10+ Contoh Surat Dinas yang Baik dan Benar!

3
17251
contoh surat dinas

Cara pembuatan surat dinas jauh berbeda kalau dibandingkan surat pribadi. Apalagi, surat dinas merupakan representasi dari sebuah lembaga, baik swasta ataupun pemerintah. Meski begitu, banyak orang yang masih belum tahu cara membuat surat dinas. Oleh karena itu, mereka memerlukan contoh surat dinas yang baik dan benar. 

Pengertian Surat Dinas

Dalam berbagai contoh surat dinas, kamu akan mendapati adanya beberapa kesamaan. Dari situ, kamu bisa tahu kalau surat dinas menggunakan bahasa formal sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Tak hanya itu, susunannya juga tertata rapi mengikuti format baku yang telah ada. 

Struktur Surat Dinas

Saat menyusun surat dinas, kamu perlu memperhatikan strukturnya dengan cermat. Berikut ini adalah struktur yang perlu kamu buat saat menulis surat dinas: 

1. Kepala atau Kop Surat

Kop surat adalah bagian paling atas yang perlu kamu buat saat menyusun surat dinas. Bagian ini berfungsi sebagai identitas lembaga yang mengeluarkan surat dinas. Biasanya, kop surat dibuat dengan mencantumkan logo organisasi, nama organisasi, alamat, nomor telepon, serta email. 

2. Tanggal Surat

Kamu perlu pula mencantumkan tanggal surat. Bagian ini mengindikasikan waktu keluar dari surat dinas tersebut. 

3. Nomor Surat

Dalam berbagai contoh surat dinas, kamu akan mendapati adanya bagian yang disebut nomor surat. Keberadaan nomor surat sangat penting dalam surat dinas, karena menjadi sarana untuk mempermudah proses pengarsipan surat. 

4. Perihal

Bagian ini berisikan perihal pembuatan surat dinas secara singkat dan jelas. 

5. Alamat

Surat dinas perlu mencantumkan alamat penerima. Penulisan alamat dapat memudahkan pihak pengirim untuk menyampaikan surat ke alamat yang tepat. 

6. Lampiran

Bagian ini berguna untuk menginformasikan ada tidaknya berkas yang terlampir dalam surat dinas. 

7. Salam Pembuka

Gunakan salam pembuka sebagai bentuk penghormatan. Namun, pastikan kalau kamu memakai salam pembuka yang bersifat formal. 

8. Isi Surat

Bagian isi merupakan inti dari sebuah surat dinas. Di sini, kamu perlu menjelaskan maksud serta tujuan dari surat dinas dengan bahasa yang ringkas, detail, dan padat. Hindari cara penulisan yang panjang dan bertele-tele. 

9. Salam Penutup

Keberadaan salam penutup merupakan pelengkap dari salam pembuka yang ada di bagian sebelumnya. Pemakaian salam penutup merupakan bagian dari sopan santun dan bentuk penghormatan kepada penerima dan sekaligus penutup surat. 

Baca juga: Struktur Teks Negosiasi dan Contohnya!

10. Nama dan Stempel

Kamu perlu mencantumkan nama pejabat yang bertanggung jawab atas surat dinas tersebut. Sebagai pelengkap, cantumkan tanda tangan serta stempel lembaga yang menerbitkan surat dinas. 

11. Tembusan

Bagian terakhir, kamu dapat mencantumkan tembusan atau pihak lain yang perlu mengetahui informasi pada surat dinas. 

Susunan struktur dinas tersebut berlaku secara umum. Meski begitu, terkadang kamu akan menjumpai surat dinas memiliki struktur tersebut secara lengkap. Jadi, kamu dapat menyesuaikan penggunaan struktur dengan tujuan pembuatan surat dinas. 

Contoh Surat Dinas

Sampai di sini, kamu sudah mengetahui cara pembuatan surat dinas. Kalau masih bingung, berikut ini adalah contoh surat dinas yang bisa kamu jadikan referensi saat pembuatan surat formal: 

=======================================================================

PT Solusi Prima Gemilang

Jl. Surabaya Nomor 15, Jakarta

Telp (021) 4467984, fax (021) 4437658

email: [email protected]

========================================================================

Surat Dinas

Nomor: A.092/HRD/PTSPG/XI/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini adalah Direktur Utama PT Solusi Prima Gemilang, memberi penugasan dinas kepada: 

Nama : Siti Khadijah

Jabatan : Staf Pemasaran

NIP : 875931

Alamat : Jl. Pejaten Barat Nomor 175, Jakarta Selatan

Untuk menyusun laporan berkaitan dengan kondisi keuangan kantor cabang di Kota Bandung. Selanjutnya, laporan keuangan yang sudah selesai dapat diserahkan kepada direktur utama kantor pusat PT Solusi Prima Gemilang. 

Demikian surat dinas ini dibuat dan semoga saudara bisa menjalankan tanggung jawab dengan baik. Atas perhatian dan kerja samanya, kami sampaikan terima kasih. 

Jakarta, 20 Juni 2021

Direktur Utama PT Solusi Prima Gemilang

Adam Firdaus

Download Contoh Surat Dinas (Doc File)

  1. Surat Dinas Pendidikan Undangan Rapat

    Contoh Surat Dinas Pendidikan Undangan Rapat
  2. Surat Dinas Kesehatan

    Contoh Surat Dinas Kesehatan
  3. Surat Dinas Pendidikan Universitas

    Contoh Surat Dinas Pendidikan Universitas
  4. Surat Dinas Memorandum

    Contoh Surat Dinas Memorandum
  5. Surat Dinas Penugasan Karyawan

    Contoh Surat Dinas Penugasan Karyawan
  6. Surat Dinas Pengantar Pemerintahan

    Contoh Surat Dinas Pengantar Pemerintahan
  7. Surat Pelaksanaan Sidang

    Contoh Surat Pelaksanaan Sidang
  8. Surat Dinas Sekolah

    surat dinas sekolah
  9. Surat Dinas Pemberitahuan

    surat dinas pemberitahuan
  10. Surat Dinas Perjanjian

surat dinas perjanjian
 

Itulah cara pembuatan serta contoh surat dinas yang perlu kamu ketahui. Sampai di sini, kamu  tidak akan mengalami kesulitan saat menyusun surat dinas sendiri, kan? Semoga bermanfaat. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

3 COMMENTS

Comments are closed.