Ketahui Mengapa Timbul Inflasi, Melalui 3 Teori Inflasi Ini!

0
1731
Teori Inflasi

Teori Inflasi – Penting untuk memperhatikan naik turunnya harga barang yang beredar di pasaran. Hal tersebut lah yang dinamakan sebagai inflasi. Namun, mengapa orang perlu memahami hal tersebut? Ya, karena inflasi akan sangat menentukan harga pasar serta semua hal yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi pelaku usaha maupun bisnis inflasi akan sangat mempengaruhi jalannya operasional dari perusahaan yang kamu jalankan. Karenanya, kamu dapat lebih memahami mengenai inflasi serta dampak dan teori inflasi yang berkembang. Yang terpenting juga penyebab serta cara mengatasi inflasi itu sendiri.

Apa Itu Inflasi?

Inflasi merupakan keadaan dimana perekonomian di sebuah negara terjadi kecenderungan kenaikan harga barang dan jasa dalam waktu yang panjang. Hal tersebut juga disebabkan karena ketidakseimbangan arus uang dan barang. Kenaikan harga ini sifatnya hanya temporary atau sementara. Namun, kenaikan harga yang dimaksud tidak termasuk seperti akan menjelang hari raya idul fitri. Karena, inflasi terjadi ketika jumlah uang yang beredar lebih banyak dibandingkan yang dibutuhkan.

Dampak Inflasi

Saat terjadinya inflasi kondisi ekonomi memang memiliki berbagai macam dampak baik itu, dampak yang positif maupun dampak yang negatif, dampak tersebut juga akan dirasakan negara maupun rakyatnya. Dampak inilah yang dapat dilihat dari banyak aspek kehidupan. Berikut beberapa dampak inflasi :

  • Dampak Inflasi Terhadap Pendapatan

Inflasi memang bisa memberikan berbagai macam dampak baik itu yang positif dan negatif terutama juga terhadap pendapatan masyarakat. Karena itu pada beberapa kondisi, inflasi lunak justri dapat mendorong para pengusaha untuk memperluas produksi hingga meningkatkan perekonomian nasional. 

Tetapi inflasi juga dapat memiliki dampak yang buruk bagi mereka yang memiliki pendapatan tetap, karena nilai uangnya tentu juga akan sama sedangkan di sisi lain harga barang maupun jasa meningkat.

  • Dampak Inflasi Terhadap Ekspor

Kemampuan ekspor dari sebuah negara dapat berkurang dikarenakan saat inflasi, biaya ekspor meningkat tinggi. Selain itu, daya saing pada barang-barang ekspor juga cenderung menurun dan akhirnya malah membuat pendapatan dari devisa menjadi berkurang.

  • Dampak Inflasi Terhadap Kalkulasi Harga Pokok

Timbulnya inflasi tentu dapat mengakibatkan perhitungan serta penetapan harga pokok menjadi lebih sulit, mengingat hal tersebut dapat menjadi terlalu kecil atau terlalu besar. Persentase inflasi yang dapat terjadi di kemudian hari juga seringkali tidak dapat diprediksi dengan baik.

Hal ini yang membuat proses penetapan harga pokok dan harga jual menjadi kadang tidak sesuai. Pada beberapa kondisi juga, inflasi dapat membuat para produsen kesulitan dan mengakibatkan kekacauan perekonomian.

Baca juga: 4 Faktor Penyebab Inflasi di Indonesia

  • Dampak Inflasi Terhadap Menabung

Salah satu dampak lainnya yaitu adalah minat menabung dari seseorang yang dapat menurun akibat adanya inflasi. Mengapa menjadi menurun? Karena pendapatan dari bunga tabungan yang jauh lebih kecil, sedangkan penabung harus membayar biaya administrasi tabungannya.

Setelah berbicara mengenai dampak dari inflasi, perlu juga memahami teori inflasi yang berkembang. 

Teori Inflasi

Inflasi memang seringkali timbul secara tiba-tiba tanpa adanya peringatan. Tidak heran mengapa inflasi ini membuat banyak masyarakat kebingungan dan kadang butuh penjelasan terkait timbul serta penyebab dari inflasi. Karenanya, ada 3 teori inflasi yang digunakan seperti di bawah ini:

  • Teori Kuantitas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, semakin banyak uang yang beredar maka akan semakin tinggi juga harga-harga naik.

  • Teori Keynes

Ini juga sebuah teori dimana ketika beberapa golongan masyarakat hidup melebihi batas kemampuan dari ekonominya sendiri, dengan membeli barang atau jasa secara berlebihan. Sesuai hukum ekonominya, semakin banyak permintaan sedangkan penawarannya tetap, maka harga-harga juga akan meningkat.

  • Teori Struktural

Yang terakhir adalah teori struktural, dimana terjadi saat produsen tidak lagi dapat mengantisipasi dengan baik terjadinya kenaikan permintaan akibat pertambahan atau lonjakan penduduk.

Itulah beberapa teori inflasi yang seringkali muncul dan berkembang. Bagaimana sudah mulai cukup memahami dampak serta teori inflasi, bukan?

Ingat dengan mengontrol kebiasaan belanja dengan baik bukan hanya perekonomian secara pribadi saja yang dapat berdampak, namun perekonomian sebuah negara juga dapat merasakan dampaknya.

Oleh karena itu, untuk mengelolanya mulailah dengan mengontrol keuangan dengan baik dengan mulai menabung secara bertahap. 

Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Melalui Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Dengan bunga hingga 21% per tahun, kamu dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]