Butuh Pinjaman Modal? Ini 10 Tips Mudah Untuk Mendapatkannya!

0
301
Butuh Pinjaman Modal

Beberapa hari lalu banyak dari kita yang merayakan hari raya idul fitri dimana pada hari tersebut kita saling memberikan bingkisan atau uang sebagai bentuk silaturahmi satu sama lain. Nah, dengan dana yang dimiliki dari lebaran tersebut tentunya banyak yang mulai memikirkan untuk membeli suatu barang ataupun mulai membangun sebuah usaha. 

Sebaliknya tidak semua dari mereka setelah lebaran memiliki banyak uang, banyak juga yang justru akhirnya kehabisan uang dan akhirnya butuh pinjaman modal baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk membangun usaha. Karena itu, akhirnya harus memutar otak untuk memikirkan bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan modal pinjaman. Lalu, apa saja sih cara yang paling efektifnya?

Tanda Usaha yang Membutuhkan Bantuan Pinjaman Modal Usaha

  • Kerugian Terus Menerus

Usaha yang butuh pinjaman modal adalah ketika adanya masalah finansial atau kerugian yang terjadi terus-menerus dan akhirnya menghambat operasional usaha. 

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kerugian secara terus menerus terjadi, seperti target penjualan atau beban operasional. Apabila usaha milikmu tengah mengalami hal tersebut, maka sekarang adalah saat yang tepat bagi usaha milikmu membutuhkan pinjaman modal usaha agar usaha milikmu dapat berjalan kembali.

  • Banyak Inventaris Rusak

Jika kamu berjualan produk, maka memiliki stok barang yang cukup merupakan inti dari jalannya usaha milikmu. Tetapi, banyak orang yang pada operasionalnya akhirnya kekurangan stok barang karena banyaknya inventaris yang rusak. Sedangkan, mereka sendiri tidak memiliki modal yang cukup untuk memperbaiki inventaris yang rusak.

Karena itu, hal tersebut adalah tanda dimana kamu membutuhkan pinjaman modal usaha. Diharapkan dengan adanya, modal usaha kegiatan operasional bisnis dapat kembali berjalan dengan lancar. Kamu juga dapat memanfaatkan bantuan pinjaman modal usaha untuk menambah stok inventaris sebagai cadangan. Sehingga apabila orderan sedang naik, kamu tidak lagi khawatir dengan proses produksi terhambat. 

  • Ingin Ekspansi Usaha

Saat usaha milikmu sedang berkembang, tentu banyak dari kalian yang akan terpikir untuk melakukan ekspansi bisnis. Salah satu contohnya, dengan membuka cabang baru. Hal tersebut membutuhkan persiapan serta modal yang besar. 

Kamu dapat memanfaatkan pinjaman modal usaha untuk melakukan ekspansi dari usaha milikmu. Selain bisa membantu mengembangkan skala usaha, keadaan finansial dari usaha juga akan tetap dapat terjaga.

Tips Agar Dapat Meningkatkan Peluang Untuk Pinjaman Modal Usaha

  • Memahami Bisnis Milikmu dari Luar

Dari sisi pemberi pinjaman ini merupakan suatu perhatian besar ketika pemilik bisnis mengajukan pinjaman. Ini seperti saat kamu menjual liburan kepada seseorang tanpa memberi tahu mereka hotel mana yang akan mereka tuju dan bagaimana mereka dapat menuju ke sana. Peluang untuk menutup penjualan yang berhasil tentu sangat tipis.

Contoh lainnya, meyakinkan seseorang untuk melakukan investasi dalam suatu bisnis dengan jangka waktu tertentu adalah tugas yang lebih sulit daripada ‘hanya’ menjual sesuatu yang dapat mereka gunakan segera. Karenanya, penting untuk merasa nyaman berbicara tentang semua aspek dari usaha milikmu, termasuk kinerja masa lalu, tantangan saat ini, hingga strategi atau rencana untuk masa depan.

  • Simpan Dokumen dengan Benar

Memiliki transparansi kondisi keuangan bisnis merupakan satu hal yang wajib dilakukan oleh pengusaha. Proses pengajuan pinjaman tentu akan lebih lancar apabila memang kamu dapat meluangkan waktu untuk menjaga keuangan akuntansi dan catatan pajak Anda agar tetap up-to-date dan akurat. 

Banyak pengusaha kecil menghemat uangnya dengan membiayai sendiri dan menangani pembukuan mereka dengan cara yang manual. Padahal, apabila kita bisa menyisihkan sedikit dana dengan memanfaatkan Software akuntansi keuangan tentu akan lebih mempermudah kamu untuk membuat pembukuan keuangan dan meminimalisir kesalahan yang ada.

  • Selalu Perbarui Data Bisnis Anda

Saat pemberi pinjaman melihat sekaligus menilai bisnis atau usaha milikmu, tentu mereka mengharapkan untuk menerima catatan terbaru, seperti laporan bank, rekening resmi dan akun manajemen, bukti pendapatan, kontrak dan lainnya. Karena itu, sangat penting memiliki laporan terbaru ini dengan cepat dan dalam format yang dapat diuraikan.

