NPP: Manfaat & Cara Mendapatkannya

0
882
NPP Adalah
NPP Adalah

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan karyawannya dari berbagai aspek. Ketika karyawan merasa sejahtera, maka produktivitasnya juga akan meningkat. Memiliki NPP adalah salah satu langkah bagi perusahaan untuk bisa memberikan perlindungan dan meningkatkan kesejahteraan para pekerjanya.

NPP adalah singkatan dari Nomor Pendaftaran Perusahaan. NPP sendiri merupakan nomor yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya pada program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dan memudahkan prosedur pembayaran premi setiap bulannya. Selain itu, adanya NPP adalah memungkinkan perusahaan mengikutsertakan semua karyawannya pada layanan tambahan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan termasuk:

  • Jaminan Hari Tua (JHT)
  • Jaminan Kematian (JKM)
  • Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK)
  • Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Aturan mengenai kewajiban perusahaan memberikan jaminan dan perlindungan lewat BPJS tertuang dalam Peraturan Presiden No. 109 Tahun 2019 mengenai Tahapan Kepesertaan Program Jaminan Sosial. Isinya adalah, “Setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk mengikuti jaminan kecelakaan kerja.” Untuk bisa mendaftarkan karyawan, perusahaan harus memiliki NPP terlebih dahulu.

Manfaat Memiliki NPP

Adanya NPP di sebuah perusahaan tidak hanya menguntungkan bagi perusahaan itu sendiri tapi juga bagi semua pekerja yang ada. Adapun manfaat tersebut antara lain adalah:

  • Membuat Para Pekerja Lebih Sejahtera

Sebuah perusahaan yang memiliki NPP pasti akan mendaftarkan karyawannya kepada BPJS dan memperoleh semua hak jaminan yang disediakan dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Secara langsung ini akan membuat para karyawan merasa lebih tenang dan nyaman dalam bekerja karena adanya proteksi.

  • Kemudahan Pengelolaan Layanan BPJS oleh Perusahaan

Bagi perusahaan, memiliki NPP tidak hanya bentuk pemenuhan terhadap syarat pendaftaran saja tapi juga memudahkan prosedur pembayaran premi setiap bulannya. Adanya NPP juga memungkinkan perusahaan maupun karyawan mengakses BPJS Online di mana semua orang bisa mengontrol dan memeriksa saldo BPJS mereka. Ini tentu akan mengurangi kerepotan perusahaan karena tidak perlu membuat laporan rutin lagi.

Baca juga: Ini Kemudahan Serta Syarat yang dapat Menerima Relaksasi BPJS!

Bagaimana Cara Mendapatkan NPP?

Setelah memahami pengertian NPP dan apa saja manfaatnya bagi perusahaan, hal selanjutnya yang mungkin ingin kamu ketahui adalah bagaimana cara mendapatkannya. Pendaftaran bisa dilakukan secara online. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya dalam uraian berikut ini!

  1. Langkah pertama, buka halaman pendaftaran NPP di http://new.edabu.bpjs-kesehatan.go.id/new
  2. Selanjutnya akan terlihat beberapa opsi. Pilih “Register Badan Usaha Baru”. Setelah meng-klik, kamu akan diarahkan ke halaman persetujuan. Sebelum menyetujui, pastikan kamu membaca semua syarat dan ketentuan yang tertulis
  3. Setelah membaca semuanya dengan saksama, klik tanda centang pada kotak yang bertuliskan “Saya menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Badan Usaha BPJS Kesehatan”
  4. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke laman pengisian formulir. Ada beberapa informasi yang harus diisikan berupa identitas perusahaan termasuk alamat lengkapnya, jumlah pekerja dan keluarga pekerja, NPWP, nomor izin usaha dan data lainnya. Kamu juga harus memasukkan alamat email kantor untuk memudahkan BPJS mengirim link aktivasi dan mengirimkan tagihan
  5. Saat semua data sudah terisi, ketik kode captcha yang tertera lalu klik “Submit”
  6. Kamu akan diminta untuk menunggu masuknya email aktivasi melalui alamat yang didaftarkan. Dari proses aktivasi itu kamu akan memperoleh formulir cetak registrasi, nomor kode badan usaha, nomor rekening yang akan dipergunakan untuk pembayaran iuran serta username dan password ke aplikasi untuk mendaftarkan karyawan beserta keluarganya
  7. Begitu semua dokumen di atas lengkap, perusahaan secara resmi telah memiliki NPP. NPP ini bisa langsung dipakai untuk melaporkan BPJS dan membayar premi karyawan setiap bulannya.

Kegunaan lain dari NPP yang tidak banyak diketahui oleh HR perusahaan adalah fungsinya sebagai tolok ukur bagi BPJS untuk memperkirakan rate JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja). Hal ini berlaku bagi perusahaan yang memiliki cabang dengan tingkat kecelakaan kerja lebih rendah atau lebih tinggi dibanding dengan perusahaan pusat.

Karena NPP adalah hal yang penting bagi perusahaan dan kesejahteraan karyawan, pastikan perusahaan kamu memilikinya, ya!

Untuk Menjaga Kesejahteraan Kita Sendiri di Masa Depan, Maka Kamu dapat Mempersiapkannya dengan Melakukan Pengembangan Dana di Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]