Contoh Surat Penawaran Harga yang Baik dan Benar

0
39860
Contoh Surat Penawaran Harga

Surat penawaran harga adalah salah satu jenis surat yang dikenal dalam dunia bisnis. Dalam surat ini, penjual atau perusahaan yang menjual sebuah produk menawarkan harga produk tertentu kepada pihak lain, biasanya toko, perusahaan, instansi, atau lembaga tertentu. Surat ini juga dapat menjadi media promosi produk-produk terbaru yang baru saja akan diperkenalkan ke publik.

Pentingnya surat penawaran harga tersebut menjadi alasan yang masuk akal bagi pemilik perusahaan atau pelaku bisnis untuk menyampaikannya ke pihak terkait. Nah, untuk membuat surat ini, Anda bisa melihat contoh surat penawaran harga yang baik dan benar berikut ini.

Contoh Surat Penawaran Harga

Berikut adalah contoh surat penawaran harga yang umum digunakan dalam dunia bisnis:

PT Bintang Timur

Jl. Solo Nomor 161, Sleman, Yogyakarta

Yogyakarta, 20 Juni 2019

Nomor : 7/BT/VI/2019

Lampiran : –

Hal : Penawaran Harga

Kepada Yth. Bpk. Aji Santoso (pemilik Toko Tunggal Jaya)

Jl. Kenari No. 16, Jakarta

Dengan hormat, 

Kami dari PT Bintang Timur bermaksud menawarkan produk kepada Bapak Aji Santoso selaku pemilik Toko Tunggal Jaya. Penawaran menarik tersebut khusus kami berikan dalam rangka peluncuran jenis produk terbaru. Berikut daftar harga yang kami tawarkan:

  1. TV LED 32 inch dengan merek Samsung seharga Rp2.000.000
  2. Laptop Acer 14 inch dengan merek Acer seharga Rp3.500.000
  3. Speaker dengan merek Polytron seharga Rp1.200.000
  4. AC dengan merek LG seharga Rp3.000.000

Jika berminat pada produk dengan harga yang kami tawarkan tersebut, ada beberapa metode pembayaran yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan transaksi, yaitu:

  • Pembayaran dengan cash pada saat barang diantar ke toko
  • Pembayaran dengan kartu kredit (BCA dan Mandiri)
  • Pembayaran dengan cicilan sebanyak 4 kali dan DP sebesar 50% dari harga barang.

Demikian surat penawaran harga ini kami sampaikan dengan harapan bahwa Bapak berminat pada produk yang ditawarkan. Atas perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih.

Direktur Utama

PT Bintang Timur

TTD

Fahri Santoso

 

Dapatkan Template Contoh Surat Penawaran Harga Gratis

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan Contoh Surat Penawaran Harga word yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Surat Penawaran Harga Word

Cek juga:

Format Surat Penawaran Harga

Berdasarkan contoh surat penawaran harga tersebut, ada beberapa komponen yang perlu ada, antara lain:

  • Jenis produk yang ditawarkan

Pada surat penawaran harga, informasi mengenai produk yang ditawarkan wajib ada. Pasalnya, inti dari surat ini adalah memperkenalkan produk Anda kepada pihak lain yang berpotensi membelinya. Akan lebih baik lagi jika informasi tersebut bukan hanya sekadar daftar, tetapi juga berupa brosur lengkap yang berisi keunggulan produk.

  • Harga produk yang ditawarkan

Selain jenis produk, Anda juga wajib menyertakan harga produk yang ditawarkan. Inilah salah satu poin penting yang akan diperhatikan oleh penerima surat. Dengan tujuan, penerima surat tertarik melakukan pembelian produk karena harga yang ditawarkan lebih murah. Namun, bukan harga saja yang dapat menarik minat, tetapi juga keunggulan produk tersebut.

  • Metode pembayaran

Pada saat jual beli produk, perlu ada kesepakatan soal metode pembayaran yang akan digunakan. Hal ini perlu Anda sampaikan dalam surat penawaran harga. Ada beberapa poin menarik yang bisa diunggulkan, yaitu metode pembayaran yang mudah dan praktis, cicilan yang ringan, atau uang muka yang tidak terlalu besar. Nah, tentukan metode apa saja yang kira-kira menarik bagi pembeli Anda.

  • Informasi mengenai perusahaan 

Ketika menawarkan produk kepada pihak lain, Anda perlu memastikan perusahaan Anda layak dipercaya. Banyak kerjasama batal karena pihak yang menawarkan produk tidak menunjukkan hal ini. Akibatnya, calon pembeli ragu dan akhirnya tidak jadi melakukan pembelian. Hal ini sangat penting apalagi jika keduanya berada di lokasi yang berbeda.

Secara umum, format surat penawaran harga tidak jauh berbeda dengan surat resmi seperti biasa. Dalam surat harus ada bagian pendahuluan, isi, dan penutup. Selain itu, komponen seperti tanda tangan pihak pengirim juga wajib ada dalam surat. Dengan demikian, dokumen ini memiliki kekuatan hukum.

Nah, inilah salah satu contoh surat penawaran harga yang baik dan benar beserta komponen di dalamnya. Dengan melihat contoh ini, Anda bisa membuatnya sesuai dengan produk yang akan ditawarkan. Mudah, bukan?

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]