Format dan Contoh Surat Resmi Perusahaan

2
25260
Contoh Surat Resmi

Aktivitas surat menyurat menjadi hal yang tak bisa ditinggalkan bagi sebuah perusahaan. Pembuatan surat resmi perusahaan pun digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk di antaranya adalah surat undangan, surat pemberitahuan, surat edaran, dan semacamnya. Karena sifatnya yang formal, penyusunan surat pun harus dilakukan dengan cermat dan menggunakan format baku. 

Format Penulisan Surat Resmi Perusahaan

Dalam berbagai contoh surat resmi perusahaan, Anda akan menemukan kalau penulisannya memiliki pola tertentu. Pola tersebut merupakan format yang memang harus dipenuhi ketika menyusun surat resmi. Secara lengkap, berikut ini adalah struktur surat resmi perusahaan yang harus diperhatikan:

  • Kepala Surat

Kepala surat atau biasa pula dikenal dengan sebutan kop surat. Bagian ini berisi tentang informasi data perusahaan, mulai dari nama, alamat, nomor telepon, hingga website resmi. Kalau perlu, kepala surat bisa pula disertai dengan logo perusahaan. 

  • Tanggal Surat

Bagian selanjutnya adalah tanggal surat. Penulisannya bertujuan untuk menginformasikan kepada penerima waktu penulisan surat dilaksanakan. Dari situ, penerima pun bisa menilai relevansi isi surat. 

  • Nomor surat

Ada pula bagian yang disebut sebagai nomor surat. Penulisan nomor surat merupakan hal penting karena berkenaan dengan sistem administrasi perusahaan. Kode nomor surat pun menyimpan banyak informasi penting. Tidak hanya waktu perilisan surat, tetapi juga identitas perusahaan, tujuan penulisan surat, nomor surat, dan lain-lain. 

  • Lampiran

Bagian lampiran menginformasikan seberapa banyak lembar lampiran yang disisipkan pada surat resmi. Biasanya, lampiran tersebut mencakup berbagai jenis dokumen, termasuk di antaranya adalah laporan keuangan, foto kegiatan, dan semacamnya. 

  • Perihal

Keberadaan bagian perihal dalam surat resmi menjadi sarana untuk menginformasikan tujuan penulisan surat secara singkat kepada penerima. 

  • Alamat

Di bagian dalam surat, penulisan alamat harus disertai nama penerima secara jelas lengkap dengan alamatnya. Kalaupun tidak mengetahui nama penerima, Anda dapat memilih untuk menuliskan jabatan penerima. 

  • Salam Pembuka

Salam pembuka bakal menjadi bagian yang tak terlewatkan dalam berbagai contoh surat resmi perusahaan. Keberadaannya merupakan salah satu aspek penerapan sopan santun kepada penerima. 

  • Isi Surat

Isi surat merupakan bagian inti dari surat resmi yang dibuat pihak perusahaan. Biasanya, isi surat bakal terbagi kembali menjadi tiga komponen, yakni bagian pembuka, bagian inti, dan penutup. 

Bagian pembuka berperan layaknya sebagai kalimat pengantar. Selanjutnya, bagian inti menjelaskan secara rinci tujuan penulisan surat resmi perusahaan. Penulisannya pun harus dilakukan secara ringkas, jelas, dan padat. Setelah itu, isi surat harus disertai dengan bagian penutup yang umumnya berupa simpulan, penegasan, harapan, atau ucapan terima kasih. 

  • Salam Penutup

Sebagai pelengkap dari salam pembuka, Anda juga perlu menuliskan salam penutup pada surat resmi. Ketika melihat contoh surat resmi perusahaan, Anda akan menemukan berbagai pilihan salam penutup. Hal penting yang perlu diperhatikan, pemilihan salam penutup harus disesuaikan dengan salam pembuka. 

  • Tanda Tangan

Bagian selanjutnya dari surat resmi adalah tanda tangan serta nama terang pengirim. Tidak ketinggalan, pemberian tanda tangan juga dapat diperkuat dengan adanya stempel.  

  • Tembusan

Terakhir, Anda perlu memastikan bahwa surat resmi telah disertai bagian tembusan. Isinya adalah pihak atau orang yang memiliki hak untuk memperoleh dan mengetahui isi surat resmi tersebut. 

Dapatkan Template Contoh Surat Resmi Perusahaan Word Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh surat resmi perusahaan word yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Surat Resmi Perusahaan Word

Cek juga:

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

2 COMMENTS

Comments are closed.