Contoh Invoice Word dan Excel yang Bisa Kamu Gunakan

15
91948
Contoh Invoice

Contoh Invoice – Bagi para pebisnis maupun pengusaha, mengelola invoice tentu sudah menjadi bagian dari kesehariannya. Invoice adalah sebuah dokumen daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan catatan nama, jumlah, dan harga yang dikeluarkan penjual dan harus dibayar oleh pembeli atau pelanggan. Biasanya invoice ini dibuat dalam tiga rangkap dan masing-masing untuk pembeli jika telah melunasi tagihan, satu lembar untuk arsip dan satu lagi lainnya untuk laporan bagian keuangan.

Pemilihan jenis dan contoh invoicenya sendiri juga beragam dan sesuai dengan jenis transaksi bisnis yang dijalaninya. Mungkin sebagian dari kamu sudah memahami dan tahu bentuk dari invoice, namun kadang banyaknya contoh invoice yang beredar ini kadang membuat kamu ragu.

Komponen dalam Invoice

Adanya invoice ini tentu sangat membantu sekaligus mempermudah dalam pengelolaan barang dan jasa yang telah dibeli oleh pelanggan. Terutama lagi dalam perhitungan laba dalam sebuah perusahaan maupun bisnis.

Baca juga: Apa Itu Invoice? Apa Saja Jenis-Jenis Invoice? Berikut Penjelasannya

Nah, sesuai yang sudah kita bahas sedikit di atas, jenis, format maupun contoh invoice itu sendiri memang disesuaikan dengan transaksi dan bisnis yang dijalankan. Tetapi, beberapa komponen invoice memang perlu ada lengkap di dalamnya. Komponen yang harus ada diantaranya:

  • Nomor urut invoice
  • Purchase order/ nomor order
  • DO/ SJ atau kode nomor transaksi DO/ SJ
  • Detail barang
  • Sub Total
  • Diskon (bila ada)
  • Biaya pengiriman (bila ada)
  • Biaya PPN
  • Total Biaya

Baca juga: 7 Komponen Penting Invoice Tagihan

Pentingnya Mengetahui Contoh Invoice yang Benar

Salah satu alasan mengapa invoice penagihan harus dibuat dengan sesuai dan benar, karena invoice berfungsi sebagai sebuah bukti yang sah dan nantinya akan digunakan sebagai rujukan dalam proses pembukuan. Tanpa adanya informasi yang akurat, proses pembukuan dapat berjalan tidak sesuai sehingga, dapat berjalan tidak lancar sehingga, mengharuskan kita untuk mengisinya dengan sesuai dan lengkap.

Namun, invoice ini tidak hanya berguna untuk pembukuan saja, karena invoice dapat dijadikan sebagai bukti apabila terjadi salah dalam proses pengiriman maupun perhitungan pada nominal yang ada. Hal tersebut juga penting bagi setiap orang untuk mengetahui bentuk yang sesuai.

Karena itu, apabila kamu memiliki kendala untuk membuat invoice atau membutuhkan contoh invoice yang digunakan untuk mengelola bisnis maupun usahamu. Kamu dapat melihat invoice di bawah ini sebagai contohnya.

Dapatkan Template Contoh Invoice Word & Excel Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh invoice Word dan Excel yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Invoice (Word)

Download Contoh Invoice (Excel)

Cek juga: 

Jika kamu bingung untuk membuat invoice, di atas ada contoh invoice excel dan contoh invoice word yang dapat kamu gunakan untuk mempermudah pengelolaan transaksi dalam usaha maupun bisnismu.

Kemudahan lain yang dapat kamu nikmati adalah kamu dapat menjadikan invoice sebagai agunan untuk pinjaman modal usaha invoice financing. Salah satu platform yang menyediakan layanan pinjaman invoice financing adalah Akseleran.

Baca juga: Mudahnya Mengajukan Pinjaman di Akseleran Dengan Invoice Financing!

Ajukan Pinjaman Modal Usaha Menggunakan Invoice Financing di Akseleran

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].

15 COMMENTS

Comments are closed.