Pengertian Tabungan: Jenis, Manfaat dan Fungsinya!

0
11782
Pengertian Tabungan

Menabung tentu sudah diajarkan dari kita kecil. Dengan menabung banyak manfaat positif yang dapat kita terima mulai dari tidak lagi hidup boros, memiliki banyak simpanan uang dan berbagai manfaat lainnya. Tapi kenyataannya banyak orang yang belum mengetahui secara jelas dari pengertian tabungan itu sendiri. 

Oleh karena itu kita akan membahas dengan lengkap pengertian tabungan beserta manfaat, jenis-jenis dan lainnya:

Pengertian Tabungan

Tabungan adalah suatu simpanan uang yang berasal dari pendapatan yang tidak digunakan untuk keperluan sehari-hari maupun kepentingan lainnya. Simpanan uang dapat digunakan dan diambil kapan saja tanpa terikat oleh perjanjian dan waktu. 

Salah satu tabungan yang paling sering digunakan banyak orang zaman sekarang adalah di Bank. Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh Bank-Bank untuk mereka calon nasabah yang ingin menabung, salah satu kemudahannya adalah dapat menarik tunai secara mandiri melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang disebar oleh Bank tersebut. Ketika menabung di Bank umumnya nasabah akan mendapatkan fasilitas seperti kartu ATM, Buku Tabungan, Mobile Banking serta beberapa layanan lain sesuai dengan kebijakan masing-masing Bank.

Jenis-Jenis Tabungan

Tabungan juga memiliki banyak jenis serta fungsi-fungsi yang berbeda yaitu:

  • Tabungan Konvensional

Tabungan konvensional adalah tabungan yang paling umum dan banyak dimiliki setiap orang. Seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas, bahwa nasabah dari tabungan yang satu ini biasanya diberikan fasilitas buku tabungan, kartu debit dan layanan banking baik itu sms banking, mobile banking atau internet banking.

Untuk tabungan yang konvensional keuntungan atau bunga yang diterima terbilang rendah, karena tujuannya memang hanya untuk menyimpan uang bukan untuk pengembangan dana. Bunga yang dapat diterima 0% hingga 2%.

  • Tabungan Berjangka

Berbeda dengan tabungan konvensional, tabungan yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki tujuan untuk menyimpan uang dan beberapa tujuan lainnya. Seperti untuk liburan atau tujuan lainnya. Bunga dari tabungan berjangka ini relatif lebih baik dibandingkan tabungan konvensional dengan bunga tabungan 3% hingga 7% per tahun.

Hanya, tabungan berjangka hanya dapat diambil sesuai dengan yang telah disepakati. Jika kamu melanggar yang telah disepakati, maka kamu dapat terkena denda atau penalti.

Baca juga: Ini Syarat dan Manfaat dari Melakukan Investasi Deposito Berjangka

  • Tabungan Anak

Tabungan anak ini ditujukan untuk mereka yang ingin mengajarkan anak-anaknya untuk menabung sejak dini. Dari fasilitasnya tidak jauh berbeda dengan tabungan konvensional. Mereka akan diberikan buku tabungan atau beberapa juga kartu debit tergantung kebijakan dari Bank. namun, tentunya tidak terdapat fasilitas banking.

Setoran untuk tabungan ini memang dibuat cukup ringan biasanya mulai dari Rp5.000 hingga Rp20.000. Hal ini agar si kecil dapat mulai menabung sejak dini.

  • Tabungan Mata Uang Asing

Tabungan yang satu ini sering disebut valas (valuta asing), tabungan ini biasanya sering ditemui di perbankan. Mata uang yang sering digunakan dalam tabungan ini seperti dollar, euro, poundsterling dan beberapa mata uang asing lainnya. Namun, untuk kamu yang hanya memiliki rupiah tetap dapat melakukan investasi dengan menukarkan rupiah milikmu dan dikonversikan ke dalam mata uang asing.

Untuk setoran awal dari tabungan ini cukup beragam, hanya saja tabungan ini dapat memberikan keuntungan yang lebih besar karena nilai konversi mata uang asing lebih tinggi dibandingkan rupiah.

  • Tabungan Haji

Tabungan ini sering sekali digunakan untuk mereka yang memiliki rencana untuk berhaji dalam beberapa tahun kedepan. Tabungan ini tidak jauh berbeda dengan tabungan berjangka, jika nominal yang dibutuhkan sudah tercapai maka dana dapat dicairkan dan digunakan untuk biaya keberangkatan haji.

Syarat dan dokumen yang disiapkan biasanya lebih banyak dibandingkan dengan tabungan biasa. Karena untuk tabungan yang satu ini tidak hanya soal nominal dan identitas diri saja yang diperlukan, tetapi riwayat dari kesehatan juga perlu dipersiapkan.

Untuk setoran awalnya biasanya berbeda tergantung dari kebijakan dari masing-masing bank. Namun, semakin besar dana yang disetorkan maka akan semakin cepat pula tujuan kamu dapat tercapai.

  • Tabungan Giro

Yang terakhir adalah tabungan Giro. Tabungan ini seringkali disebut sebagai tabungan bisnis, karena memang fasilitas dari tabungan ini ditujukan untuk kebutuhan bisnis seperti transfer ke beberapa rekening dan transaksinya dapat menggunakan cek dan bilyet.

Untuk pembukaan rekening Giro ini dapat dilakukan untuk perorangan ataupun badan usaha dan minimum setoran awalnya mulai dari Rp2 hingga Rp3 jutaan.

Itulah beberapa jenis tabungan beserta fungsinya. Selain menabung dengan menggunakan beberapa tabungan di atas, menabung menggunakan instrumen investasi juga dapat menjadi pilihan. Salah satunya dengan menabung melalui Peer-to-Peer (P2P) Lending.

Namun pastikan memiliki P2P Lending yang mudah, aman sekaligus menguntungkan. Platform P2P Lending yang memiliki ketiga aspek itu adalah Akseleran. Di Akseleran kamu dapat mulai menabung hanya dengan Rp100 ribu, selain menabung kamu juga dapat menikmati bunga hingga 21% per tahun. Jadi tidak hanya menabung, kamu juga dapat mengembangkan dana milikmu.

Setiap dana yang kamu tabungkan di platform P2P Lending Akseleran juga dapat membantu pengembangkan UKM di Indonesia loh, jadi banyak manfaat positif yang dapat kamu terima dari menabung di Akseleran.

Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Melalui Akseleran!

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran AppsYuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]