5 Contoh Kata Pengantar Yang Baik Dan Benar

0
9083
contoh kata pengantar

Kata pengantar adalah bagian awal atau pendahuluan dari sebuah karya tulis, baik berupa laporan, makalah, tugas akhir, atau proposal. Meskipun memiliki fungsi yang sama, masing-masing karya tulis bisa saja memiliki isi atau kerangka yang berbeda, tergantung jenis karya tulisnya.

Untuk membantu Anda dalam menyusun kata pengantar yang, kami sudah merangkum berbagai contoh kata pengantar yang baik dan benar berdasarkan jenis karya tulisnya.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Syukur alhamdulillah saya panjatkan kepada Gusti Allah SWT, Tuhan semesta alam, karena berkat rahmat dan karunia-Nya-lah, tugas akhir ini dapat diselesaikan dengan melalui berbagai macam rintangan. Saya sadar bahwa segala kesulitan dan kemudahan yang terjadi selama penyusunan karya tulis ini tidak akan terjadi tanpa seizin-Nya.

Rasa terima kasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung saya dalam penyelesaian karya tulis ini. Kepada Dr. Ninie Susanti selaku pembimbing, saya persembahkan skripsi ini sebagai tanda bakti seorang murid kepada gurunya. Tanpa bimbingan beliau, rasanya mustahil saya dapat menyelesaikan karya tulis ini sebagaimana mestinya.

Rasa terima kasih juga saya ucapkan kepada seluruh pengajar yang pernah saya ikuti perkuliahannya dan tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Saya percaya tidak ada ilmu yang sia-sia, dan saya yakin akan tiba saatnya saya dapat mengamalkan ilmu yang saya dapatkan dalam perkuliahan ke masyarakat.

Akhir kata, kembali saya panjatkan puji dan syukur kepada Gusti Allah SWT atas segala karunia yang telah Ia berikan kepada kita semua. Saya sadar betul bahwa penelitian ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saya mohon maaf jika masih ditemukan adanya kekurangan pada karya tulis ini.

Bogor, 14 Juli 2016

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia yang dilimpahkan-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian berjudul “Transliterasi Prasasti Waringin Pitu 1369 Saka Lempeng E.67a dan E.67b”.

Penelitian ini merupakan bagian dari penyusunan skripsi berjudul “Legitimasi Kekuasaan Raja Majapahit Berdasarkan Nāmābhiṣeka” sebagai syarat kelulusan dari program studi S1 Arkeologi Indonesia, Universitas Indonesia. Metode yang digunakan adalah transliterasi aksara Jawa Kuno ke aksara Latin melalui pembacaan langsung pada lempeng prasasti dan pembacaan tidak langsung melalui foto digital.

Penulis menyadari bahwa kesempurnaan hanyalah milik Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga mungkin masih akan ditemukan banyak kekurangan pada laporan penelitian ini. Atas segala kekurangan yang ada, penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Bogor, 26 Januari 2016

Penulis

Download Contoh Kata Pengantar (Doc File)

Contoh Kata Pengantar Proposal

Puji syukur kami panjatkan atas karunia Tuhan Yang Maha Esa. Atas seizin-Nya, penulis dapat menyusun proposal penelitian berjudul “Transliterasi Prasasti Sukamerta 1218 Saka Lempeng E.70a dan E.70b”.

Proposal penelitian ini diajukan sebagai bagian dari penyusunan skripsi berjudul “Legitimasi Kekuasaan Raja Majapahit Berdasarkan Nāmābhiṣeka” sebagai syarat kelulusan dari program studi Arkeologi Indonesia, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Hasil penelitian akan digunakan sebagai data primer dalam penulisan skripsi tersebut.

Kritik dan saran atas proposal ini sangat kami butuhkan untuk meningkatkan kualitas penelitian yang akan dilakukan.

Bogor, 8 Oktober 2016

Penulis

Baca juga: Ini 13 Contoh Surat Kuasa yang Paling Sering Digunakan

Contoh Kata Pengantar Artikel Jurnal (Abstrak)

Legitimasi Kekuasaan Raja Majapahit berdasarkan Nāmābhiṣeka

Abstrak

Artikel ini mengkaji upaya legitimasi kekuasaan raja-raja Majapahit berdasarkan nāmābhiṣeka (nama gelar) beserta uraiannya yang dicantumkan di dalam isi prasasti dalam kaitannya dengan kondisi politik, sosial, dan keagamaan pada masa prasasti tersebut dikeluarkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian arkeologi dan epigrafi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gelar yang digunakan oleh raja-raja Majapahit memiliki makna tertentu dan berkaitan dengan kondisi politik, sosial, dan keagamaan pada masa pemerintahan raja yang bersangkutan.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Puji syukur saya haturkan ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia yang Ia berikan sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik. Terima kasih juga kami ucapkan kepada semua pihak yang berkontribusi dalam penyusunan makalah ini.

Penulis berharap makalah ini dapat memberikan kontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan memicu penelitian yang lebih mendalam. Kami sadar bahwa dalam proses penyusunan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sekalian.

Bogor, Mei 2016

Penulis

Demikian contoh kata pengantar yang dapat kami rangkum. Semoga dapat membantu dalam penulisan karya tulis Anda.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]