Tipe-Tipe Investor Beserta Preferensinya!

3
24813
Tipe Investor

Dalam investasi, setiap orang tentu memiliki profilnya masing-masing terkait risiko yang ada. Hal ini juga yang akan membantu kamu untuk menentukan produk investasi yang cocok sesuai dengan preferensimu. Untuk itu pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan preferensimu dan jangan tergiur hanya karena imbal hasilnya. Berikut ini beberapa tipe investor yang perlu kamu ketahui:

Tipe-Tipe Investor Sesuai dengan Preferensinya!

  • Investor Konservatif Yang Risk Averse (Menjauhi Risiko)

Investor yang satu ini memiliki kecenderungan untuk melakukan investasi dengan keuntungan yang layak dan sesuai. Artinya investor ini adalah investor yang suka dengan investasi yang relatif lebih aman atau investasi yang hasilnya sudah diketahui sebelumnya. Investor jenis ini juga lebih mengutamakan tingkat keamanannya dibandingkan keuntungan yang dihasilkan. 

Biasanya juga mereka melakukan investasi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dengan memilih investasi yang rentang waktunya panjang. Contoh investasi untuk mereka yang Risk Averse ini adalah investasi properti atau Reksa Dana Pasar Uang.

Baca juga: 4 Investasi Risiko Rendah Bisa Kamu Coba di Tahun Ini!

  • Investor Moderat yang Risk Neutral (Netral Terhadap Risiko)

Tipe investor yang satu ini sebenarnya cukup memahami terhadap investasi yang memiliki risiko, tetapi beberapa dari mereka tidak mau mengambil risiko yang tingkat imbal hasilnya yang lebih tinggi. Biasanya investor yang satu ini selalu mencari proporsi yang seimbang antara risiko yang mungkin terjadi dengan pendapatan yang diterima. Mereka yang memiliki preferensi ini juga biasanya lebih berhati-hati dalam menentukan jenis investasinya. 

tipe investor

Contoh investasi yang cocok dengan Risk Neutral ini adalah investasi seperti, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, atau Obligasi pemerintah.

  • Investor Agresif yang Risk Seeker (Toleran Terhadap Risiko)

Untuk investor yang satu ini ini biasanya lebih mengerti prinsip high risk high gain. Para Risk Seeker ini juga cenderung untuk mencari imbal hasil yang tinggi, maka dari itu mereka lebih berani mengambil risiko dalam investasi.

Contoh investasi yang mereka sukai seperti investasi Reksa Dana Saham dan Komoditi

Coba Juga Pendanaan UKM dan Dapatkan Bunga Hingga 16% per Tahun!

BLOG100 Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here