Contoh SK Pengangkatan Karyawan Swasta yang Baik dan Benar

0
2307
Contoh SK Pengangkatan Karyawan
Contoh SK Pengangkatan Karyawan

Contoh SK Pengangkatan Karyawan – Perusahaan yang makin berkembang akan membutuhkan lebih banyak karyawan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tentu perlu ada proses perekrutan karyawan baru. Untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dan bisa diandalkan, proses ini harus dilakukan dengan baik dan benar.

Merekrut Karyawan

Apa alasan merekrut karyawan baru? Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pada pos pekerjaan tertentu. Karena itu, karyawan yang akan diterima setidaknya harus memiliki kualifikasi seperti yang dibutuhkan. Kualifikasi ini bisa dicek atau diuji saat proses wawancara kerja.

Proses merekrut karyawan dimulai dari menyebarkan lowongan kerja. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, baik secara terbuka maupun tertutup, menggunakan media online atau konvensional. Setelah itu, Anda akan menerima lamaran dari orang-orang yang berminat pada posisi tersebut.

Setelah melakukan screening terhadap lamaran yang dikirim, Anda bisa memanggil sejumlah orang untuk melakukan wawancara lanjutan. Pada tahap ini, sangat penting untuk meneliti apakah pelamar cocok dengan perusahaan Anda. Kualitas, baik dari segi kemampuan maupun sikap, juga patut diperhatikan.

Apabila telah menentukan pilihan, langkah selanjutnya adalah memanggil pelamar tersebut untuk mulai bekerja. Untuk meresmikan hal itu, perusahaan biasanya akan memberikan surat kontrak kerja. Setelah beberapa lama bekerja, perusahaan dapat menilai kinerja karyawan dan mengangkatnya menjadi karyawan tetap apabila telah memenuhi kriteria perusahaan.

Contoh Surat Pengangkatan Karyawan

Bagaimana contoh SK pengangkatan karyawan swasta lengkap? Simak contohnya berikut ini.

  1. Sehat Sejati

Alamat: Jl. Kyai Mojo No. 25, Jakarta Selatan. Telp: 021-5673453

Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan

Jakarta, 5 Juli 2020

Nomor: 16/PT-SS/KPK/VII/2020

Perihal: Pengangkatan Karyawan

Kepada,

Yth. Agus Sutikno

Jl. Diponegoro No. 2, Bekasi

Setelah melakukan beberapa tahap evaluasi atas kinerja Saudara, mulai 1 Januari 2020 hingga 30 Juni 2020, dengan jabatan sebagai pegawai kontrak di PT Sehat Sejati, maka dengan ini Saudara dinilai telah memenuhi kriteria untuk diangkat menjadi karyawan tetap. 

Terhitung sejak diterbitkannya surat ini, Anda memiliki hak dan kewajiban sebagai karyawan tetap seperti yang telah diatur dalam perusahaan PT Sehat Sejati. Surat pengangkatan karyawan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. Apabila terdapat kekeliruan di kemudian hari, akan diperbaiki seperlunya.

Demikian surat pengangkatan karyawan ini dibuat untuk diketahui dan dipergunakan dengan semestinya.

Ditetapkan di Jakarta Selatan,

5 Juli 2020

Direksi dan Manajemen PT Sehat Sejati

Unsur dalam Surat Pengangkatan Karyawan

Dalam surat pengangkatan karyawan yang baik dan benar, ada sejumlah unsur yang harus ada, yaitu:

  • Pemberi dan penerima surat

Pihak yang memberikan dan menerima surat harus tertulis dengan jelas dalam surat pengangkatan. Pihak pemberi surat adalah perusahaan terkait, sedangkan penerima surat adalah karyawan tersebut. Nama kedua pihak harus ditulis dengan jelas supaya dapat digunakan pada kemudian hari.

  • Waktu dikeluarkannya surat keputusan 

Pengangkatan karyawan dapat disebut resmi jika tanggal dikeluarkannya surat keputusan tertulis dengan jelas. Informasi ini akan membuat kedua pihak, baik perusahaan maupun karyawan, dapat melakukan langkah-langkah sesuai dengan keputusan tersebut. Waktu dikeluarkan surat keputusan biasanya adalah waktu berlakunya keputusan pengangkatan tersebut.

Baca juga: Surat Keputusan: Penulisan, Format dan Contohnya!

  • Perihal surat

Dalam contoh SK pengangkatan karyawan swasta lengkap ini terdapat informasi mengenai perihal surat. Unsur ini tidak boleh dilupakan karena menentukan tujuan surat tersebut. Perihal surat harus selaras dengan judul surat.

  • Ketentuan pengangkatan

Meskipun tidak disebutkan dengan jelas, ada aturan mengenai hak dan kewajiban yang harus diikuti oleh karyawan setelah memperoleh status sebagai karyawan tetap. Aturan tersebut akan dijelaskan lebih lanjut dalam tahap selanjutnya oleh pihak HRD. Dengan status baru sebagai karyawan tetap, hak dan kewajiban pun akan disesuaikan.

Nah, inilah contoh SK pengangkatan karyawan swasta lengkap yang bisa Anda gunakan sebagai panduan sederhana. Pastikan isi surat memuat unsur-unsur penting. Jika diperlukan, Anda juga bisa menambahkan hal-hal lain yang dianggap penting untuk diketahui, khususnya oleh karyawan.

Surat pengangkatan karyawan memiliki kekuatan hukum yang bisa digunakan semestinya. Karena itu, surat ini harus dibuat secara resmi dan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam perusahaan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]