Ini Cara Mudah Mempersiapkan Biaya Pendidikan!

0
4566
Biaya Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu aspek terpenting saat ingin mendapatkan kehidupan yang sukses, karenanya orang-orang rela mengeluarkan biaya pendidikan yang tidak murah demi mendapatkan pendidikan terbaiknya. Saat ingin memasuki perguruan tinggi, banyak dari para orang tua yang kadang tidak sadar bahwa biaya pendidikan kuliah sangat berbeda dibandingkan biaya pendidikan sekolah.

Maka dari itu banyak yang menyarankan untuk mempersiapkan hal ini sedini mungkin. Hal itu dilakukan untuk menekan angka inflasi biaya pendidikan di Indonesia.

Berbicara mengenai biaya dalam pendidikan, tentu tidak akan terlepas dari adanya inflasi biaya pendidikan. Lembaga keuangan jiwasraya menyebut angka kenaikan inflasi pada sektor pendidikan ini mencapai 15%. Senada dengan lembaga keuangan jiwasraya, Badan Pusat Statistik (BPS) juga menyebutkan sektor pendidikan ini menjadi penyumbang inflasi tertinggi pada laporan BPS pada bulan september 2017. BPS juga menjelaskan inflasi terjadi karena adanya kenaikan beberapa indeks kelompok pengeluaran, contohnya adalah biaya pendidikan.

Lalu berapa perkiraan biaya kuliah di 5 hingga 10 tahun kedepan?

Ketahui dan Persiapkan Biaya Pendidikan Sedini Mungkin!

Untuk mengetahui biaya pendidikan kamu dapat melakukan survei di sekolah atau perguruan tinggi yang kalian idam idamkan. Kamu dapat menghitung kenaikannya sebesar 10%-15% per tahun, lalu sesuai biaya tersebut dengan pendapatan kamu.

Kita akan mensimulasikan, seperti contoh: biaya masuk perguruan tinggi di tahun 2019 ini senilai Rp 20 juta. Dengan asumsi kenaikan sebesar 15%, maka 5 tahun ke depan biayanya menjadi  Rp 46.261.615,- di tahun 2024. Dengan inflasi biaya pendidikan di Indonesia yang mencapai 15% per tahun sedangkan kenaikan rata-rata gaji per tahun 7%. Tentu ini tidak akan cukup untuk mempersiapkan biaya pendidikan tersebut.

Persiapkan Biaya Pendidikan Masa Depan dengan Beberapa Hal Ini

Investasi Dana Pendidikan

Banyak sekali produk finansial yang mulai masuk ke Indonesia salah satu satunya adalah investasi dana pendidikan. Investasi dana pendidikan ini dapat kamu coba lakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan. 

Dalam investasi dana pendidikan bisa berupa tabungan pendidikan ataupun asuransi pendidikan. Untuk asuransi ini kamu dapat memberikan proteksi lebih terhadap pendidikan anak di masa depan. Meningkatnya inflasi secara terus menerus akan membuat ketidakpastian, dengan adanya asuransi pendidikan tentu mempermudah kamu di masa depan bila terjadi sesuatu hal, anak tidak akan terkena imbasnya terutama pada pendidikannya.

Asuransi pendidikan ini merupakan kombinasi dari asuransi jiwa sekaligus tabungan pendidikan. Dari asuransi pendidikan ini kamu dapat memproteksi kesehatan sekaligus dana pendidikan di masa depan. Karena itu asuransi pendidikan dapat menjadi salah satu pilihan kamu mempersiapkan biaya pendidikanmu.

Baca juga: Pentingnya Asuransi Pendidikan Anak Sedini Mungkin!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100 Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here