  • Pertahankan Kredit yang Baik

Selain melacak dokumen, pastikan untuk membayar segala tagihan secara tepat waktu. Selain itu, kamu juga harus memenuhi beberapa jenis kriteria kredit, jadi penting untuk memiliki kredit terbaik agar terhindar dari masalah seperti penyitaan, kebangkrutan, biaya tambahan dan keterlambatan pembayaran.

Mulailah dengan mengajukan pinjaman untuk satu hal yang memang benar-benar dibutuhkan untuk usaha milikmu saat ini.

  • Tunjukkan Arus Kas yang Cukup

Peminjam harus melihat arus kas yang dimiliki saat ini, hal ini agar memahami bahwa kamu nantinya dapat melakukan pembayaran pinjaman bulanan sesuai dengan kemampuan arus kas yang kamu miliki. Karena tentunya, mereka akan melakukan analisis dengan melihat pembayaran pajak yang lalu serta utang usaha yang kamu miliki saat ini. 

Saat memulai bisnis, jangan lupa beri proyeksi keuangan yang terperinci. Berikan rencana keuangan yang menggambarkan jelas bagaimana kamu dapat melakukan pembayaran pinjaman modal pada kemudian hari.

  • Ketahui Jenis Pinjaman yang Dibutuhkan

Pastikan sebelum mengajukan pinjaman yaitu memahami pinjaman seperti apa yang paling cocok dan dibutuhkan dengan usaha milikmu. Jangan mengajukan pinjaman dengan pinjaman yang membutuhkan proses yang panjang dan memiliki kemungkinan akan ditolak.

  • Menjual Barang yang Tidak Digunakan

Memiliki banyak barang namun tidak digunakan tentu kadang hanya membuat penuh rumah ataupun membuat berantakan saja. Karena itu jika kamu memiliki banyak barang yang lumayan berharga namun jarang digunakan, maka jual saja barang tersebut sebagai modal tambahan untuk kebutuhan kamu lainnya.

Hasil dari penjualan barang tersebut dapat kamu gunakan untuk banyak kebutuhan mulai dari untuk modal usaha, kebutuhan sehari-hari dan lainnya. 

  • Menggadaikan Barang

Menggadaikan barang ini juga dapat menjadi solusi terbaik untuk kamu yang butuh pinjaman modal. Karena dengan menggadaikan barang kamu tidak memiliki hutang serta kewajiban yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Namun, pastikan untuk menggadaikan barang yang jarang kamu gunakan sehingga barang yang sering kamu gunakan tetap kamu miliki. 

Apabila dari hasil usaha atau bisnis kamu mendapatkan keuntungan pastikan untuk menebus kembali barang yang telah kamu gadaikan. Selain itu juga jangan lupa untuk memastikan agar barang tersebut digadaikan di tempat yang resmi bukan tempat gadai yang ilegal.

  • Mencari Pendana

Banyak cara mendapatkan dana tanpa harus mengajukan pinjaman kepada bank ataupun dengan cara lainnya yang relatif sulit. Caranya yaitu dengan mencari investor, namun untuk mendapat suntikan modal dari investor, usaha atau bisnis yang kamu jalankan harus mengetahui arahnya kemana.

Dengan memiliki visi misi yang jelas serta prospek yang menjanjikan tentu akan memberikan kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan investor lebih terpercaya.

Untuk mengoptimalkan dalam pencarian pendananya ini kamu bisa datang ke tempat perkumpulan para investor sehingga bisa saling bertukar informasi terkait usaha tau bisnisnya satu sama lain.

Baca juga: Tipe-Tipe Investor Beserta Preferensinya!

  • Menabung atau Investasi

Tidak memiliki barang yang bisa jual, tidak memiliki barang yang bisa digadaikan atau kesulitan mencari investor. Maka, jalan terbaiknya adalah dengan menabung atau melakukan investasi. Pada poin ini kamu dapat memulainya dengan nominal berapapun mulai dari nominal yang kecil hingga yang besar. 

Baik itu menabung ataupun melakukan investasi masing-masing memang memiliki keuntungan hanya saja jika menabung keuntungan yang didapat relatif kecil, jauh berbeda dengan investasi yang bisa mendapatkan keuntungan hingga 16% per tahun. Namun, jika kamu ingin memulai investasi pastikan untuk memahami risiko yang ada di dalamnya yaitu high risk high gain.

Ke-10 tips di atas bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan kamu sendiri, apabila dari ke-10 tips tersebut terasa cocok, maka kamu dapat lebih optimal untuk yang butuh pinjaman modal.

Ingat jika kamu bisa menggunakan dana milikmu sendiri, maka kamu tidak memerlukan utang sana sini untuk mencari modal usaha. Selain itu, jangan hanya mencari pinjaman kepada satu sumber seperti melalui bank karena di era sekarang alternatif untuk mendapatkan pinjaman terbuka lebar salah satunya melalui platform Peer-to-Peer (P2P) Lending.

Gunakan Akseleran untuk Kamu yang Butuh Pinjaman Modal dengan Proses yang Relatif Mudah, Bunga yang Kompetitif dan Cepat!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]