Ini 3 Contoh Surat Kuasa yang Paling Sering Digunakan

1
22558
Contoh Surat Kuasa

Contoh Surat Kuasa – Bagi kalian yang memiliki kesibukan di hari-hari kerja tentu kadang agak kesulitan untuk mengurus berbagai macam kebutuhan dokumen yang diperlukan memperpanjang STNK, mengurus KK dan KTP dan sebagainya. Padahal dokumen-dokumen tersebut cukup penting perannya dalam keseharian kamu. Karena itulah fungsi dari adanya surat kuasa.

Surat kuasa ini adalah sebuah surat yang isinya dapat menjelaskan mengenai pemberian wewenang atau kuasa kepada satu pihak tertentu, karena pemberi kuasa tidak dapat melakukan hal tersebut atau berhalangan pada waktu tersebut.

Golongan Surat Kuasa

Surat kuasa terbagi menjadi 2 yaitu surat kuasa formal dan surat kuasa non formal. Surat kuasa formal ini biasanya digunakan untuk hal-hal yang bersifat normal, sedangkan untuk surat kuasa non formal digunakan untuk hal yang sifatnya pribadi atau tidak resmi. 

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas bahwa fungsi dari surat kuasa ini adalah sebagai bukti pernyataan dari pemberi kuasa bahwa pihak penerima kuasa memiliki hak dan kewajiban untuk melakukan suatu hal yang diberikan pemberi kuasa. 

Unsur-Unsur yang Terdapat dalam Surat Kuasa

Saat membuat surat kuasa, tentu terdapat beberapa unsur di dalamnya. Unsur-unsur tersebutlah yang harus ada dalam surat kuasa seperti:

Unsur dalam surat kuasa yang dibutuhkan untuk organisasi luar, seperti:

  • Data pribadi pihak pemberi kuasa
  • Data pribadi pihak yang diberi kuasa
  • Bentuk wewenang atau kuasa yang diberikan serta batas-batasnya

Unsur dalam surat kuasa untuk pemberi kuasa maupun penerima kuasa juga meliputi:

  • Dinas : Nama, NIP (Nomor Induk Pegawai) / NRP (Nomor Registrasi Pusat), Pangkat / Golongan, Jabatan.
  • Pribadi : Nama, Nomor KTP (Kartu Tanda Penduduk), Pekerjaan, Alamat.

Hal yang perlu di perhatikan ketika memberikan surat kuasa kepada pihak lain:

  • Pemberi dan Penerima harus sudah dewasa dan mengerti atas segala kuasa yang diberikan.
  • Penerima kuasa harus orang yang dapat dipercaya.
  • Surat kuasa dimana penerima kuasanya lebih dari satu orang tidak perlu diberikan nomor surat.

Ciri-Ciri Surat Kuasa

Adapun beberapa ciri ciri serta karakteristik dari surat kuasa seperti di bawah ini:

  • Surat kuasa dibuat dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku serta mudah dipahami.
  • Surat kuasa berisi pernyataan pengalihan kekuasaan atau wewenang dari diri sendiri kepada orang lain untuk mengurus suatu hal.
  • Bahasa dan kata-kata yang digunakan dalam surat kuasa dibuat sesuai dengan peruntukannnya.

Baca juga: Sudah Tahu Komponen dan Contoh Invoice yang Sering Kamu Gunakan?

Contoh Surat Kuasa

Surat kuasa sendiri juga memiliki berbagai macam dengan tujuan yang berbeda-beda. Di bawah ini adalah beberapa jenis surat kuasa:

  • Surat Kuasa Perseorangan

Surat kuasa yang satu ini dibuat oleh pemberi kuasa dan diberikan kepada penerima kuasa untuk melakukan suatu hal yang berhubungan dengan kepentingan si pemberi kuasa seperti surat kuasa untuk pengambilan barang, surat kuasa pengambilan gaji pensiun, surat kuasa pengambilan dokumen kependudukan dan lainnya.

  • Surat Kuasa Kedinasan

Surat kuasa yang ini adalah surat kuasa yang dibuat oleh suatu instansi atau perusahaan kepada pegawainya untuk melakukan pekerjaan yang terkait dengan instansi atau perusahaan tersebut. Contohnya seperti surat dinas ke luar kota di perusahaan swasta, surat dinas pemberitahuan cuti bersama dan lainnya.

  • Surat Kuasa Istimewa

Contoh surat kuasa yang terakhir adalah surat kuasa istimewa yang diberikan kepada pihak lain untuk mewakili pemberi kuasa. Contohnya seseorang yang sedang tersangkut hukum lalu memberikan kuasa kepada pengacara untuk menyelesaikan kasusnya.

Dapatkan Template Contoh Surat Kuasa Word Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh Surat Kuasa Word yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Surat Kuasa (Word)

Cek juga:

Sekarang sudah mulai paham kan jenis jenis dari setiap surat kuasa? kalau masih kurang jelas download contoh surat kuasa word di atas supaya mempermudah proses pembuatan contoh suratmu ya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.