Cara Membuat Surat Keterangan Usaha

1
12828
Contoh Surat Keterangan Usaha

Surat Keterangan Usaha (SKU) merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki setiap pemilik usaha. Selain menjadi bukti bahwa usaha Anda telah diakui pemerintah setempat, surat ini juga akan berguna ketika Anda mengajukan pinjaman untuk mendapatkan tambahan modal. Namun, sudahkah Anda tahu cara dan tahapan dalam membuat SKU? Jika belum, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Dokumen yang Harus Disiapkan

SKU dapat diajukan oleh perseorangan atau pemilik usaha langsung maupun perusahaan atau badan usaha yang dibentuk oleh sekelompok orang. Jika yang mengajukan adalah perseorangan, dokumen persyaratan yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan menunjukkan aslinya;
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK);
  • Surat Pengantar dari RT dan RW setempat;
  • Surat Permohonan bermaterai Rp6.000. 

Sementara itu, berikut adalah dokumen persyaratan yang diperlukan jika SKU diajukan oleh perusahaan atau badan usaha:

  • Akta Pendirian badan usaha;
  • SK Pengesahan yang dikeluarkan Kemenkumham jika badan usaha berbentuk PT atau yayasan, Kementerian jika badan usaha berbentuk koperasi, atau Pengadilan Negeri jika badan usaha berbentuk CV;
  • Surat Pengantar dari RT dan RW setempat;
  • Surat Permohonan bermaterai Rp6.000.

Surat Permohonan bermaterai digunakan untuk menyatakan kebenaran data dan dokumen pengajuan. Format surat ini biasanya telah tersedia di situs resmi pelayanan kecamatan sehingga dapat diunduh dan diisi sendiri. Anda juga bisa mendapatkan surat tersebut dengan meminta langsung pada petugas di Kantor Kelurahan.

Selain dokumen inti yang telah disebutkan di atas, Anda dapat melampirkan dokumen tambahan berupa foto lokasi usaha serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perseorangan atau badan usaha jika ada.

Alur dan Tahapan Pembuatan Surat Keterangan Usaha

Surat Keterangan Usaha dikeluarkan oleh kecamatan tempat usaha Anda berada. Untuk memperoleh dokumen ini, Anda harus mengikuti alur dan tahapan yang telah ditetapkan.  

  • Membuat Surat Pengantar di RT dan RW Setempat

Alur pertama yang harus dilakukan saat akan mengajukan pembuatan SKU adalah mendatangi Ketua atau Sekretaris RT dan RW setempat. Bawalah KTP dan KK sebagai keterangan identitas dan sampaikan maksud Anda untuk membuat Surat Keterangan Usaha. Dari tahapan ini, Anda akan mendapatkan selembar surat keterangan yang ditandatangani Ketua RT dan RW serta dibubuhkan stempel RT/RW sebagai bukti sah.

  • Mengurus Surat Keterangan Usaha di Kantor Kelurahan

Setelah mendapatkan surat keterangan dari RT dan RW setempat, bawalah surat tersebut dengan seluruh dokumen persyaratan ke Kantor Kelurahan. Di tahap ini, Anda harus mengisi formulir pengajuan SKU. Isilah formulir secara lengkap dan sesuai dengan data usaha yang Anda jalankan. Setelah itu, serahkan formulir dan seluruh dokumen kepada petugas untuk diurus.

Waktu pembuatan SKU di Kelurahan bergantung pada kebijakan masing-masing wilayah. Jadi, tanyakan dengan pasti pada petugas kelurahan kapan surat akan selesai dan bisa diambil.

  • Mengesahkan Surat Keterangan Usaha di Kantor Kecamatan 

Jika Kantor Kelurahan sudah mengeluarkan SKU milik usaha Anda, tahapan terakhir yang harus dilalui adalah mengesahkan surat tersebut di Kantor Kecamatan. Surat akan diberikan stempel resmi yang menyatakan bahwa usaha Anda legal dan telah terdaftar.

SKU berlaku selama satu tahun sejak tanggal pengesahan atau penerbitan di Kecamatan. Perlu diketahui jika seluruh alur pengajuan dan perizinan untuk membuat SKU dilakukan secara gratis atau tanpa dipungut biaya.

Baca juga: Kemudahan Memiliki Laporan Arus Kas Untuk Kebutuhan Usahamu!

Manfaat Memiliki Surat Keterangan Usaha

Ada sejumlah manfaat yang bisa dirasakan ketika usaha yang Anda jalankan sudah memiliki SKU. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. SKU dapat menjadi bukti utama legalitas suatu usaha. Dengan kata lain, usaha yang telah mengantongi SKU berarti telah masuk dalam catatan pemerintah dan terjamin keabsahannya.
  2. SKU adalah salah satu persyaratan yang harus Anda lengkapi ketika ingin mengajukan pinjaman modal pada bank atau lembaga keuangan lainnya.
  3. SKU juga menjadi syarat pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak jika seorang wirausaha atau suatu badan usaha belum memiliki NPWP.
  4. SKU bisa digunakan dalam pengajuan perubahan tarif listrik dari tarif rumahan ke tarif bisnis.

Membuat Surat Keterangan Usaha terbilang mudah, apalagi jika Anda sudah mengetahui persyaratan yang dibutuhkan dan tahapan yang harus dilalui. Karena menawarkan cukup banyak manfaat untuk usaha yang Anda jalankan, pembuatan SKU sudah seharusnya menjadi salah satu agenda usaha yang mesti dipenuhi.

Dapatkan Template Contoh Surat Keterangan Usaha Word Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh surat keterangan usaha yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Surat Keterangan Usaha Word

Cek juga:

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

voucher promo akseleran blog blog100 Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.