Unsur Serta Jenis Laba yang Perlu Kamu Ketahui!

0
752
Jenis Laba

Jenis Laba – Laba atau yang biasa dikenal sebagai profit merupakan salah satu kegiatan balas jasa yang diterima konsumen dari produsen karena telah mengorbankan tenaga serta pikirannya saat mengelola sebuah perusahaan, sehingga perusahaan tersebut dapat memperoleh laba. Dalam ilmu ekonomi murni laba adalah salah satu cara untuk meningkatkan kekayaan dari para investor sebagai hasil yang dilakukan dari penanaman modal setelah dikurangi biaya kesempatan.

Namun, dalam akuntansi laba adalah suatu selisih dari harga penjualan dan biaya produksi. Biasanya, laba yang diperoleh dari suatu perusahaan akan digunakan untuk menilai keberhasilan suatu manajemen di dalam jalannya sebuah usaha maupun bisnis. 2 indikator dari laba yaitu pendapatan dan biaya.

Unsur-Unsur dalam Laba

Berbicara mengenai perhitungan laba tentu terdapat unsur atau indikator di dalamnya, berikut beberapa unsur laba:

  • Pendapatan

Pendapatan adalah sebuah hasil dari apa yang dikerjakan seseorang. Mudahnya, pendapatan adalah gaji atau hal yang didapatkan setelah kita melakukan pekerjaan atau melakukan suatu bisnis.

  • Beban

Beban adalah hal yang harus dikeluarkan dan dipertanggungjawabkan agar mendapatkan sebuah hasil yang diinginkan. Hal tersebut penting untuk dilakukan untuk mencapai atau mendapatkan laba yang sudah ditargetkan.

  • Biaya

Dalam sebuah bisnis tentu harus ada yang dikorbankan, itulah yang dimaksud dari biaya. Biaya dapat juga diartikan sebagai kas dalam sebuah bisnis. Biaya juga digunakan sebagai sebuah pondasi dalam membangun bisnis dan agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik sehingga menghasilkan keuntungan yang sesuai.

  • Untung Rugi

Bagi orang yang berkecimpung dalam dunia ekonomi untung rugi adalah hal yang wajib dipikirkan sejak awal. Karena itu dalam sebuah bisnis, keuntungan merupakan hal yang paling utama dituju. Sedangkan, kerugian adalah hal yang wajib dihindari oleh mereka agar bisnis dan usahanya terus berjalan lancar.

  • Penghasilan

Penghasilan adalah salah satu hasil akhir dari sebuah usaha maupun bisnis. Penghasilan juga yang digunakan untuk kehidupan pribadi kita atau untuk kembali memutar penghasilan tersebut untuk kebutuhan bisnis. Banyak hal yang dapat meningkatkan penghasilan dalam sebuah bisnis, dari banyaknya cara tersebut tentu akan membuat bisnis dapat memperoleh laba yang tinggi.

Baca juga: 7 Peluang Usaha yang Paling Menjanjikan di 2020

Jenis-Jenis Laba

  • Laba Kotor

Salah satu laba yang didapatkan sebelum dikurangi biaya yang menjadi beban dari perusahaan. Dengan kata lain, laba kotor adalah laba dari keseluruhan pendapatan yang perusahaan dapatkan.

  • Laba Bersih

Laba ini adalah laba yang sudah dikurangi biaya yang merupakan suatu beban perusahaan di dalam suatu periode tertentu termasuk pajak.

  • Laba Bersih Sebelum Pajak

Jenis laba yang ini adalah laba yang telah diperoleh setelah laba usaha ini dikurangi dengan biaya bunga.

  • Laba Usaha “Operasi”

Yang terakhir jenis laba ini adalah bentuk laba kotor yang dikurangi oleh harga pokok penjualan dan biaya-biaya atas usaha.

Karakteristik Laba

  • Laba didasarkan dari suatu transaksi yang benar-benar akan terjadi.
  • Laba juga didasarkan pada postulat periodisasi dimana artinya suatu prestasi perusahaan pada suatu periode tertentu.
  • Laba yang didapatkan ini didasarkan dari prinsip pendapatan dimana memerlukan pemahaman khusus terkait definisi, pengukuran dan pengakuan pendapatan.
  • Laba yang memerlukan pengukuran tentang biaya dalam suatu bentuk biaya historis yang dikeluarkan perusahaan saat akan mendapatkan sebuah pendapat tertentu.
  • Laba yang didasarkan pada sebuah prinsip perbandingan antara pendapatan serta biaya yang relevan dan berkaitan dengan pendapatan tersebut.

Tujuan Laba

  • Untuk membiaya operasional dari jalannya sebuah usaha maupun bisnis agar dapat mencapai laba yang lebih maksimal.
  • Untuk dapat melunasi hutang yang ada.
  • Sebagai cadangan dana dalam kebutuhan investasi maupun pengembangan perusahaan di masa yang akan datang.

Sekarang sudah mengetahui kan mengapa perusahaan harus terus meraih laba? Nah, apabila usaha maupun bisnis yang kamu jalankan belum mendapatkan laba namun ingin mengembangkannya, terlebih dahulu kamu dapat mengajukan pinjaman modal usaha terlebih dahulu untuk pengembangan usahamu.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah berizin resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]