Contoh Kop Surat yang Paling Umum Digunakan

0
21955
Contoh Kop Surat

Saat melakukan kerjasama maupun hanya sekedar komunikasi diperlukan sebuah surat agar lebih resmi dan terpercaya. Terutama untuk surat yang mewakili sebuah perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga maupun organisasi, diperlukan beberapa aturan yang mengharuskan aturan dalam pembuatan suratnya.

Lain halnya dengan surat pribadi yang terkesan bebas, karena surat dina berbeda dan harus mematuhi beberapa aturan terlebih dahulu. Apabila biasanya surat pribadi dimulai dengan tulisan nama kota serta tanggal, lain halnya pada surat dinas yang mengharuskan penggunaan kop surat sebagai pendahuluannya. 

Penggunaan dan Contoh Kop Surat

Kop surat ini tidak hanya berguna sebagai pendahuluan surat saja, tetapi juga berguna untuk menunjukkan identitas dari surat itu sendiri. Dengan kop surat tersebut, lebih mudah kita mengetahui untuk siapa dan dikirimkan oleh siapa, mengingat kop surat tersebut adalah suatu identitas dari pengirim surat.

Sebagian dari kalian tentunya sudah sering melihat contoh kop surat di berbagai surat seperti kop surat perusahaan, kop surat sekolah, kop surat instansi hingga surat-surat lainnya. Selain untuk mempermudah penerima saat membacanya kop surat juga perlu dibuat sebaik mungkin dan seinformatif mungkin agar isi dari informasi di dalamnya dapat tersampaikan.

Struktur Kop Surat

Penulisan sebuah kop surat tidaklah boleh dilakukan dengan berantakan atau tidak sesuai kamu perlu memperhatikan aturan yang sudah berlaku. Contoh saat kamu membuat sebuah kop surat dengan menempatkan alamat perusahaan pada bagian atas, sedangkan nama perusahaan ditempatkan paling bawah, hal ini tentu tidak sesuai dengan kebiasaan yang sudah ada.

Di bawah ini beberapa poin yang perlu diperhatikan saat akan membuat kop surat :

  1. Nama badan/organisasi atau instansi
  2. Alamat lengkap
  3. Logo perusahaan
  4. Nomor telepon, kode pos, alamat email dan website
  5. Nama kantor cabang (opsional)
  6. Jenis usaha

Fungsi Kop Surat

Seperti yang sudah kita tahu bahwa kop surat dapat disusun seperti contoh di atas demi menjaga keartistikan perusahaan tersebut. Selain itu, kop surat memiliki fungsi sebagai berikut :

  • Sebagai Suatu Identitas

Tentunya di bagian kepala surat akan selalu menonjolkan identitas dari pengirim surat. Hal yang paling dominan atau mencolok adalah logo dari perusahaan. Dimana diantara satu perusahaan dan perusahaan lainnya memiliki perbedaan yang jelas. Selain itu adanya logo tentu akan menjadi sebuah branding tersendiri dari perusahaan tersebut.

  • Pemberi Sebuah Informasi

Dalam sebuah kop surat tentu akan tercantum nama perusahaan, logo perusahaan, bidang usaha, alamat lengkap, nomor telepon hingga email perusahaan. Data-data tersebut merupakan sebuah informasi yang lengkap bagi penerima maupun calon konsumen yang ingin menjalin kerjasama oleh perusahaan tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Surat Keterangan Usaha

  • Sebagai Alat Promosi

Dengan mengambil informasi dari segala data perusahaan yang sudah kita sebutkan di atas dalam kop surat, maka secara tidak langsung juga akan menjadi iklan atau alat promosi perusahaan tersebut.

Beberapa contoh kop surat di bawah ini bisa menjadi bahan referensi kamu dalam pembuatan kop surat:

PT. Inklusi Keuangan

Jl. Sudirman No. 11, Jakarta Pusat

Telp. 021 – 123456789/ 021 – 123456, Fax. 021 – 154321

Website : http://www.namaperusahaan.com

Dapatkan Template Contoh Kwitansi Excel Gratis

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh kwitansi Excel yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Kop Surat Word

Cek juga:

Itulah peran, fungsi serta contoh kop surat yang sering digunakan oleh para perusahaan untuk menjalin kerjasama hingga melakukan berhubungan dengan calon konsumen dari bisnis yang dijalani. 

Dengan memiliki kop surat yang baik dan sesuai tentu akan mempermudah calon konsumen untuk mengenal perusahaan milikmu.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]