali beserta bunganya.

Untuk kamu yang baru ingin mengembangkan dana bisa mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran yang sudah mendapat izin resmi dari OJK. Kamu bisa mulai dengan nominal awal Rp100 ribu saja.

Bahkan, khusus untuk kamu pengguna baru dapat menggunakan kode promo BLOG100 untuk mendapatkan dana awal senilai Rp100 ribu yang bisa langsung dikembangkan, sehingga kamu bisa mencoba tanpa harus menggunakan uangmu sendiri.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].

11 COMMENTS

  1. […] Reksadana saham adalah pilihan yang paling tepat untuk kamu yang memiliki ketertarikan dalam dunia saham. Investasi ini juga dapat mempermudah kamu untuk mempersiapkan dana pendidikan. bunga dalam reksadana saham juga cukup menjanjikan, karena reksadana saham ini dikenal dengan investasi yang dapat menghasilkan namun dengan risiko yang cukup rendah. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here