Contoh Surat Penawaran Barang yang Baik dan Benar

0
56608
Contoh Surat Penawaran Barang

Bagi Anda yang sering melakukan transaksi bisnis dengan pihak luar, mengirimkan surat penawaran barang adalah hal yang biasa. Surat penawaran barang atau jasa tersebut akan membantu perusahaan dalam membangun kerjasama yang menguntungkan. Bentuk kerjasama biasanya berupa jual beli barang atau jasa.

Contoh Surat Penawaran Barang

Membuat surat penawaran barang tidak sulit. Anda bisa menyimak contoh surat penawaran barang berikut ini terlebih dahulu. 

PT Alex Sentausa Serasi

Ruko Gading Timur, Jl. Gading No. 18

Tangerang

Tangerang, 15 Juni 2019

Nomor : 15/ASS/VI/2019

Hal : Penawaran Barang

Lampiran : 1 lembar brosur

 

Kepada

Manager PT Pelangi Jaya

Jl. Sisingamangaraja No. 15, Medan.

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami ingin memperkenalkan diri dari perusahaan PT Alex Sentausa Serasi yang bergerak di bidang distributor peralatan kantor. 

Kami memperoleh informasi bahwa PT Pelangi Jaya merupakan perusahaan properti yang sedang berkembang di kawasan Medan dan akan membuka beberapa unit pemasaran di Sumatera Utara. 

Sehubungan dengan itu, kami ingin menawarkan produk berupa barang peralatan kantor untuk mendukung operasional PT Pelangi Jaya. Di surat ini, kami melampirkan daftar produk peralatan kantor beserta harganya untuk dipertimbangkan. 

Jika perusahaan Anda membutuhkan produk dan layanan kami, mohon menghubungi di nomor telepon 021-65778655 atau 08676897644. Kami dengan senang hati akan membantu menjelaskan produk-produk yang sesuai untuk keperluan Anda. Kami juga menyediakan layanan berupa pengantaran produk dengan biaya kirim gratis. Bahkan, kami menawarkan harga khusus jika perusahaan Anda melakukan pembelian dalam jumlah tertentu.

Harapan kami, kerjasama yang saling menguntungkan dapat terjalin antara dua perusahaan ini. Untuk informasi lebih lanjut, kami siap untuk menyampaikan presentasi yang lebih lengkap. 

Atas perhatian dan kerjasama Anda, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami, 

PT Alex Sentausa Serasi

 

Jaka Sempurna

Marketing Manager 

Dapatkan Template Contoh Surat Penawaran Barang Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh surat penawaran barang word yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Surat Penawaran Barang

Cek juga :

Komponen Dalam Surat Penawaran Barang

Surat penawaran barang menjadi salah satu bentuk komunikasi resmi yang bisa Anda lakukan guna menambah peluang penjualan. Surat ini bisa dikirimkan kepada perusahaan yang kira-kira akan membutuhkan produk atau jasa perusahaan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu agar target penjualan dapat tercapai dengan mudah.

Nah, sesuai contoh surat penawaran barang ini, ketahui beberapa komponen penting dalam surat penawaran barang, yaitu sebagai berikut:

  • Informasi perusahaan yang menawarkan barang

Sangat penting untuk memperkenalkan perusahaan Anda kepada pihak yang akan menerima surat. Perkenalan tersebut dapat berupa nama perusahaan, alamat perusahaan, dan bidang yang dijalankan. Dengan gambaran ini, penerima surat dapat mengetahui apa saja yang akan ditawarkan.

  • Barang yang ingin ditawarkan kepada calon pembeli

Dalam surat penawaran barang, harus ada informasi mengenai jenis barang yang ingin ditawarkan kepada calon pembeli. Akan lebih baik jika informasi tersebut lengkap dengan harganya. Beritahukan juga jumlah stok yang dimiliki sehingga calon pembeli dapat memperkirakan jumlah pembelian.

  • Penjelasan mengenai harga promo

Menawarkan barang secara khusus kepada pihak lain yang berpotensi sebagai calon pembeli sebaiknya disertai dengan promo menarik. Dengan demikian, calon pembeli lebih tertarik untuk mempertimbangkan produk Anda. Promo tersebut dapat berupa diskon untuk pembelian dengan jumlah tertentu. Atau, Anda juga bisa memberikan keuntungan berupa ongkos kirim gratis.

  • Metode pembayaran yang bisa dilakukan

Dalam surat penawaran barang ini, Anda pun perlu menyertakan informasi mengenai metode pembayaran yang diperbolehkan. Perlu diketahui, semakin beragam alternatif metode pembayaran, calon pembeli akan semakin tertarik karena mendapat banyak pilihan. 

  • Lampiran berupa informasi produk

Bersamaan dengan surat ini, Anda juga perlu melampirkan informasi produk secara lengkap. Lampiran ini menjadi salah satu senjata yang mumpuni untuk menarik perhatian calon pembeli. 

Jadi, inilah beberapa komponen pada surat penawaran barang yang perlu ada. Anda bisa melihat aplikasinya dalam contoh surat penawaran barang yang tercantum sebelumnya. Jangan lupa, pastikan informasi yang tertera benar-benar bisa dipertanggungjawabkan sehingga Anda layak mendapat kepercayaan dari calon pembeli. 

Nah, siap untuk menawarkan barang demi mendapatkan keuntungan yang optimal? Selamat mencoba!

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]