6 Contoh Investasi Terbaik di 2020

0
703
Contoh Investasi

Apa harapan kamu pada 2020 ini? Tiap orang pasti ingin menikmati kehidupan yang lebih sejahtera daripada tahun-tahun sebelumnya. Karena itu, berbagai upaya dilakukan untuk mewujudkannya. Salah satunya, dengan lebih bijak mengatur keuangan pribadi maupun keluarga. Bukan hanya menabung, berinvestasi menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk merancang masa depan yang lebih baik.

Berinvestasilah pada instrumen yang tepat menjanjikan keuntungan. Penghasilan tidak lagi terbuang sia-sia karena membeli barang atau membayar sesuatu yang tidak perlu. Selain itu, dengan berinvestasi, kamu juga bakal terhindar dari laju inflasi. 

Nah, ada beberapa contoh investasi terbaik pada 2020 yang bisa kamu coba, di antaranya:

  • Saham

Saham adalah instrumen investasi yang paling populer. Saham diterbitkan dan dijual oleh perusahaan untuk tujuan mendanai aktivitas perusahaan. Saham dibeli oleh orang yang disebut investor. 

Investor yang memiliki saham berpotensi memperoleh keuntungan menarik, yaitu dividen dan capital gain. Meskipun demikian, ada juga risiko berinvestasi saham yaitu capital loss dan risiko likuidasi.

Ada beberapa jenis saham yang bisa dipilih, yaitu saham biasa, saham preferen, saham atas unjuk, saham atas nama, dan sebagainya. Selain itu, ada salah satu jenis saham baru yang diperdagangkan Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu ETF (Exchange Trade Fund). Ini adalah gabungan reksadana terbuka dengan saham. 

  • Obligasi

Obligasi adalah surat pernyataan utang yang dikeluarkan oleh penerbit obligasi terhadap pemegang obligasi. Penerbit obligasi adalah pihak yang memiliki utang, sebaliknya pemegang obligasi merupakan pihak yang memiliki piutang.

Di dalam obligasi ini, tertulis jatuh tempo pembayaran utang dan bunganya. Ini merupakan kewajiban penerbit obligasi kepada pemegang obligasi. Biasanya, jangka waktu obligasi di Indonesia adalah 1 hingga 10 tahun.

Penerbitan obligasi dari pemerintah merupakan upaya untuk mengumpulkan dana dari masyarakat. Perusahaan juga dapat menerbitkan obligasi untuk mendapatkan dana segar.

  • Emas

Contoh investasi lainnya yang bisa kamu pilih pada 2020 adalah emas. Investasi emas bisa dibilang menarik karena harga jual belinya cenderung dinamis mengikuti pasar. Nilai emas tidak tergerus oleh inflasi. Supaya mendapatkan hasil optimal, sebaiknya pilih emas batangan daripada emas perhiasan.

Emas akan lebih menguntungkan jika dijual dalam jangka waktu yang lama. Hal yang perlu kamu perhatikan saat berinvestasi adalah membeli di perusahaan pembuat emas yang kredibel. Biasanya, emas batangan selalu dibekali dengan sertifikat.

Baca juga: Ini Penjelasan Seputar Cara Kerja P2P Lending

  • Deposito

Pilihan investasi lainnya adalah deposito. Kamu bisa memiliki deposito dengan mendaftarkan diri di bank-bank yang menawarkannya. Biasanya, dana awal yang harus disediakan mulai dari Rp8 juta. Jangka waktu deposito mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan.

Keuntungan deposito mungkin tidak sebesar instrumen investasi lain. Namun, risiko investasinya paling kecil. Karena itu, Anda boleh merasa tenang menyimpan uang di deposito. Dibandingkan dengan menyimpan di tabungan biasa, bunga yang akan diterima lebih besar. 

  • Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang cenderung masih baru, misalnya bitcoin. Namun, perkembangannya sangat pesat dan menggiurkan. Dalam jangka waktu yang singkat, nilai investasinya bisa dibilang luar biasa.

Namun, mata uang digital tidak memiliki bentuk fisik. Transaksinya pun dilakukan secara virtual. Ketika berinvestasi di cryptocurrency, kamu harus pandai membaca sentimen pasar. Jika negatif, nilainya akan menjadi kecil.

  • Reksadana

Kamu bisa memanfaatkan reksadana untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak dari modal investasi. Ada banyak pilihan reksadana yang tersedia. Kamu bisa meminta manajer investasi untuk menyalurkan sesuai pilihan. Untuk mendapatkan keuntungan besar dari reksadana, kamu harus pandai menganalisis pasar sehingga bisa mengambil keputusan terbaik.

Nah, inilah beberapa contoh investasi terbaik yang berpotensi menguntungkan jika digarap pada 2020. Bagi kamu yang tertarik, segera sisihkan dana khusus untuk memulai berinvestasi. Meskipun kecil, asalkan konsisten dan dikelola dengan baik, investasi dapat berkembang pesat dan menjadi aset yang berharga. 

Nah, kira-kira apa instrumen investasi pilihanmu di tahun 2020?

Coba Juga Pendanaan P2P Lending dan Dapatkan Bunga Hingga 21% per Tahun!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]