Surat Keputusan: Penulisan, Format dan Contohnya!

1
7548
Contoh Surat Keputusan

Orang-orang yang terlibat dalam suatu badan, seperti perusahaan, lembaga, asosiasi, atau organisasi, tentu sudah akrab dengan surat keputusan. Surat keputusan ialah suatu ketetapan tertulis yang dibuat oleh badan dengan basis aturan perundang-undangan yang tengah berlaku. Surat ini bersifat final, individual, dan konkret. Maka dari itu, surat keputusan tidak diumumkan secara publik dan langsung diberikan kepada orang yang bersangkutan.

Bagi entitas yang baru berdiri, pembuatan surat ini bisa jadi membingungkan. Belum lagi, terdapat unsur-unsur pokok yang harus disisipkan di dalamnya. Nah, bagaimana format dan contoh surat keputusan yang baik dan benar? Yuk, cari tahu lewat uraian berikut!

Format Pembuatan Surat Keputusan

Menurut laman PKBH (Pusat Pengembangan, Konsultasi, dan Bantuan Hukum) dari Fakultas Hukum di Universitas Ahmad Dahlan, format pembuatan surat keputusan harus berisi tiga unsur pokok berikut:

  • Konsiderans

Unsur ini berisi pertimbangan dalam pembuatan surat keputusan. Umumnya, konsiderans memuat undang-undang, peraturan, usulan, dan keputusan terdahulu yang terkait dengan pokok perihal.

  • Desideratum

Desideratum mengungkapkan tujuan dibuatnya surat keputusan. Tidak seperti konsiderans yang terang-terangan, bagian ini biasanya disisipkan secara tersirat dalam konsiderans ataupun diktum.

  • Diktum

Bagian ini berisi beberapa ketetapan yang menjadi kesimpulan dari konsiderans dan desideratum. Diktum biasanya diawali dengan kata “menetapkan” atau “memutuskan”.

Contoh Surat Keputusan

Berikut adalah beberapa contoh surat keputusan yang dapat dijadikan sebagai referensi:

1. Surat Keputusan Kenaikan Jabatan

PT Victorique Sejahtera

Jalan Kerabat Indah No. 65, Pontianak

SURAT KEPUTUSAN

Nomor: SK.009-234/SK-KJ/21

Kepada Yth.

Saudari Ariana Zalika

di Tempat

Perihal: Kenaikan Jabatan

Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan oleh kami terhadap kinerja dan prestasi Saudari dari awal bekerja hingga saat ini, PT Victorique Sejahtera telah membuat sebuah keputusan berdasarkan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Kami menaikkan jabatan Saudari dari posisi staf administrasi menjadi manajer administrasi.

Berikut keterangan lebih lanjut terkait kenaikan jabatan Saudari:

Nama                               : Ariana Zalika

NIP                                  : 07310

Tanggal Masuk Kerja          : 2 Desember 2021

Bagian                              : Administrasi

Gaji                                  : Rp5.500.000 (lima juta lima ratus ribu rupiah)

Hak dan kewajiban lainnya dari Saudari selanjutnya akan dicantumkan dalam peraturan perusahaan. Maka dari itu, diharapkan bagi Saudari untuk bertanggung jawab dalam mengemban tugas serta taat pada seluruh aturan.

Surat Keputusan Kenaikan Jabatan ini berlaku sejak tanggal dikeluarkannya. Apabila terdapat kekeliruan, surat ini akan disunting sebagaimana mestinya di kemudian hari.

Pontianak, 27 November 2021

Direktur PT Victorique Sejahtera

Baca juga: Contoh Surat Penawaran Harga yang Baik dan Benar

2. Surat Keputusan Lomba

KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

SMP NEGERI 1 SIAK

Jalan Bunga Kecubung No. 57, Kabupaten Siak

SURAT KEPUTUSAN

Nomor: 872/PORAK-7/SMPN01/III/2020

PERIHAL: Piala Bergilir Kementerian Pemuda dan Olahraga Kabupaten Siak pada Kegiatan Lomba Olahraga Antarkelas di SMP Negeri 1 Siak Tahun 2020

MENIMBANG:

  1. Lomba olahraga antarkelas di SMP Negeri 1 Siak menjadi acara tahunan yang bertujuan untuk mencetak atlet bertalenta dari generasi muda.
  2. Berdasarkan hasil Rapat Akhir tahun 2019, kegiatan ini sudah tercantum dalam Program Kerja tahun 2020.

MENGINGAT:

  1. Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2007 terkait pengadaan kejuaraan atau pekan olahraga.
  2. Pentingnya meningkatkan pengawasan dalam mengembangkan bakat olahraga para peserta didik.
  3. Detail program kerja yang dibuat oleh OSIS SMP Negeri 1 Siak periode 2020/2021.
  4. Surat Keputusan SMP Negeri 1 Siak.

MENETAPKAN:

  1. Piala bergilir akan diberikan kepada juara umum dari seluruh cabang kompetisi olahraga antarkelas.
  2. Pihak yang menerima piala bergilir wajib merawat dan menjaga piala sebaik mungkin.
  3. Kelas wajib mengganti dengan piala yang serupa apabila terjadi kerusakan, baik sengaja maupun tak disengaja.
  4. Piala bergilir akan diminta kembali setahun selanjutnya untuk diperebutkan dalam lomba yang akan datang.

Siak, 15 Juli 2020

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Siak

Itulah format pembuatan beserta contoh surat keputusan yang harus kamu pahami dan cermati. Masukkan unsur-unsur di atas ke dalam surat keputusan yang dibuat agar hasilnya baik dan benar. Semoga informasi dan contoh dalam artikel ini bisa membantu kamu, ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.