Surat Utang Negara: Pengertian, Manfaat, dan Cara Penggunaannya

0
6603
Surat Utang Negara

Berbagai jenis investasi menawarkan keuntungan dan risiko yang berbeda-beda. Tak terkecuali, menggunakan Surat Utang Negara (SUN) sebagai instrumen investasi. SUN merupakan salah satu investasi yang aman untuk dijalankan. Pasalnya, obligasi negara menjadikan negara sebagai jaminan, sedangkan obligasi korporasi rawan terjadi pailit atau tidak mengembalikan dana yang telah diinvestasikan.

Ingin tahu lebih jauh soal SUN? Perhatikan uraian mengenai pengertian, manfaat, beserta cara penggunaannya di bawah ini.

Pengertian dari Surat Utang Negara

SUN merupakan surat berharga dari Negara Republik Indonesia yang berbentuk surat pengakuan utang dalam rupiah maupun valuta asing yang dijamin pembayaran pokok dan bunganya berdasarkan masa berlaku. Surat utang ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu Surat Perbendaharaan Negara (SPN), Obligasi Ritel Indonesia (ORI), serta Obligasi Negara.

Bentuk SUN berupa warkat atau tanpa warkat. Namun, kebanyakan yang telah beredar di pasar berbentuk tanpa warkat atau scripless. Meskipun tanpa warkat, investor tak perlu cemas karena terdapat bukti pembelian berupa invois. Bukti tersebut nantinya dipakai untuk mencairkan dana pokok pada tanggal jatuh tempo.

Terdapat beberapa istilah yang berkaitan dengan SUN, antara lain, jatuh tempo dan kupon atau bunga. Setiap jenis SUN punya masa berlakunya sendiri. Itu berarti pemerintah akan mengembalikan dana pokok investor sesudah mencapai waktu tenggat. Masa berlaku SUN cukup beragam, mulai dari 3 bulan sampai 30 tahun.

Berikutnya, istilah kupon atau bunga merujuk kepada imbalan yang diperoleh investor sebagai pembeli SUN. Kupon nantinya akan dihitung sesuai persentase terhadap jangka waktu setahun serta jumlah pokok utang. Waktu pembayarannya dapat diterapkan secara diskonto atau 3 bulan sekali.

Apa Saja Manfaatnya?

Ada dua kategori manfaat dari SUN, yaitu manfaat penerbitan dan manfaat investasi. Baca uraiannya di bawah ini.

  • Manfaat Penerbitan SUN

SUN sebagai instrumen fiskal yang diharapkan bisa menggali lebih banyak potensi sumber pembiayaan APBN dari para investor pasar modal. Adapun manfaatnya sebagai instrumen investasi yang cenderung bebas risiko dan aman untuk para pelaku bisnis. SUN juga memiliki potensi keuntungan yang cukup menjanjikan di pasar sekunder. Berikutnya, SUN sebagai instrumen pasar keuangan mampu memperkuat kestabilan sistem ekonomi dan menjadi acuan bagi instrumen lain.

  • Manfaat Berinvestasi Menggunakan Surat Utang Negara

Obligasi negara cenderung lebih stabil karena dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah. Pasalnya, dana yang diinvestasikan akan tetap memberikan keuntungan secara rutin. Sebagai catatan bahwa keadaan negara masih baik-baik saja. SUN juga tidak terpengaruh oleh fluktuasi pasar karena memang dibayarkan dengan nilai tetap sesuai jatuh tempo.

Berikutnya, SUN dapat diperjualbelikan di pasar saham sekunder ataupun digadaikan melalui kantor pegadaian. Hal tersebut bisa dilakukan ketika Anda ingin memindahtangankan dan mengakhiri masa kontrak kepada pihak lain. Tak hanya itu, tak perlu khawatir dengan pajak karena jumlahnya relatif lebih kecil dibandingkan deposito.

Tidak mau mengambil risiko tinggi saat berinvestasi dan ingin mendapatkan profit stabil? SUN merupakan salah satu opsi pas. Bunganya cenderung kompetitif karena sistem bagi hasilnya berdasarkan imbal hasil deposito. Setiap seri obligasi memang memberikan besaran kupon yang berbeda, tetapi selalu didasarkan pada suku bunga acuan BI terkini.

Baca juga: 5 Kelebihan P2P Lending Yang Wajib Kamu Tahu!

Bagaimana Cara Pemakaiannya?

Cara menggunakan SUN terbilang mudah dipahami. Saat pemerintah menerbitkan salah satu jenis produk SUN, Anda dapat langsung mengunjungi lembaga keuangan setempat atau sekuritas yang sudah bekerja sama dalam memperdagangkan obligasi. Kalau membelinya melalui perbankan, tinggal datangi staf layanan pelanggan dan katakan bahwa Anda ingin membeli obligasi yang tengah diperjualbelikan.

Setelah menyelesaikan pembelian, simpanlah bukti invois di tempat yang aman. Invois tersebut nantinya akan digunakan saat tiba waktu tenggat pemberian kupon atau bunga. Apabila membutuhkan dana dadakan, SUN dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Pastikan untuk menganalisis fluktuasi harga sehingga Anda mendapatkan keuntungan menjanjikan.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian, manfaat, dan cara penggunaan Surat Utang Negara yang patut Anda pahami. Mau berinvestasi dengan SUN? Pastikan diri sudah memenuhi persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan negara. SUN menjamin keuntungan tetap sehingga Anda tidak perlu terlalu pusing memikirkan strategi investasi yang ruwet. Tetap semangat dan semoga berhasil!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]