Sudah Tahu Apa Itu Mindset? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

7
51163
Mindset Adalah

Mindset Adalah – Setiap orang tentunya memiliki mindset yang berbeda-beda sesuai dengan rencana dan tujuannya masing-masing. Mungkin sebagian dari para pembaca sudah memahami betul apa itu mindset, namun menurut beberapa orang mindset ini memiliki pengertiannya masing. Tetapi, sebenarnya apa sih mindset itu?

Apa Itu Mindset?

Mindset dapat diartikan sebagai suatu kumpulan pemikiran yang terbentuk sesuai dengan pengalaman dengan keyakinan sehingga dapat mempengaruhi perilaku atau cara berfikir seseorang dalam menentukan suatu sikap, pandangan hingga masa depan seseorang.

Mindset juga terbagi atas beberapa jenis diantaranya seperti di bawah ini:

  • Fixed Mindset (Mindset Tetap)

Mindset yang satu ini adalah mindset yang akan sesuai terhadap kepercayaan bahwa kualitas seseorang telah ditetapkan. Ciri-ciri mereka yang memiliki mindset tetap adalah ia yang memiliki keyakinan bahwa intelegensi, bakat atau sifat merupakan fungsi hereditas atau keturunan, ia yang relatif menghindari suatu tantangan, ia yang lebih mudah menyerah, ia yang memiliki anggapan bahwa usaha tidak ada manfaatnya, ia yang mengesampingkan kritik dan ia yang merasa terancam dengan kesuksesan orang lain.

  • Growth Mindset (Mindset Berkembang)

Mindset berkembang merupakan mindset yang didasarkan bahwa kualitas dari seseorang merupakan hal yang bisa diolah dengan beberapa usaha yang dilakukannya. Walau, setiap orang berbeda-beda dalam banyak hal namun masing-masing orang dapat berubah dan berkembang hanya melalui perlakuan serta pengalaman. 

Ciri-ciri mereka yang memiliki mindset berkembang adalah ia yang memiliki keyakinan bahwa intelegensi, bakat serta bukanlah fungsi atau keturunan, ia yang suka menerima tantangan, ia yang memiliki pemikiran positif dan ia yang dapat belajar dari kritik yang ia terima.

Apakah Mindset Ini Bisa Diubah?

Tentunya mindset atau pola pikir seseorang ini bisa diubah ataupun dibentuk ulang. Namun, pemicunya ini juga bisa beberapa macam. Ada yang dapat diubah dengan kesadaran sendiri, ada yang berubah setelah mengalami suatu peristiwa dan ada juga pola pikir yang dapat diubah dengan bantuan psikolog Neuro-linguistic programming (NLP) yang kompeten pada bidangnya.

Untuk waktu atau proses perubahannya tentunya berbeda-beda setiap orang, bisa lama, bisa cepat, bisa sulit, bisa mudah. Dengan memiliki pola pikir yang berkembang, setiap orang tentu dapat menyadari suatu kondisi dengan lebih baik. 

Baca juga: Sudah Tahu Apa Itu Entrepreneur? Cari Tahu Selengkapnya!

Hal yang Dapat Mempengaruhi Mindset

  • Lingkungan Sekitar

Lingkungan menjadi salah satu hal yang dapat mempengaruhi mindset seseorang. Dengan lingkungan yang baru ini kamu dapat mengarahkan dan mempengaruhi kamu untuk lebih bersemangat untuk melihat masa depan dan mendukung proses kamu untuk mencapai suatu tujuan.

Selain itu juga dengan lingkungan baru kamu juga dapat memiliki kesempatan lebih untuk melihat cara pandang yang baru.

  • Informasi yang Diterima

Semakin banyak informasi yang mudah untuk diterima menjadikan ini juga dapat mempengaruhi pola pikir seseorang. Informasi yang diterima juga beragam mulai dari informasi yang baik dan benar, hingga buruk dan tidak benar, semua ini tanpa sadar kamu terima.

Secara tidak sadar ini juga membuat pola pikir yang merespon hingga memasukkan informasi tersebut ke dalam pikiran dan membuat kreativitas, daya ingat serta hal lainnya agar pikiran dapat bekerja kepada arah-arah yang positif.

  • Pengalaman Masa Lalu

Setiap orang tentunya memiliki masa lalu yang indah dan tidak. Namun, dengan cara pandang atau pola pikir yang dimilikinya inilah yang dapat membedakannya. Dengan masa lalu yang kelam tentunya dapat membentuk suatu pola pikir dengan trauma lalu membuat perkembangan kita untuk menyusun masa depan yang baik agar terhambat.

Karena itu, ada baiknya untuk melupakan masa lalu dan melihat masa sekarang yang dapat dilakukan sehingga dapat menghasilkan hal yang lebih baik untuk masa depan.

Contoh Pola Pikir Positif yang Berdampak Besar

Menerima kesalahan sebagai bagian normal Orang-orang sukses cenderung melihat kesalahan sebagai peluang untuk belajar dan mencoba lagi

Namun, penting juga untuk mengambil langkah-langkah yang lebih cerdas di kesempatan berikutnya. Individu dengan pola pikir pertumbuhan (growth mindset) mampu menikmati proses belajar dari kesalahan dan melihat sisi positif dari hal-hal negatif tersebut.

Namun, di akhirnya, tetap penting untuk menghindari kesalahan yang berulang.

Berani mengambil risiko Menurut Entrepreneur, salah satu pola pikir yang dimiliki oleh orang sukses adalah “tidak ada risiko, tidak ada imbalan”

Tanpa keberanian untuk mengambil risiko, sulit untuk mencapai prestasi yang memuaskan. Dalam karier, penting untuk keluar dari zona nyaman dan terus berkembang.

Bekerja untuk terus belajar Memang, bekerja umumnya untuk mencari penghasilan

Namun, jika setiap hari kita hanya bekerja untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh atasan tanpa adanya pembelajaran, hal ini bukanlah yang ideal. Selama berkarier, penting untuk terus berkembang baik secara pribadi maupun dalam hal keahlian.

Oleh karena itu, salah satu pola pikir yang tidak kalah penting adalah bekerja untuk terus belajar. Teruslah mengasah kemampuan dari berbagai sumber, seperti membaca buku, mengikuti kelas online, atau belajar dari senior di tempat kerja. Pastikan untuk tidak terjebak pada tingkatan yang sama meskipun sudah bertahun-tahun bekerja.

Selalu ingin tahu Memiliki keinginan yang besar untuk terus belajar dalam konteks yang positif adalah pola pikir yang juga sangat penting

Pola pikir ini berhubungan dengan hasrat Anda untuk terus berkembang. Mempertanyakan banyak hal dan berusaha memahaminya adalah salah satu ciri dari pola pikir pertumbuhan. Hal ini menunjukkan bahwa Anda memiliki keinginan untuk terus memperkaya diri dengan pengetahuan baru.

Bersyukur selalu Pola pikir positif ini akan membuat Anda lebih bahagia dan optimis

Meskipun ada banyak tantangan dalam perjalanan karier Anda, Anda akan mampu menghadapinya dengan baik dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik di akhirnya. Anda dapat melatih pola pikir ini dengan menuliskan hal-hal yang Anda syukuri setiap hari. Minimal, catatlah satu hal. Dengan konsisten melakukannya, otak Anda akan terbiasa untuk lebih menghargai apa yang Anda miliki daripada selalu berharap lebih.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 10,5% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

7 COMMENTS

Comments are closed.