Contoh Purchase Order Yang Sering Digunakan

0
20671
Contoh Purchase Order

Contoh Purchase Order – PO atau Purchase Order adalah salah satu komponen yang cukup penting perannya dalam kegiatan bisnis. Purchase order juga biasa disebut sebagai faktur pembelian. PO ini biasa dijadikan sebagai bukti pembelian yang dilakukan oleh konsumen yang dikeluarkan oleh pihak penjual. Beberapa dari pengguna dari dokumen ini tentu sudah memahami betul penggunaan dari PO dalam transaksi bisnisnya, namun tidak memahami betul fungsi serta komponen yang ada dalam purchase order.

Karena itu kita akan bahas satu persatu mulai dari pengertian, fungsi serta contoh dari purchase order.

Pengertian Purchase Order (PO)

Purchase Order adalah sebuah dokumen yang berisi permintaan atas kebutuhan stok barang dan dikirim dari pihak pembeli kepada pemasok. Dari jenis barang, kuantitas, harga dan nomor dari PO itu sendiri semua akan tertera pada PO dokumen tersebut. Di dalam PO tersebut semakin spesifik dari pesanan tersebut, maka akan semakin banyak pula rincian yang disertakan di dalamnya. Hal itu juga akan membuat kegiatan pemesanan menjadi lebih efektif.

Biasanya para penjual, pemasok, vendor dan lainnya menerima purchase order dengan kontrak yang mengikat secara hukum. Hal ini memang bukan tanpa tujuan, karena memang baik itu penjual dan pembeli perlu melakukannya untuk menghindari risiko yang ada dalam transaksi tersebut.

Fungsi Purchase Order (PO)

Memesan barang melalui pemasok dengan menggunakan PO bagi sebagian orang mungkin mudah karena mereka melakukannya dengan sering dan terbiasa, namun bagi sebagian orang membuat purchase order tidak semudah yang dibayangkan. Hal ini karena untuk membuat PO banyak hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari tindak penipuan serta dapat mengamankan ketersediaan bahan dengan harga yang diinginkan.

Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat purchase order.

  • Sebagai pembeli, jangan lupa untuk mencantumkan identitas perusahaan dengan detail dan jelas dalam purchase order.
  • Cantumkan detail dari apa saja yang dipesan, seperti merk, nama barang, jumlah dan informasi lainnya.
  • Cantumkan produsen atau supplier yang telah dipilih
  • Sebutkan media sebagai tempat iklan produk yang ditawarkan (optional)
  • Berikan informasi seperti bentuk, jumlah pesanan dengan detail, bila dibutuhkan buat daftar dalam tabel agar dapat memudahkan dalam pengecekannya.
  • Sebutkan cara pengiriman, waktu pengiriman, metode pembayaran hingga cara dari pengiriman yang diinginkan.
  • Nomor dari purchase order, komponen yang satu ini juga penting agar penelusuran dapat lebih mudah apabila terjadi kekeliruan atau masalah.

Contoh Purchase Order (PO)

Dalam purchase order biasanya memiliki beberapa detail-detail seperti:

  • Nama produk atau barang yang ingin dipesan
  • Kuantitas dari setiap produk atau barang yang dipesan
  • Harga dari setiap produk atau barang yang dipesan
  • Total harga sesuai dengan harga per unit dan kuantitas yang dipesan
  • Pajak yang sudah tertera
  • Nomor purchase order
  • Tanggal transaksi dan tanggal jatuh tempo pembayaran
  • Kolom otorisasi

Dapatkan Template Contoh Purchase Order Word dan Excel Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh purchase order word dan excel gratis yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Purchase Order Word

Download Contoh Purchase Order Excel

Cek juga :

Di atas adalah beberapa komponen yang biasa terdapat pada purchase order. 

Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang banyak mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi juga membuat PO memiliki manfaat lebih, salah satunya dengan memanfaatkan PO sebagai jaminan untuk pengajuan pinjaman modal usaha.

Ya salah satu platform P2P Lending yaitu Akseleran menyediakan sebuah produk untuk pinjaman modal usaha dengan PO sebagai jaminannya, hal ini agar mempermudah para UKM untuk mengajukan pinjaman untuk mengembangkan usahanya.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran AppsUntuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]